Karir   

Tips Menulis Surat Pengunduran Diri Kerja


surat pengunduran diri kerja

Surat pengunduran diri kerja atau surat resign merupakan pernyataan yang dibuat secara resmi untuk menyatakan diri bahwa Anda akan mengundurkan diri dari tempat kerja Anda. Hal ini berhak dilakukan oleh setiap karyawan di mana saja dirinya bekerja dengan alasan-alasan tertentu. Baik karena lingkungan kerja yang tidak mendukung, gaji yang tidak sesuai dengan pekerjaan, dan berbagai faktor lainnya yang membuat Anda sudah tidak merasa nyaman bekerja di perusahaan tersebut.

Fungsi Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja

Tips Menulis Surat Pengunduran Diri Kerja 1

Pembuatan surat pengunduran diri memiliki beberapa fungsi sebagai berikut.

  1. Sebagai penyelesaian dari serangkaian proses kerja Anda di perusahaan yang bersangkutan.
  2. Surat tersebut akan memberikan peluang bagi bisnis tersebut untuk mendapatkan pekerja pengganti Anda.
  3. Surat ini juga bagian dari keroyalan Anda. Di mana Anda masuk untuk bekerja di perusahaan tersebut dengan cara yang baik, dan Anda juga keluar dengan cara yang baik. Sehingga tidak ada hal mengganjal yang tertinggal setelah Anda keluar perusahaan.
  4. Pernyataan pengunduran diri dengan menggunakan surat telah membuktikan bahwa Anda adalah orang yang memiliki sikap profesional, memiliki moral, serta etika yang baik.

 

Baca juga  Selalu Sabar dan Optimis, Inilah 5 Tips Saat Menerima Kritikan Pedas di Tempat Kerja

Manfaat Membuat Surat Pengunduran Diri

Ada berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengundurkan diri dari tempat bekerja dengan membuat surat pengunduran diri. Berikut adalah beberapa manfaat yang perlu Anda ketahui.

  1. Kesempatan Perusahaan Untuk Mengisi Posisi Yang Anda Tinggalkan

Dalam pembuatan surat pengunduran diri pastinya tidak dilakukan di hari Anda akan keluar. Tetapi jauh-jauh hari sebelum Anda keluar dari perusahaan. Hal ini akan membantu perusahaan untuk memberi waktu mencarikan pengganti posisi Anda serta agar tugas Anda tidak kosong begitu saja tanpa ada yang mengerjakan. Hal ini juga berdampak pada citra buruk Anda jika pengajuan surat pengunduran diri dilakukan secara mendadak.

  1. Menunjukkan Orang Yang Serius Dan Profesional

Lingkungan kerja adalah lingkungan yang formal, profesional, dan penting untuk selalu menerapkan etika yang baik. Oleh karena itu, meskipun Anda berniat untuk meninggalkan perusahaan tempat kerja, tetapi juga harus dilakukan dengan penuh kesopanan dan profesional. Hal ini juga akan membuat pandangan perusahaan akan diri Anda sebagai karyawan yang penuh tanggung jawab dan memiliki etika yang baik. Sehingga perginya Anda bisa dilepas perusahaan dengan baik.

 

Baca juga  5 Point Penting Dari Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Tips Mengundurkan Diri Yang Baik

Tips Menulis Surat Pengunduran Diri Kerja 2

Meskipun mengundurkan diri dari tempat bekerja adalah hak Anda, namun tidak bisa dilakukan begitu saja, apalagi tanpa adanya surat pengunduan diri kerja. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips jika Anda hendak mengundurkan diri dari pekerjaan.

  1. Bersikaplah Secara Sopan

Mengundurkan diri bukan berarti Anda memutuskan hubungan dan menganggap semuanya yang berhubungan dengan perusahaan sudah selesai. Dalam hal pekerjaan, Anda memang tidak perlu lagi bertugas. Namun, hubungan dengan karyawan maupun semua yang bekerja di perusahaan tersebut tetaplah harus dijaga. Apalagi selama bekerja, Anda sudah mendapat banyak ilmu dan pengalaman serta upah kerja. Sehingga, tetaplah berusaha bersikap sopan.

  1. Memberikan Alasan Yang Jujur

Kejujuran adalah kunci utama agar orang-orang percaya dan menghargai Anda. Oleh karena itu, kejujuran haruslah diterapkan di mana saja, tidak terkecuali di tempat kerja. Jika hendak mengundurkan diri, maka berikanlah alasan Anda secara jujur kenapa mengundurkan diri.

  1. Jangan Lupa Memohon Maaf
Baca juga  Definisi, Fungsi, & Contoh Surat Jalan

Memohon maaf tidak hanya karena Anda sudah berbuat salah. Namun, permohonan maaf juga menunjukkan sikap yang rendah hati dan memberikan pandangan yang positif kepada Anda. Anda bisa memohon maaf jika selama bekerja di perusahaan tersebut ada kesalahan yang pernah diperbuat.

  1. Menulis Surat Dengan Singkat, Padat, Dan Jelas

Menulis surat pengunduran diri kerja haruslah ditulis dengan singkat, padat, dan jelas. Tulisalah dengan kalimat yang baik dan rapi. Gunakanlah kerta putih yang polos serta bisa Anda ketik maupun tulis tangan. Dengan menulis secara singkat, padat, dan jelas akan membuat perusahaan setuju dengan surat pengunduran diri yang Anda ajukan.

Dengan begitu, bagi Anda yang sudah merasa tidak nyaman bekerja di perusahaan saat ini, maka Anda berhak untuk mengundurkan diri. Namun, buatlah surat pengunduran diri kerja Anda sebaik dan serapi mungkin agar tetap meninggalkan kesan positif kepada Anda.

Tips Menulis Surat Pengunduran Diri Kerja 3


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan

   

Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Aditya

%%CHANGEAUTHOR%% set %%AUTHOR%% as the author of the ticket