Karir   

Mengenal Surat Referensi Kerja


surat referensi kerja

surat referensi kerja adalah salah satu jenis surat yang penting bagi kamu yang sedang berencana untuk pindah kerja atau mencari kerja. Apakah sangat penting? Dan bagaimana cara mendapatkannya? Berikut ini adalah ulasannya. 

apa yang dimaksud surat referensi?

Surat referensi adalah sebuah surat yang memiliki andil besar jika Anda ingin pindah atau mencari kerja. Hal ini disebabkan karena surat referensi akan membantu Anda untuk meyakinkan orang yang akan mempekerjakan Anda maka surat referensi ini bisa digunakan. 

Surat referensi adalah surat yang didapatkan dari orang yang percaya dengan kemampuan Anda sebagai salah satu bukti bahwa Anda dapat bekerja sesuai dengan kompetensi dan juga dapat dipercaya sebagai seorang pekerja. 

Bagaimana cara mendapatkan surat referensi?

Mengenal Surat Referensi Kerja 1

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, surat referensi ini merupakan surat yang bisa didapatkan dari orang-orang yang memiliki keyakinan bahwa Anda memiliki kinerja sesuai dengan yang diharapkan dalam sebuah pekerjaan. 

Hal inilah yang menyebabkan surat referensi ini bisa didapatkan dari orang yang lekat dengan kehidupan pekerjaan Anda. contohnya rekan kerja Anda. salah satu orang yang bisa memberikan surat referensi untuk bekerja adalah rekan kerja Anda sendiri. 

Jika Anda adalah orang yang bekerja dengan baik maka rekan Anda tidak akan segan-segan untuk memberikan surat referensi agar Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan diterima dengan mudah di pekerjaan Anda selanjutnya. 

Selain dari rekan kerja, surat referensi ini juga bisa berasal dari orang-orang yang pangkatnya ada di atas Anda. contohnya kepala tim Anda,  manajer Anda atau bahkan dari dewan direksi di perusahaan Anda jika kinerja Anda memang sudah mendapatkan approval dari pihak dewan direksi. 

 

Baca juga  Mengenal Dunia Freelance dan Bekal Menjadi Freelancer

Surat referensi untuk first graduate

Bagi Anda yang belum pernah bekerja mungkin akan sulit bagi Anda untuk mencari surat rekomendasi dari orang yang bekerja dari bidang pekerjaan Anda. akan tetapi jika Anda memang tetap membutuhkan surat referensi. Maka beberapa pihak yang bisa Anda mintai surat referensi ini antara lain :

  • Dosen 
Baca juga  Wajib Tahu! Ini 4 Syarat Daftar Bidikmisi Untuk Kamu Para Pelajar Yang Bisa Dijadikan Referensi

Jika Anda dekat dengan salah satu dosen di universitas Anda yang mengajar mata kuliah yang berhubungan dengan pekerjaan Anda maka Anda bisa saja meminta surat referensi dari beliau  agar lebih mudah diterima bekerja di tempat yang Anda inginkan. 

  • Profesor 

Jika Anda cukup mahir dalam bidang dan bahkan mendapatkan kesempatan untuk membantu profesor Anda dalam menjalankan penelitian maka surat referensi kerja dari profesor juga akan sangat membantu Anda. 

  • Atasan magang 

Di universitas yang memiliki basis kualitas kerja kegiatan magang adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan. di tempat magang Anda akan belajar banyak hal mengenai cara bekerja dengan baik dan melihat bagaimana penyelesaian masalah yang terjadi di lapangan. 

Jika pekerjaan magang Anda dilakukan di tempat yang sesuai dengan bidang kerja tempat Anda mendaftar pekerjaan maka surat referensi dari atasan atau pembimbing magang Anda bisa membantu Anda untuk mendapatkan surat referensi tersebut. 

 

Apa pentingnya surat referensi?

Surat referensi adalah sebuah surat yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kualifikasi Anda di mata calon perusahaan melamar pekerjaan. Surat referensi ini nantinya akan digunakan untuk meningkatkan kepercayaan dari calon employer Anda agar lebih yakin untuk memperkerjakan Anda. 

Surat referensi akan membantu pihak employer mengetahui bagaimana sikap Anda di lapangan kerja dan bagaimana  hubungan Anda dengan orang-orang di sekitar tempat Anda bekerja. Akan tetapi untuk mendapatkan surat referensi ini ada juga beberapa aturannya. 

Aturannya adalah makin tinggi jabatan dari  orang yang Anda mintai surat referensi ini maka makin baik efeknya pada Anda. jika Anda bergelut pada bidang kerja yang mengutamakan banyak penelitian maka makin terkenal orang yang Anda bantu dalam bidang penelitian akan memberikan efek yang lebih besar dibandingkan dengan surat referensi dari pihak yang kurang terkenal di bidangnya. 

Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk membangun hubungan atau relasi yang baik jika Anda memang ingin mendapatkan surat referensi kerja untuk mempermudah Anda masuk dalam bidang kerja sesuai dengan yang Anda inginkan. 

Mengenal Surat Referensi Kerja 2

Baca juga  Belum Punya Pengalaman Kerja? Ini 5 Tips Bikin Resumenya!

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan