Karir   

Tips Cara Jitu Mengirim Surat Lamaran Pekerjaan Lewat Email Agar Diterima Oleh HRD

2 menit


Tips Cara Jitu Mengirim Surat Lamaran Pekerjaan Lewat Email Agar Diterima Oleh HRD 1

Melamar Pekerjaan di suatu perusahaan merupakan tidak lain dan tidak bukan untuk ingin bekerja di perusahaan tersebut. Setiap orang pasti ingin bercita-cita menjadi orang sukses terutama dalam karir pekerjaannya, tentu itu semua butuh perjuangan yang sangat keras untuk mendapatkan itu semua tentunya.

Apabila kamu ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan, tentu kalian harus membuat surat lamaran pekerjaan terlebih dahulu dan melengkapi berkas persyaratan apa yang di inginkan oleh perusahaan tersebut. Tidak sembarang orang, untuk melakukan apply di perusahaan tersebut, kamu harus perhatikan prosedur yang berlaku, gimana caranya mengirim lamaran pekerjaan lewat email yang benar.

Jika kamu tidak mematuhi prosedur yang di inginkan oleh perusahaan, maka surat lamaran pekerjaan kamu akan di abaikan saja oleh HRD, ini tentunya akan dapat merugikan anda sebagai jobseker yang ingin melamar di perusahaan tersebut.

Baca juga  5 Pekerjaan Tak Lazim yang Dilakukan oleh Pria

Kamu akan kehilangan waktu anda dan surat lamaran pekerjaan yang kamu buat akan sia-sia saja. Oleh karena itu, sebelum melakukan pengiriman surat lamaran pekerjaan melalui email, kamu harus perhatikan prosedur yang berlaku terlebih dahulu ya guys. Berikut ini tips langkah-langkahnya bagaimana cara mengirim lamaran pekerjaan melalui emai agar di terima oleh HRD.

Jadikan Semua Satu File Dalam Bentuk PDF

Kamu harus jadikan surat lamaran pekerjaan anda semuanya dalam 1 file bentuk PDF. Kenapa harus dijadikan dalam 1 file? Tentu pastinya, HRD tidak menginginkan file-file berkas yang anda kirim tersebut terpisah, ini akan membuat HRD membuang-buang waktunya saja pastinya.

Usahakan File Tidak Di Atas 1 Mb

Kapasitas file juga harus diperhatikan ya teman-teman, coba deh anda bayangkan apabila file berkas lamaran pekerjaan anda itu sekitar 4 Mb atau bahkan lebih?” ini akan membutuhkan download yang lumayan cukup lama bukan, ya okelah apabila di perusahaanya ada wifi, gimana pihak HRD nya dengan gunakan kouta sendiri? Jadi sangat disarankan file tersebut dibawah 1 Mb. Kamu bisa menggunakan situs online untuk melakukan kompres file pdf menjadi lebih kecil.

Baca juga  2 Cara Mengirim Email Lewat Gmail Beserta Lampirannya

Subject Email Harus Di isi

Jika kamu ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan menggunakan email, ya pastinya subject email harus di isi. Supaya HRD tahu loh, tujuan kamu melamar pekerjaan itu bagian apa. Misalnya: Admin Penjualan atau Marketing. Dengan seperti ini HRD akan tahu, kamu melamar di posisi tersebut. Jangan sampai dibiarkan kosong saja, HRD akan bingung, kamu melamar di perusahaan ini bagian apa.

Body Email Harus Di isi

Ini kebanyakan meraka yang baru lulus atau yang masih fresh graduated banget yang tidak mengisi body email. Kamu harus mengisinya di body email, jangan sampai kosong sama seperti halnya subject email. Kamu bisa dengan mengisinya? kamu mendapatkan informasi lowongan pekerjaan tersebut dari mana, dan kamu bisa jelaskan profil singkat anda di bagian body email tersebut.

Gunakan Nama Alamat Email Kamu dengan Nama Asli

Mungkin kebanyakan dari mereka menganggap nama alamat email itu tidak begitu penting, namun HRD memiliki pandangan yang berbeda-beda bagi mereka mengenai hal itu semua. Jangan menggunakan nama alamat email yang alay dan pakailah nama lengkap asli anda, jika itu anda angka tidak masalah, jangan sampai nama alamat email tersebut seperti ini contohnya budiganteng@gmail.com, Agar alamat email kamu terlihat lebih profesional.

Baca juga  5 Prospek Karir Menjanjikan Bagi Lulusan Sastra Inggris

Buatlah CV yang menarik

Usahakan cv anda menarik dan tidak membosankan, buatlah HRD itu lebih simpati banget dengan surat lamaran pekerjaan yang anda buat. Jika kamu tidak bisa dalam membuat CV yang menarik, kamu bisa menggunakan referensi dari google atau kamu bisa mendownload aplikasi di playstore dengan nama CV builder, itu sudah cukup bagi anda untuk membuat CV yang menarik.

Berdoa

Poin yang terakhir ini, merupakan hal yang sangat wajib ya teman-teman. Berdoalah dengan sesuai agama masing-masing. Berusaha tanpa berdoa-doa akan sia-sia apa yang kamu lakukan, berusaha tanpa berdoa itu orang yang sombong.

Demikianlah mengenai bagaimana cara mengirim surat lamaran pekerjaan yang benar melalui email, semoga apa yang anda impikan saat ini, segera bisa tercapai untuk menjadi orang yang sukses dalam pekerjaan anda.

Tips Cara Jitu Mengirim Surat Lamaran Pekerjaan Lewat Email Agar Diterima Oleh HRD 3

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Ahmad Mulyadi

Explorer   

"Lakukanlah apa yang membuat bahagia, meskipun hanya lewat sebuah tulisan sederhana."