Kesehatan   

11 Manfaat Penting Mengonsumsi Buah Pir, Gak Sekedar Lezat!


manfaat pir

Makan buah pir bisa menjadi salah satu kesenangan wajib dalam hidup. Siapa yang tidak suka buah ini? Buah pir memiliki banyak kesamaan rasa dengan apel, meskipun mereka bisa dibilang sedikit lebih manis dan lebih lezat daripada apel.

Pir adalah sumber serat yang sangat baik, sarat dengan puluhan fitonutrien dengan potensi anti-oksidan, dan memiliki spektrum nutrisi yang beragam. Kandungan tembaga yang baik juga meningkatkan penyerapan banyak nutrisi lain, menjadikan fungsinya jauh lebih penting. Berikut ini adalah 11 manfaat penting mengonsumsi buah pir.

1. Konsumsi Pir Dapat Meningkatkan Imunitas

11 Manfaat Penting Mengonsumsi Buah Pir, Gak Sekedar Lezat! 1

Membangun sistem kekebalan tubuh yang sehat membutuhkan asupan nutrisi yang cukup, salah satu yang paling penting adalah Vitamin C. Salah satu manfaat vitamin C adalah anti-oksidan yang sangat efektif dalam membersihkan radikal bebas yang merusak sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga meningkatkan aksi sel darah putih dan membuatmu lebih kecil kemungkinan terkena flu biasa atau kondisi lain yang terkait dengan sistem kekebalan tubuh yang tertekan.

Banyaknya senyawa antiinflamasi yang ditemukan dalam buah pir juga mengurangi kerusakan sel-sel sistem kekebalan tubuh dan membuatmu lebih tahan terhadap berbagai jenis penyakit menular.

2. Pir Membantu Menurunkan Berat Badan

11 Manfaat Penting Mengonsumsi Buah Pir, Gak Sekedar Lezat! 2

Sayuran dan buah-buahan dengan indeks glikemik rendah adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan, karena mereka sangat mengenyangkan dan rendah kalori. Selain itu, pir kaya akan serat, baik yang larut maupun yang tidak larut, yang meningkatkan rasa kenyang dan sangat membantu proses penurunan berat badan. Jadi, saat kamu lapar, cobalah makan buah pir, penuhi hasratmu dan tingkatkan penurunan berat badan secara bersamaan.

Baca juga  Selain Segar, Ini 6 Manfaat Es Krim Bagi Kesehatan Tubuh

Mengunyah pir di sela-sela waktu makan adalah strategi yang sangat baik untuk menjaga asupan kalori harianmu, dan untuk menjaga agar tidak makan berlebihan.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

11 Manfaat Penting Mengonsumsi Buah Pir, Gak Sekedar Lezat! 3

Sekali lagi, kamu dapat berterima kasih pada kandungan pir yang tinggi serat untuk meningkatkan kesehatan jantung. Serat membantu membersihkan asam empedu, yang pada gilirannya mengurangi kadar kolesterol, menjaga keduanya dalam tingkat yang relatif normal. Selain itu, buah pir kaya akan banyak anti-oksidan yang mencegah peradangan terjadi di pembuluh darah yang merupakan kontributor kuat untuk stroke, serangan jantung dan banyak lagi.

Penelitian telah secara konsisten menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran dikaitkan dengan insiden penyakit jantung yang lebih rendah, sehingga menjadi alasan kuat untuk mengonsumsi lebih banyak buah pir.

4. Dapat Membantu Mengontrol Gula Darah

11 Manfaat Penting Mengonsumsi Buah Pir, Gak Sekedar Lezat! 4

Banyak orang tidak mengerti bagaimana buah-buahan dapat membantu mengontrol gula darah. Buah pir dianggap memiliki indeks glikemik yang rendah, artinya pir tidak buru-buru diubah menjadi glukosa yang kemudian dibanjiri ke dalam aliran darah.

Sebaliknya, mereka sarat dengan serat yang memperlambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah. Ditambah lagi, konsumsi pir secara teratur dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang sering kali rusak ketika diabetes terjadi.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

11 Manfaat Penting Mengonsumsi Buah Pir, Gak Sekedar Lezat! 5

Sementara sistem kekebalan yang berfungsi secara efisien adalah prasyarat pertama untuk penyembuhan yang tepat, kamu juga perlu memastikan tubuhmu dapat membuat protein struktural baru secara tepat waktu. Dalam hal ini, kandungan vitamin C buah pir memfasilitasi sintesis kolagen, protein struktural yang meningkatkan kesehatan sendi dan kulit.

Baca juga  5 Bahan Alami yang Efektif untuk Mengatasi Kista Ganglion

Jadi, ketika kolagen diproduksi pada tingkat yang optimal, lukamu akan lebih cepat menutup dari luar sementara sistem kekebalanmu mengurusnya dari dalam.

6. Meningkatkan Detoksifikasi Bahan Limbah

11 Manfaat Penting Mengonsumsi Buah Pir, Gak Sekedar Lezat! 6

Ginjal dan hati melakukan pekerjaan luar biasa untuk memastikan tubuh membuang produk limbah. Buah pir, berkat kandungan pektinnya yang tinggi, secara aktif meningkatkan pembuangan limbah dan racun dari tubuh. Banyak racun mampu keluar melalui empedu dan feses, yang dikenal sebagai salah satu mekanisme ekskresi limbah yang disukai pir. Dengan demikian, tubuh dapat membuang bahan limbah ini dengan lebih efisien dan kesehatanmu akan meningkat.

7. Membantu Mencegah Sembelit

11 Manfaat Penting Mengonsumsi Buah Pir, Gak Sekedar Lezat! 7

Kita tahu bahwa dua penyebab sembelit yang paling umum adalah asupan air yang tidak mencukupi, dan makanan yang rendah serat. Ketika dua faktor ini bergabung, hasilnya adalah sembelit kronis, yang bahkan mungkin memerlukan perhatian medis. Namun, dengan hanya memakan buah pir, kamu dapat mengatasi masalah ini. Buah pir memiliki banyak serat dan kaya akan air, menjadikannya sangat berguna dalam memenuhi kedua persyaratan ini setiap hari.

Serat berfungsi lebih banyak bagi kesehatan pencernaan, serta membuatnya lebih penting untuk kesehatanmu karena bakteri probiotik tergantung pada banyak jenis serat untuk nutrisi. Bakteri probiotik adalah bagian dari sistem kekebalan tubuhmu, dan bertindak sebagai pertahanan pertama ketika kita makan makanan. Lakukan yang terbaik untuk mendukung kepadatan koloni bakteri yang sehat dengan makan lebih banyak serat setiap hari.

8. Meningkatkan Kehamilan yang Sehat

11 Manfaat Penting Mengonsumsi Buah Pir, Gak Sekedar Lezat! 8

Salah satu nutrisi terpenting selama kehamilan adalah asam folat. Anggota keluarga vitamin B ini membantu mencegah cacat lahir, seperti spina bifida dan kelainan tabung saraf. Bagi mereka yang merasa sulit untuk memenuhi persyaratan asam folatnya, pir dapat membantu menjaga kesehatan anak yang belum lahir dan membuat kehamilan jauh lebih aman. Kandungan serat dalam buah pir juga membantu mencegah kehamilan yang mengganggu terkait sembelit atau wasir.

Baca juga  10 Makanan Australia Yang Paling Enak dan Tidak Boleh Kamu Lewatkan Saat Berlibur Ke Sana

9. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

11 Manfaat Penting Mengonsumsi Buah Pir, Gak Sekedar Lezat! 9

Kamu dapat melakukan diet, tetapi jika penyerapan nutrisi tidak efisien, tubuhmu tidak akan pernah berfungsi secara optimal. Untungnya, buah pir dapat membantumu. Buah pir kaya akan tembaga, mineral yang meningkatkan penyerapan nutrisi lain ke dalam darah, termasuk zat besi yang sulit dipahami. Penyerapan zat besi biasanya dibatasi oleh berbagai faktor, yang terpenting adalah keberadaan vitamin C dan B. Tembaga membantu mengurangi penghalang ini untuk masuk dan memungkinkan peningkatan sintesis sel darah merah.

10. Membantu Meningkatkan Mineralisasi Tulang

11 Manfaat Penting Mengonsumsi Buah Pir, Gak Sekedar Lezat! 10

Buah pir mengandung Vitamin K, zat yang penting untuk kesehatan tulang. Kekurangan vitamin K sangat umum terjadi pada orang dewasa, terutama karena mereka tidak menghargai pentingnya vitamin ini. Konsumsi pir secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan juga mendorong pembekuan darah normal. Pir juga mengandung sedikit kalsium yang dapat membantu menambah asupan harianmu dari sumber lain.

11. Membantu Mengurangi Nyeri Kronis

11 Manfaat Penting Mengonsumsi Buah Pir, Gak Sekedar Lezat! 11

Pir adalah makanan antiinflamasi yang sangat baik, mengandung senyawa yang efektif dalam mengurangi nyeri sendi akibat artritis, baik osteoartritik atau rematik. Pir juga membantu dalam mengelola kondisi pro-inflamasi lainnya, seperti penuaan dini dan bahkan divertikulitis.

Itulah berbagai manfaat penting dari mengonsumsi buah pir, jadi kamu harus rajin memakannya ya!

11 Manfaat Penting Mengonsumsi Buah Pir, Gak Sekedar Lezat! 12


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments