Kesehatan   

12 Manfaat Kesehatan dari Biji Teratai, Bisa Memperlambat Penuaan


manfaat biji teratai

Tanaman teratai tumbuh di Asia Tenggara dan secara ilmiah dikenal sebagai Nelumbo nucifera. Kita bisa mengonsumsi biji teratai dengan cara dipanggang, digoreng, dan mentah. Di Cina, bijinya tidak hanya digunakan dalam pengobatan tradisional, tetapi mereka menggunakan kelopaknya untuk membumbui makanan dan menyiapkan teh herbal juga.

Dalam budaya Jepang, biji teratai dianggap sebagai sayuran, dan mereka banyak mengkonsumsi akarnya bersama dengan biji. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari biji teratai.

1. Membantu mengatasi diabetes

description

Ahli gizi lebih menyukai biji teratai karena rendah kalori dan kandungan seratnya tinggi. Serat makanan berpotensi menurunkan kadar gula tinggi dalam aliran darah kita. Inilah sebabnya mengapa penderita diabetes harus mengkonsumsi beberapa biji teratai setidaknya tiga kali seminggu. Fungsinya sebagai camilan agar kita tidak merasa lapar sepanjang hari. Mineral yang ditemukan dalam biji dikatakan membantu meringankan faktor yang berkontribusi terhadap diabetes tipe II.

2. Biji teratai bisa mengobati insomnia

description

Insomnia menjadi gangguan tidur umum yang berpotensi mempengaruhi psikologis kita. Selain itu, stres berkontribusi pada pola tidur yang tidak teratur atau dalam kebanyakan kasus masalah kesehatan yang mendasari memicu insomnia juga. Ahli gizi merekomendasikan mengkonsumsi biji teratai karena kualitas obat penenang mereka. Biji teratai menyembuhkan pikiran yang tertekan dan mengatasi kegelisahan secara efektif. Dengan demikian, biji teratai berpotensi untuk meningkatkan kualitas tidur.

3. Mendukung kesehatan perut

description

Mengonsumsi makanan olahan secara teratur dapat mengganggu kesehatan perut kita. Inilah sebabnya mengapa kita harus menyimpan makanan yang bisa menangkal masalah perut mendadak di rumah. Dalam hal ini, biji teratai panggang dapat bekerja dengan baik. Vitamin dan mineral dalam biji dapat mengobati diare, muntah, dan gangguan pencernaan. Biji teratai dapat memperkuat sistem pencernaan dan mengatasi masalah perut kita.

Baca juga  Mengatasi Batuk Pilek Pada Bayi

4. Memperlambat proses penuaan

description

Sungguh sulit dipercaya bahwa beberapa biji teratai dapat berfungsi sebagai krim anti-penuaan atau menghambat penuaan dini. Biji ini adalah pembangkit tenaga enzim yang mempromosikan kolagen dan mengembalikan kadar protein tidak memadai, yang dibutuhkan untuk menjaga kulit awet muda. Ketika dikonsumsi secara teratur, nutrisi yang ditemukan dalam biji teratai mulai meremajakan sel-sel kulit mati yang mengarah ke kulit halus dan lembut. Biji ini mengandung berbagai vitamin yang membantu meringankan gejala penuaan dini.

Karena tingginya kandungan enzim yang khas dan kuat, para ilmuwan bertekad untuk memasukkan biji teratai ke dalam produk perawatan kulit untuk melihat efek lebih lanjut pada kulit. Namun, ahli gizi menyarankan untuk memakan biji teratai daripada memilih produk perawatan kulit.

5. Mendukung kesehatan mulut

description

Pendarahan gusi adalah salah satu masalah mulut yang paling umum. Kita dapat memasukkan biji teratai ke dalam makanan untuk menghindari pendarahan berlebih. Ini terutama terjadi karena kelemahan gusi atau menyikat gigi terlalu keras. Namun, sifat penyembuhan dari biji ini tidak hanya menghambat pendarahan yang konstan tetapi juga menyembuhkan iritasi pada gusi.

Baca juga  5 Hewan Ekstrem yang Digunakan Sebagai Obat Tradisional

6. Menyediakan energi instan

description

Kita dapat mengganti minuman energi olahan dan bergula dengan biji teratai. Biji ini berfungsi sebagai penguat energi instan dan dapat menjadi sumber alami untuk mendapatkan kalium, magnesium, fosfor, dan protein. Biji teratai sangat mudah dikonsumsi dan bisa menjadi pilihan camilan sehat. Para ahli menyarankan membawa biji teratai panggang ke dalam wadah kecil saat bekerja dan bepergian untuk meningkatkan energi kita dengan cepat.

7. Mendukung kehamilan

description

Ibu hamil perlu mengkonsumsi protein dalam jumlah yang cukup untuk pertumbuhan otak dan sistem saraf janin yang tepat. Biji teratai penuh dengan nutrisi sehingga dianggap sebagai camilan sehat. Wanita hamil dapat mengunyah segenggam biji untuk mengekang nafsu makan mereka yang meningkat 2-3 kali sehari. Namun, dalam hal ini disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

8. Mendukung nafsu makan yang sehat

description

Nafsu makan tidak teratur atau tidak memiliki nafsu makan adalah hal yang umum pada anak-anak. Kita dapat memecahkan masalah ini dengan memasukkan biji teratai ke dalam makanan mereka. Kandungan zat astringen yang tinggi secara alami ditemukan dalam biji teratai yang berpotensi mengembalikan nafsu makan yang hilang. Ahli gizi juga menekankan penanganan masalah nafsu makan pada anak-anak melalui sumber alami. Dan kita juga dapat mengonsumsi biji teratai untuk mengimbangi selera makan yang tidak teratur pada orang tua.

Baca juga  9 Manfaat Daun Afrika yang Harus Kamu Tahu

9. Meningkatkan buang air kecil

description

Enzim yang ditemukan dalam biji teratai dikatakan untuk meringankan infeksi saluran kemih dan memungkinkan buang air kecil yang tepat. Namun, kita sebaiknya tidak memilih untuk pengobatan sendiri jika merasa sakit saat buang air kecil dan sebagai gantinya berkonsultasi dengan dokter.

10. Menjaga tekanan darah

description

Kita dapat memasukkan beberapa biji teratai ke dalam makanan jika terjadi tekanan darah tinggi. Bijinya dikemas dengan alkaloid antispasmodic dan isoquinoline yang membantu memperlebar pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah.

11. Mendukung kesehatan jantung

description

Ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung natrium, magnesium, dan mangan bagi penderita masalah kardiovaskular untuk menghindari kerusakan lebih lanjut. Kita dapat menuai tingkat nutrisi yang cukup dari biji ini untuk menjaga kesehatan jantung.

12. Menyembuhkan peradangan dan infeksi

description

Biji teratai mengandung khasiat penyembuhan dan menyejukkan. Itulah sebabnya mereka tetap menjadi bagian dari pengobatan tradisional Cina selama beberapa dekade untuk menyembuhkan luka, mengubur, dan memotong untuk menghalangi penyebaran di daerah yang terkena infeksi.

Kita pasti dapat mengobati berbagai penyakit kesehatan dengan memasukkan sumber bahan alami ke dalam makanan. Dan biji teratai adalah salah satunya, oleh karena itu, silahkan mencobanya.

12 Manfaat Kesehatan dari Biji Teratai, Bisa Memperlambat Penuaan 1


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments