Kesehatan   

13 Manfaat Kesehatan Lavender, Bukan Sekedar Bunga yang Indah


13 Manfaat Kesehatan Lavender, Bukan Sekedar Bunga yang Indah 1

Lavender memiliki aroma yang wangi ketika mekar. Lavender dapat dibudidayakan di berbagai jenis iklim. Kuncinya adalah memberi tanaman ini sinar matahari yang memadai. Setelah tanaman lavender matang, ia membutuhkan sedikit perawatan dan harus dibiarkan kering di antara penyiraman.

Lavender adalah ramuan yang dapat dikonsumsi, dengan banyak manfaat untuk kesehatan juga. Bunga ini terdiri dari vitamin, kalsium, dan zat besi. Berikut ini adalah nilai gizi dan manfaat lavender.

1. Membantu mengatasi anemia

description

Konsumsi zat besi yang dibutuhkan tubuh manusia adalah sekitar 9 hingga 10 mg per hari. Satu porsi lavender dapat menyediakan 2 mg zat besi. Zat besi adalah bahan penting dalam membantu membuat hemoglobin dan mioglobin yang ditemukan pada darah manusia. Singkatnya, konsumsi lavender dapat bermanfaat untuk menghindari gejala anemia, kelelahan dan masalah medis lainnya yang berkaitan dengan kekurangan zat besi.

2. Membantu meningkatkan kesehatan mata

description

Vitamin yang ditemukan dalam lavender adalah vitamin A. Satu porsi lavender dapat memberi kita sekitar 287 IU vitamin A. Vitamin A memiliki manfaat luas seperti meningkatkan kesehatan mata dan mencegah mata kering, katarak, dan rabun senja. Ini juga membantu menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir.

3. Membantu memperkuat tulang

description

Tubuh manusia membutuhkan sekitar 100 mg hingga 1.200 mg kalsium per hari tergantung pada usia seseorang. Satu bagian dari lavender akan memberi kita sekitar 215 mg kalsium. Jadi, jika ingin tulang yang kuat, makanlah nilai harian yang direkomendasikan untuk kita. Lavender juga bisa digunakan untuk mencegah gejala-gejala yang berhubungan dengan osteoporosis. Bunga ini juga dapat menenangkan sindrom pramenstruasi.

Baca juga  Inilah Alasannya, Mengapa Buah Naga Dapat Menanggulangi Penyakit Asam Urat

4. Meningkatkan cita rasa makanan

description

Lavender mengandung senyawa tanaman yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Pilihlah campuran rempah-rempah berbasis lavender, yang akan meningkatkan cita rasa makanan bersama dengan memberi kita fitonutrien esensial.

5. Mendukung kesehatan mental

description

Dalam mempelajari timbulnya penyakit seperti Alzheimer, para ilmuwan dapat mengamati perkembangan penyakit melalui pola gelombang otak. Lavender telah menjadi poin yang menarik bagi para ilmuwan karena telah menunjukkan kemampuan mengubah pola gelombang otak tersebut. Lavender umumnya dikonsumsi dalam bentuk kapsul tambahan untuk mengobati kecemasan dan stres mental.

Banyak orang merekomendasikan untuk minum secangkir teh lavender hangat sebelum tidur agar bisa nyenyak. Ini adalah alternatif yang jauh lebih aman dan alami daripada obat konvensional.

6. Mengurangi migrain dan sakit kepala

description

Lavender memiliki sifat analgesik yang dapat membantu dalam mengatasi sakit kepala akut. Penggunaan minyak esensial lavender dapat menjadi alternatif yang lebih baik daripada perawatan konvensional untuk migrain dan terbukti bermanfaat hampir sepanjang waktu.

Baca juga  Kurangi Risiko Obesitas pada Anak-Anak dengan Cukup Tidur

7. Mengobati jerawat

description

Minyak esensial lavender mungkin efektif dalam mengobati jerawat. Dokter kulit menjelaskan bahwa minyak atsiri lavender mencegah infeksi bakteri. Minyak esensial lavender membantu menyembuhkan jerawat dan juga memerangi bekas jerawat yang tidak menyenangkan. Minyak esensial dapat diaplikasikan dengan menambahkan beberapa tetes ke pelembab lain, krim malam dan semacamnya.

8. Pereda nyeri

description

Otot yang sakit dan tegang setelah berolahraga atau duduk membungkuk sepanjang hari bisa sangat menyakitkan. Minyak esensial lavender dapat membantu menghilangkan rasa sakit seperti sakit pinggang, sakit punggung, keseleo, dan rematik. Menggunakan minyak Lavender untuk memijat dapat membantu meringankan nyeri sendi juga. Sebuah penelitian yang dilakukan pada penghilang rasa sakit pasca operasi menyarankan bahwa menambahkan uap lavender ke oksigen membantu pasien dalam menghilangkan rasa sakit lebih dari oksigen biasa yang diberikan.

9. Bermanfaat dalam mengatasi masalah pernapasan

description

Minyak lavender digunakan dalam inhaler dan alat penguap yang digunakan untuk mengobati pilek maupun flu. Minyak atsiri ini memiliki sifat yang membantu dalam pengobatan penyakit pernapasan seperti asma, sinusitis, dan bahkan bronkitis. Ketika mengalami sesak dada atau gejala flu, minyak lavender dapat dioleskan ke leher maupun dada, dan juga ditambahkan ke dalam diffuser. Minyak esensial lavender adalah stimulator alami yang juga akan membantu menghilangkan dahak dari tubuh.

Baca juga  Bau Badan Tidak Sedap? Inilah Penyebab & Cara Mengatasinya

10. Oksigenasi dalam darah

description

Aromaterapi dengan lavender telah diketahui mampu untuk mengobati hipertensi dan mengontrol tekanan darah. Hal ini disebabkan oleh efek stimulasi yang dimiliki lavender pada sirkulasi koroner. Ini juga mengarah pada peningkatan tingkat oksigenasi dalam tubuh, sehingga meningkatkan kesehatan otak dan tubuh secara keseluruhan.

11. Penolak serangga

description

Minyak lavender dapat diaplikasikan pada kulit untuk melawan serangga seperti nyamuk, ngengat, dan pengusir hama. Aroma lavender dianggap ampuh untuk serangga tersebut dan dapat mencegah gigitan.

12. Menyehatkan kandung kemih

description

Karena sifatnya yang merangsang, konsumsi lavender membantu aliran urin. Ini juga mengurangi peradangan pada kandung kemih.

13. Sumber antioksidan alami

description

Minyak esensial lavender membantu meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh seperti glutathione dan superoxide dismutase (SOD). Ini membantu mencegah kerusakan yang mungkin disebabkan oleh radikal bebas.

Jadi, jangan sia-siakan bunga lavender yang ada di sekitarmu.

13 Manfaat Kesehatan Lavender, Bukan Sekedar Bunga yang Indah 3


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments