3 Makanan untuk Mencegah Migrain Saat Menstruasi

Migrain pada saat menstruasi bisa dicegah dengan makanan ini.


Ketika datang bulan atau menstruasi, tak jarang berbagai keluhan akan wanita rasakan. Seperti perut kram, sakit punggung atau bahkan migrain. Migrain atau sakit kepala sebelah memang sangat mengganggu terutama saat melakukan aktivitas sehari-hari. Nah, lalu bagaimana ya cara mengatasi migrain saat menstruasi?

Berikut ini tips untukmu yang sering mengalami gejala migrain pada saat menstruasi. Karena sebenarnya migrain pada saat menstruasi bisa dicegah kok, salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi 3 jenis makanan di bawah ini loh.

Beberapa bahan makanan di bawah ini memang tak bisa dijadikan satu-satunya cara untuk mengurangi rasa nyeri di kepala, namun bisa tuh kamu coba karena ketiga bahan makanan ini memiliki rasa yang nikmat, mudah ditemukan dan yang pastinya bisa dimasak menjadi aneka resep makanan yang menggugah selera. Tak hanya bisa mengurangi rasa nyeri di kepala, beberapa makanan ini juga bisa meningkatkan mood kamu loh. Jadi tidak ada alasan lagi uring-uringan sepanjang hari hanya karena menstruasi.

Baca juga  5 Makanan Olahan Ikan Tenggiri Yang Wajib Kamu Coba

Mau tahu bahan makanan apa saja yang bisa kamu manfaatkan untuk mencegah migrain saat menstruasi? Yuk mari cek lebih lanjut, siapa tahu bahan makanan di bawah ini merupakan salah satu makanan favoritmu.

1. Udang

Udang mampu meningkatkan kadar hormon estrogen di dalam tubuhmu karena jika kadar estrogenmu turun pada saat haid, kamu bisa meningkatkannya dengan cara mengkonsumsi udang, agar rasa nyeri yang kamu rasakan di kepala menjadi sedikit berkurang. Dalam 100 gram udang, nyatanya memiliki kandungan 12,7 gram protein dan 0,7 gram lemak sehingga aman untuk dikonsumsi pada saat kamu menstruasi.

Baca juga  Sarapan Sehat dan Enak, Inilah Resep Omelet Brokoli Yang Cocok Untuk Anak

2. Jamur

description

Tak hanya udang, jamur juga memiliki kadar estrogen yang tinggi loh, sehingga dapat meningkatkan hormon estrogen di dalam tubuhmu. Selain itu, jamur juga mengandung serat yang cukup tinggi dan baik untuk memperlancar pencernaan.

3. Kentang

description

Kentang bisa menjadi bahan makanan yang paling mudah dan cepat untuk dikonsumsi, sehingga bisa dijadikan salah satu cara untuk menghilangkan nyeri di kepala pada saat mengalami menstruasi. Kentang kaya akan kalium serta berbagai mineral yang baik seperti magnesium dan potasium. Jika kamu mengkonsumsi kentang dalam jumlah yang cukup artinya tidak terlalu berlebihan maka dapat digunakan untuk membantu mengatasi sakit kepala dan juga cukup bagus loh untuk meningkatkan mood saat menstruasi.

Ternyata cukup mudah ya, mengatasi nyeri di kepala pada saat mengalami migrain. Sebaiknya konsumsi beberapa bahan makanan di atas dengan jumlah yang tepat dan tidak terlalu banyak agar bisa mendapatkan manfaat terbaiknya. Selain itu, sakit kepala yang kamu rasakan pada saat menstruasi sebenarnya merupakan salah satu sinyal bagi tubuhmu dalam kondisi yang tidak terlalu baik. Maka dari itu ketika sakit kepala tak juga kunjung reda, kamu harus berkonsultasi ke dokter, karena bisa saja sakit kepala tersebut merupakan gejala penyakit lainnya.

Baca juga  7 Manfaat yang Didapat Tubuh Jika Kamu Makan Zaitun

Meski cara di atas bisa kamu gunakan untuk menghilangkan nyeri kepala pada saat menstruasi, tapi ingat ya jika sebenarnya itu bukanlah satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan migrain saat menstruasi. Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan, untuk itu kamu perlu berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mengatasi masalahmu.


Rado

Legend