3 Manfaat Tebu bagi Tubuh

Selain memiliki rasa yang manis dan segar, kandungan nutrisi yang terdapat pada tebu memiliki manfaat yang besar bagi tubuh


manfaat tebu

Dengan kandungan senyawa octacosanol, tebu dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah tanpa efek samping dan menghambat tumpukan plak pada dinding pembuluh sel.

Tebu juga baik bagi penderita diabetes, karena air tebu mengandung polikasanol yang dapat menurunkan kolesterol sebesar 17,5% dan DDL-kolesterol sebesar 21,8%, tanpa meningkatkan kadar glikemik darah atau glukosa.

Selain itu, dengan nutrisi yang dimilikinya, tebu juga mengandung 3 manfaat lainnya bagi tubuh, yaitu:

 

1. Meningkatkan Pasokan Energi

Terdapatnya senyawa aktif dan glukosa alami pada tebu, membuat bahan pembuat gula ini dapat meningkatkan energi tubuh serta mendorong metabolisme dalam tubuh. Bahkan zat gula yang terdapat pada tebu merupakan penambah energi paling besar bagi tubuh di musim panas dibandingkan zat-zat yang lain.

2. Melawan Kanker

Tebu juga mengandung antioksidan yang sangat kuat yang dapat bercampur dengan mineral dari berbagai sumber makanan di dalam tubuh. Antioksidan tersebut sangat efektif dalam mencegah semua jenis kanker utamanya kanker payudara. Jadi, jika tidak ingin terserang penyakit kanker, cegah dengan mengkonsumsi air tebu secara rutin.

3. Mencegah Jerawat dan Penuaan Dini

Air tebu mengandung senyawa asam alpha yang bekerja mencegah timbulnya jertawat dan mengurangi semua efek penuaan dini, termasuk menjaga kulit agar senantiasa lembut. Asam glikolat yang terkandung dalam air tebu juga efektif untuk mencegah kulit kusam dan memelihara kulit berminyak.

Itulah 3 manfaat tebu bagi tubuh. Selain ketiga manfaat tersebut, masih banyak manfaat lainnya dari tumbuhan yang menjadi bahan baku pembuat gula ini. (*)


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan

Legend

Pilih format
Artikel
Untuk membuat post artikel.
GAG
Gambar, meme atau GIF.