5 Bahan Alami yang Berkhasiat untuk Mengatasi Diabetes

Masalah peningkatan gula darah dapat teratasi dengan baik.3 menit


56
56 upvote
5 Bahan Alami yang Berkhasiat untuk Mengatasi Diabetes 1

Diabetes mellitus, telah menjadi masalah kesehatan umum di seluruh dunia. Penyakit metabolik ini terdiri dari dua jenis, yaitu tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 ditandai oleh kondisi di mana tubuh tidak menghasilkan insulin sama sekali dan tipe 2 di mana tubuh tidak dapat memproduksi insulin yang cukup atau sel-sel tubuh tidak mampu menanggapi insulin yang diproduksi. Insulin berfungsi untuk mengatur metabolisme glukosa, protein, lemak dan karbohidrat.

Peningkatan kadar gula dalam darah menyebabkan gejala-gejala seperti meningkatnya rasa lapar, haus yang berlebihan, sering buang air kecil, kelelahan, penurunan berat badan, penglihatan kabur dan lain-lain. Beberapa obat dan opsi pengobatan tersedia untuk menjaga kadar gula darah tetap terkontrol. Tetapi karena diabetes adalah penyakit gaya hidup, mempertahankan gaya hidup yang sehat dan mengikuti pengobatan alami ini dapat membantu kita mengontrol kadar gula darah serta menjalani kehidupan normal.

1. Jus Pare

description

Minum jus pare dapat menjadi obat yang efektif untuk menurunkan kadar glukosa darah. Tanaman ini mengandung insulin polipeptida, biokimia yang memiliki sifat penurun glukosa darah. Minum jus pare secara teratur akan meningkatkan sekresi insulin oleh pankreas, membantu metabolisme glukosa dan mencegah resistensi insulin. Kita dapat meminum jus pare setiap pagi dengan mengekstrak jus dari 2-3 pare ukuran sedang dengan menambahkan air.

Baca juga  7 Manfaat Penting Minyak Esensial Ganja, Bisa Melawan Kanker

2. Plum Hitam

description

Plum hitam juga disebut blackberry India, kaya akan tanin, antosianin, dan asam ellagic terhidrolisis tinggi yang memiliki kemampuan menurunkan kadar gula darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa daun, biji dan buah blackberry India ini memiliki efek hipoglikemik dalam menurunkan kadar gula dalam urin maupun darah.

Sebuah glukosida yang terkandung dalam biji buah ini mencegah pati berubah menjadi gula. Selain dapat menurunkan gula darah, juga dapat mencegah lonjakan insulin yang tajam. Bubuk kering biji plum hitam dapat dikonsumsi untuk menjaga gula darah tetap terkendali.

3. Daun Kemangi

description

Kemangi adalah tanaman yang sangat bernilai. Daunnya sangat efektif untuk menurunkan kadar glukosa darah. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kemangi memiliki kemampuan untuk meningkatkan sekresi insulin pada pasien penderita diabetes tipe 2. Kaya akan antioksidan, minyak esensial caryophyllene, eugenol, dan methyl eugenol yang terkandung dalam daun kemangi dapat merangsang sel beta pankreas agar berfungsi secara efektif.

Baca juga  Waspadai 10 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

Salah satu cara mudah untuk menuai manfaat dari kemangi adalah dengan mengunyah 2-3 daun setiap pagi untuk mengatur kadar gula darah. Ekstrak kemangi yang mengandung antioksidan kuat juga dapat membantu mengurangi stres oksidatif pada penderita diabetes. Selain itu, kemangi juga menurunkan trigliserida dan kolesterol LDL sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, yang merupakan faktor risiko umum pada penderita diabetes.

4. Daun Kelor

description

Daun kelor adalah bahan alami yang bagus untuk mengontrol diabetes karena dapat membantu menjaga kadar glukosa darah normal. Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Health and Nutrition, fitokimia yang ada di daun kelor berpotensi meningkatkan sekresi insulin dalam tubuh dan efektif dalam menurunkan kadar gula darah. Daun kelor tinggi serat dan kaya antioksidan serta sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi diabetes secara alami.

Baca juga  5 Manfaat Penting Mengonsumsi Asinan Kubis, Camilan Khas Jerman

5. Kayu Manis

description

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Diabetes Association, kayu manis berpotensi menurunkan kadar gula darah. Bahan alami ini mengandung senyawa bioaktif yang merangsang aktivitas insulin pada orang dengan diabetes tipe 2. Kayu manis juga membantu untuk memblokir pembentukan radikal bebas yang sering meningkatkan komplikasi diabetes.

Tapi itu harus diambil dalam jumlah sedang karena kayu manis yang biasa digunakan mengandung senyawa beracun yang dikenal sebagai kumarin yang meningkatkan risiko kerusakan hati. Kita disarankan untuk minum satu cangkir teh kayu manis hangat setiap hari dengan menambahkan setengah sendok teh bubuk kayu manis dalam air hangat. Minumlah setelah direndam selama 10-15 menit. Atau kita bisa merebus 1-2 batang kayu manis (1/2 inci) dalam air, saring dan minum.

Semua bahan alami ini dapat membantu menjaga kadar glukosa darah yang sehat, jika kita mengikuti rencana makan yang sehat dan olahraga teratur sebagai tambahannya.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

56
56 upvote
Rado

Legend