Kesehatan   

5 Bahaya Diet, Jika Caranya Salah


5 Bahaya Diet, Jika Caranya Salah 1

Banyak orang yang kelebihan berat badan, memilih cara diet untuk menurunkan berat badan. Banyak jenis diet yang bisa kamu jalani untuk menurunkan berat badan. Beberapa yang populer dengan hasil yang instan dan memuaskan adalah diet keto, paleo dan diet rendah karbo.

Namun, jangan sampai kamu menjalankan program diet hanya tergoda dengan hasil yang instan. Jika caranya salah justru akan berakibat bahaya bagi tubuh. Berikut ini 5 dampak negatif yang terjadi jika melakukan program diet dalam menurunkan berat badan dengan cara yang keliru. Yuk disimak bahayanya?

1. Kekurangan nutrisi

5 Bahaya Diet, Jika Caranya Salah 3

Sebagian besar diet menerapkan pola makan untuk mengurangi konsumsi karbohidrat. Bahkan ada pola diet yang melarang kelompok makanan tertentu.

Pada diet keto misalnya, yang melarang konsumsi karbohidrat. Padahal karbohidrat merupakan sumber gizi bagi tubuh kita. Menghentikan konsumsi total beberapa kelompok makanan tertentu akan memberikan efek buruk pada tubuh seperti lemah dan lesu, bahkan sangat mengidam makanan.

Pada kasus yang ekstrim, berhenti konsumsi beberapa kelompok makanan dapat menyebabkan kelelahan, anemia, rambut rontok dan sembelit.

 

Baca juga  5 Minuman Sehat Yang Cocok Dikonsumsi Bagi Kamu Yang Sedang Diet Saat Berpuasa

2. Metabolisme buruk

5 Bahaya Diet, Jika Caranya Salah 4

Ketika melakukan diet rendah kalori, tubuh menyadari bahwa persediaan makanan berkurang dan tubuh akan merasa kelaparan. Kita mungkin menyadari hal itu, melakukan diet dengan instan akan memperlambat metabolisme.

Ketika melakukan diet rendah kalori, maka tubuh akan mengalami perlambatan metabolisme dan menghemat energinya. Namun, ironisnya hal ini justru dapat membuat tubuh menyimpan banyak lemak.

 

Baca juga  5 Alasan Kenapa Lemak Di Perutmu Tidak Menghilang

3. Dehidrasi

5 Bahaya Diet, Jika Caranya Salah 5

Dehidrasi juga merupakan masalah umum yang terjadi saat melakukan penurunan berat badan. Dengan mengurangin konsumsi makanan tertentu, juga dapat berakibat pada kekurangan cairan.

Kehilangan air dengan cepat dapat menyebabkan sembelit, sakit kepala, kram otot, dan juga dapat membuat energi melemah.

 

4. Masa otot berkurang

5 Bahaya Diet, Jika Caranya Salah 6

Dengan metode diet yang ketat mengurangi atau bahkan menghentikan makan makanan tertentu tentu saja membuat tubuh menjadi lemah. Namun perlu diingat diet ketat dengan hasil yang cepat dapat membuat kita kehilangan otot bukan lemak.

 

Baca juga  Sedang Jalani Diet? Ini 6 Hal Yang Harus Diperhatikan Demi Diet Sukses

5. Kesehatan mental terganggu

5 Bahaya Diet, Jika Caranya Salah 7

Menyadari atau tidak, diet ketat dengan hasil yang cepat dapat merugikan kesehatan mental. Kita mungkin merasa belum puas dengan hasil yang didapatkan dengan berbagai program diet yang dilakukan.

Hal ini dapat menyebabkan kelainan pola makan, dan meningkatkan risiko kondisi kesehatan mental.

Nah, bagi kamu yang sedang menjalani program diet, lakukan sesuai petunjuk untuk hasil yang memuaskan. Jika ada efek buruk pada tubuhmu segera konsultasikan pada dokter.

5 Bahaya Diet, Jika Caranya Salah 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Asih Kurniaty

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments