Kesehatan   

5 Cara Jitu Memulihkan Gigi Berlubang Tanpa Harus ke Dokter


5 Cara Jitu Memulihkan Gigi Berlubang Tanpa Harus ke Dokter 1

Memiliki gigi berlubang sangatlah mengganggu. Tidak hanya menjadikan penampilan kurang menarik, tapi gigi berlubang juga bisa terasa sangat sakit. Jika tidak dirawat dengan baik, gigi berlubang juga bisa mengalami infeksi dan menyebabkan penyakit yang lebih serius, misal penyakit jantung. Untuk itu, sangatlah penting untuk merawat gigi berlubang agar tidak menjadi semakin parah. Nah, bagi anda yang ingin memulihkan gigi berlubang tapi enggan pergi ke dokter, berikut adalah cara-cara alami yang bisa anda gunakan.

 

1. Cengkeh

5 Cara Jitu Memulihkan Gigi Berlubang Tanpa Harus ke Dokter 3

Anda bisa menggunakan cengkeh sebagai cara memulihkan gigi berlubang secara alami. Bahan ini diketahui memiliki sifat analgesik, anti peradangan, dan antibakteri yang sangat ampuh untuk mengatasi masalah gigi berlubang. Tidak hanya mencegah penyebarannya tapi cengkeh juga bisa mengatasi rasa sakit yang disebabkan oleh gigi berlubang. Anda hanya perlu menyiapkan 3 tetes minyak cengkeh di dalam mangkok dan mencampurkannya dengan ¼ sendok teh minyak biji wijen. Basahi kapas dengan menggunakan larutan tersebut dan kemudian gunakan untuk membersihkan gigi anda yang berlubang. 

 

Baca juga  5 Bahan Alami yang Efektif untuk Atasi Abses Gigi

2. Garam

5 Cara Jitu Memulihkan Gigi Berlubang Tanpa Harus ke Dokter 4

Tahukah anda bahwa garam tidak hanya dapat digunakan untuk menambah rasa pada makanan? Ya, bahan dapur ini juga bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah gigi berlubang secara alami. Antibakteri dan antiseptik yang terkandung di dalam garam mampu mencegah perkembangan bakteri di mulut, mengatasi infeksi, dan mengurangi rasa nyeri akibat gigi berlubang. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Gunakan satu gelas air hangat untuk melarutkan satu sendok teh garam dan berkumurlah menggunakan larutan tersebut. Sebagai alternatif, anda juga bisa membuat larutan yang terdiri dari ½ sendok teh garam dan sari lemon. Oleskan larutan tersebut pada gigi anda yang berlubang. Setelah beberapa menit, berkumurlah dengan air hangat.

 

Baca juga  11 Manfaat Penting Mengonsumsi Buah Pir, Gak Sekedar Lezat!

3. Licorice

5 Cara Jitu Memulihkan Gigi Berlubang Tanpa Harus ke Dokter 5

Licorice atau akar manis adalah bahan ampuh lain untuk mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang. Senyawa licorisoflavan A dan licoridin yang terkandung dalam akar manis bersifat antibakteri. Oleh karena itu, menggunakan licorice bisa menjadi salah satu cara memulihkan gigi berlubang yang cukup ampuh tanpa anda harus pergi ke dokter. Selain itu, akar manis ini juga efektif untuk menghilangkan plak pada gigi. Anda cukup menggunakan bubuk licorice sebagai pengganti pasta gigi. Untuk hasil yang lebih baik, anda bisa mengganti sikat gigi anda dengan batang akar manis yang lembut. 

 

4. Bawang Putih

5 Cara Jitu Memulihkan Gigi Berlubang Tanpa Harus ke Dokter 6

Bahan dapur lain yang bisa anda gunakan untuk memulihkan gigi berlubang adalah bawang putih. Bersifat antibakteri dan anti peradangan, bawang putih cukup efektif untuk menghilangkan rasa nyeri yang kerap kali muncul akibat gigi berlubang. Anda hanya perlu mencampurkan 3 atau 4 siung bawang putih dengan ¼ sendok teh garam. Kemudian, oleskan campuran tersebut pada gigi anda selama kurang lebih 10 menit. Sesudahnya, anda bisa berkumur dengan menggunakan obat kumur atau air hangat.

 

Baca juga  5 Sumber Karbohidrat Yang Tak Bikin Gemuk

5. Kunyit

5 Cara Jitu Memulihkan Gigi Berlubang Tanpa Harus ke Dokter 7

Kunyit telah diakui secara klinis sebagai salah satu bahan alami yang bersifat anti peradangan dan antibakteri. Menggunakan kunyit bisa menjadi salah satu cara memulihkan gigi berlubang yang cukup efektif. Bubuk kunyit yang dicampurkan dengan sedikit minyak mustard diketahui dapat mengatasi masalah infeksi bakteri yang sering ditemukan pada gigi berlubang. Anda bisa dengan mudah mendapatkan bubuk kunyit di berbagai toko. Oleskan campuran bubuk kunyit dan minyak mustard tersebut pada gigi anda yang berlubang dan biarkan selama 10 menit. Kemudian berkumurlah dengan menggunakan air hangat.

5 Cara Jitu Memulihkan Gigi Berlubang Tanpa Harus ke Dokter 8

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Bombom

   

Saya adalah seekor beruang yang memiliki hobi menulis konten agar species saya lebih dihargai diplanet bumi yang kejam ini.