Kesehatan   

5 Makanan dan Minuman Penyebab Batu Ginjal, Tetap Harus Berhati – hati ya


5 Makanan dan Minuman Penyebab Batu Ginjal, Tetap Harus Berhati - hati ya 1

Batu ginjal merupakan gangguan saluran air kemih yang terjadi apabila terdapat kandungan garam atau bahan kimia di dalam air kemih yang membentuk seperti gumpalan kristal. Selain itu, faktor penyebab paling sering untuk penyakit batu ginjal adalah kurangnya mengkonsumsi air putih serta terlalu berlebihan mengkonsumsi garam atau bahan kimia lainnya. Karena itu, berikut ini ada 5 makanan dan minuman yang bisa menyebabkan risiko batu ginjal datang menyerang. Yuk simak di bawah ini.

1. Bayam

5 Makanan dan Minuman Penyebab Batu Ginjal, Tetap Harus Berhati - hati ya 3

Tidak disangka – sangka ternyata sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ini mampu memicu risiko terhadap penyakit batu ginjal. Bayam memang mengandung oksalat yang dimana kandungan tersebut dapat menyebabkan penumpukan kristal kalsium oksalat pada ginjal. Seperti dilansir dari laman Health.harvard.edu, menjelaskan bahwa bayam merupakan sayuran hijau yang kaya akan manfaat serta mengandung oksalat yang cukup tinggi.Tetapi tidak perlu merasa khawatir, karena kamu tidak akan terkena batu ginjal jika mengkonsumsi bayam dalam porsi yang normal.

Baca juga  7 Herbal Alami yang Berkhasiat dalam Mengatasi Hipertensi

2. Kacang – kacangan

5 Makanan dan Minuman Penyebab Batu Ginjal, Tetap Harus Berhati - hati ya 4

Kacang juga ternyata memiliki kandungan oksalat yang tinggi. Jika kamu sedang mengalami penyakit batu ginjal, sebaiknya kurangi konsumsi kacang – kacangan secara berlebihan karena tidak bagus untuk kesehatanmu. Terutama untuk jenis kacang mede karena memiliki kandungan oksalat dan purin yang cukup tinggi.

3. Kopi

5 Makanan dan Minuman Penyebab Batu Ginjal, Tetap Harus Berhati - hati ya 5

Kopi sebenarnya tidak terlalu berbahaya untuk pengidap penyakit batu ginjal, tetapi untuk mengkonsumsi kopi sendiri harus dalam jumlah yang sedikit dan tidak berlebihan. Karena kopi mengandung mineral yang dimana bisa membentuk kristal sehingga memicu batu ginjal dan menurunkan fungsi organ ginjal tersebut.

Baca juga  New Normal Indonesia, Siapkah? Apa Yang Bisa Kita Lakukan?

4. Cokelat

5 Makanan dan Minuman Penyebab Batu Ginjal, Tetap Harus Berhati - hati ya 6

Siapa sangaka kalau ternyata makanan yang paling banyak digemari oleh orang ini memiliki kandungan yang berbahaya untuk kesehatan. Karena kandungan dalam cokelat ini adalah oksalat yang juga cukup tingga sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita batu ginjal. Walaupun cokelat sendiri memiliki zat yang dapat meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh sehingga membuat kita yang mengkonsumsinya akan merasa jauh lebih tenang dan bahagia, tetapi kandungan berbahaya seperti gula dan oksalat dalam cokelat yang sangat tinggi sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita batu ginjal.

Baca juga  Before I Leave

5. Garam dan Makanan Yang Asin

5 Makanan dan Minuman Penyebab Batu Ginjal, Tetap Harus Berhati - hati ya 7

Garam juga merupakan salah satu makanan yang dapat melengkapi nutrisi dalam tubuhmu jika dikonsumsi dalam junlah yang normal. Tetapi jika dikonsumsi dengan berlebihan, maka akan berdampak buruk bagi kesehatanmu. Selain itu, garam juga dapat membuat tekanan darah tinggi serta penyakit pada ginjal. Karena itu, perlu berhati – hati dalam mengkonsumsi makanan yang asin atau garam yang tidak berlebihan ya.

Itulah ke – 5 makanan dan minuman penyebab batu ginjal yang harus kamu ketahui. Selain itu, kamu juga perlu melakukan pola hidup sehat agar tubuh tetap seimbang dengan nutrisi yang masuk ke dalamnya. Semoga bermanfaat ya !

5 Makanan dan Minuman Penyebab Batu Ginjal, Tetap Harus Berhati - hati ya 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments