5 Manfaat Mengonsumsi Gandum, Bisa Bikin Tidur Nyenyak

Biji-bijian yang kaya akan nutrisi.


56
56 upvote
5 Manfaat Mengonsumsi Gandum, Bisa Bikin Tidur Nyenyak 1

Gandum digunakan dalam berbagai bentuk. Oatmeal dibuat menggunakan gandum, dan mereka memiliki alasan yang bagus untuk menjadi salah satu pilihan sarapan paling terkenal. Gandum berasal dari keluarga biji-bijian sereal yang populer. Di seluruh dunia, orang menggunakannya sebagai pakan ternak. Namun, selain itu gandum juga memiliki beberapa manfaat kesehatan sebagai berikut:

1. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

description

Oksidasi LDL adalah penyebab utama penyakit jantung. Gandum mengandung berton-ton serat makanan, yang paling kuat di antaranya adalah beta-glukan yang dikenal karena perannya dalam menurunkan kadar kolesterol. Ini memiliki sifat yang tidak mempengaruhi kolesterol baik tetapi hanya menargetkan kolesterol jahat dan menurunkannya. Asam fenolik dan avenanthramide adalah antioksidan yang ada dalam gandum. Mereka bekerja dengan vitamin C untuk mencegah oksidasi LDL, sehingga menurunkan contoh masalah jantung.

Baca juga  5 Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit
5 Manfaat Mengonsumsi Gandum, Bisa Bikin Tidur Nyenyak 3

Di antara berbagai kategori gandum, dedak gandum telah terbukti mengandung lebih banyak serat dan vitamin E daripada oatmeal. Vitamin E juga merupakan nutrisi penting untuk kesehatan jantung. Sebuah penelitian yang dilakukan di Australia menunjukkan bahwa serat yang ada dalam gandum lebih efektif dalam pencegahan dan pengobatan penyakit jantung.

2. Mengatasi sembelit

description

Gandum mengandung banyak serat makanan. Tidak heran mereka pandai meringankan proses buang air besar dengan menambah berat tinja. Gandum juga telah ditemukan untuk mengurangi kejadian kanker kolorektal. Studi juga menunjukkan bahwa gandum meningkatkan bioavailabilitas B12 pada orang dewasa yang lebih tua. Gandum kaya akan serat tidak larut, yang ternyata sangat baik untuk kesehatan usus.

3. Menurunkan hipertensi

description

Baca juga  Dengan Mengkonsumsi Buah Pepaya, Berat Badan Anda Akan Turun Hanya Dalam Waktu 2 Minggu

Penelitian telah menemukan penurunan tekanan darah sistolik sebesar 7,5% dan tekanan darah diastolik sebesar 5,5% pada orang yang mengonsumsi oatmeal organik atau non-instan. Selain itu, mengurangi kejadian penyakit jantung sebesar 22%. Menurut penelitian, diet kaya gandum mencegah hipertensi dan mengurangi kebutuhan akan pengobatan.

Selain itu, oatmeal lebih tenang secara alami. Ini memperlambat sekresi hormon stres dan meningkatkan serotonin, sehingga menenangkan saraf serta menjaga suasana hati secara keseluruhan lebih bahagia. Ini juga membantu menjaga hipertensi rendah.

4. Mencegah peningkatan berat badan

description

Konsumsi gandum membuat kita merasa kenyang lebih lama dan membantu menghindari makan lebih banyak. Pastikan untuk membeli gandum biasa, karena yang dijual dalam kemasan sarat dengan gula yang tidak alami. Gandum juga dapat berfungsi sebagai terapi tambahan pada penyakit metabolik. Karena gandum sudah memiliki cukup karbohidrat dan kalori yang cukup, itu menyediakan energi untuk jangka waktu yang lebih lama serta tidak membuat kita merasa lesu. Gandum adalah bentuk biji-bijian yang kaya dan karena itu berbanding terbalik dengan indeks massa tubuh yang tinggi karena membantu mengatur berat badan.

Baca juga  10 Makanan Sehat untuk Menambah Berat Badan dengan Cepat & Aman

5. Meningkatkan kualitas tidur

description

Melatonin adalah bahan kimia yang menyebabkan tidur. Banyak mineral dalam gandum membantu dalam produksi bahan kimia ini. Tryptophan adalah asam amino lain yang bekerja sebagai obat penenang bagi otak. Gandum membantu meningkatkan insulin yang membuka jalan bagi penerimaan asam amino ini di jalur saraf. Selain itu, kandungan karbohidrat yang kaya dalam gandum membantu menghasilkan hormon serotonin.

Gandum secara keseluruhan bermanfaat untuk konsumsi langsung dan juga pemakaian luar untuk mempercantik kulit maupun rambut. Oleh karena itu, kita disarankan untuk mengonsumsinya.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

56
56 upvote
Rado

Legend