Kesehatan   

5 Masalah Ginjal Beserta Tandanya Yang Harus Kamu Ketahui


5 Masalah Ginjal Beserta Tandanya Yang Harus Kamu Ketahui 1

Ginjal merupakan organ dalam tubuh yang sangat penting untuk menjalankan fungsi – fungsi di dalam tubuhmu. Fungsi tersebut berupamemproduksi sel darah merah, menjaga kesehatan tulang, dan menyaring pembuangan cairan. Karena itu, ginjal adalah salah satu organ manusia yang paling cenderung terkena berbagai macam masalah kesehatan, namun terkadang kita selalu tidak menyadarinya. Karena itu, berikut ini ada 5 masalah ginjal beserta tandanya yang harus kamu ketahui.

1. Tekanan Darah Sangat Tinggi

5 Masalah Ginjal Beserta Tandanya Yang Harus Kamu Ketahui 3

Tekanan darah tinggi atau yang biasa kita ketahui yaitu hipertensi merupakan salah satu penyebab dari penyakit ginjal. Seperti dilansir dari WebMD, mengatakan bahwa hipertensi bisa merusak pembuluh darah di area ginjal, karena itu, tekanan darah tinggi sangat berbahaya dan bisa memicu penyakit ginjal.

Baca juga  5 Tips Menjaga Kesehatan Selama WFH, Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit

2. Sakit Punggung di Bagian Bawah

5 Masalah Ginjal Beserta Tandanya Yang Harus Kamu Ketahui 4

Pada umumnya penderita penyakit ginjal akan mengatakan hal yang sama yaitu mereka mengalami gejala seperti merasakan sakit punggung tepatnya pada bagian bawah. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, diantaranya seperti terjadinya infeksi pada saluran kemih dan batu ginjal. Orang yang terkena batu ginjal juga biasanya akan merasakan apa yang dirasakan oleh penderita penyakit ginjal yaitu merasakan sakit pada bagian punggung mereka.

3. Terjadi Pembengkakan Pada Mata, Tangan dan Kaki

5 Masalah Ginjal Beserta Tandanya Yang Harus Kamu Ketahui 5

Pembengkakan pada kaki, tangan atau kaki karena penyakit ginjal disebut sebagai edema. Seperti dilansir dari American Family Physician, mengatakan bahwa penyakit ginjal yang sudah parah tidak akan bisa menyaring cairan dengan baik sehingga akan menumpuk pada bagian kaki, tangan atau mata. Tetapi, selain terjadinya pembengkakan pada mata, kaki dan tangan karena penyakit ginjal, ibu hamil juga bisa terkena penyakit tersebut karena mengkonsumsi obat yang tidak dianjurkan.

Baca juga  7 Jenis Minuman Teh Yang Menyehatkan, Cocok Untuk Diet & Kecantikan

4. Merasakan Gejala Anemia

5 Masalah Ginjal Beserta Tandanya Yang Harus Kamu Ketahui 6

Anemia adalah gejala penyakit yang dimana seseorang kurang akan sel darah merah dan merupakan salah satu faktor yang disebabkan oleh masalah ginjal. Seperti kondisi yang normal, organ ginjal akan berfungsi untuk memproduksi hormon erythropoietin, yang akan memicu sumsum untuk memproduksi sel darah merah. Saat ginjal tidak berfungsi dengan baik, proses tersebut akan terganggu dan orang tersebut akan merasakan gejala seperti cepat merasa lelah, pusing atau insomnia.

Baca juga  5 Manfaat Daun Binahong Yang Sehat Bagi Tubuh

5. Sesak Nafas

5 Masalah Ginjal Beserta Tandanya Yang Harus Kamu Ketahui 7

Mengalami kesulitan bernafas atau sesak nafas ternyata juga bisa disebabkan oleh penyakit ginjal. Hal ini karena cairan yang tidak terbuang oleh ginjal kemudian akan menumpuk ke dalam paru – paru, sehingga orang tersebut akan merasakan organ tubuhnya tidak berfungsi dengan baik. Selain itu, gejala sesak nafas juga bisa disebabkan oleh anemia.

Itulah ke – 5 masalah ginjal beserta tandanya yang harus kamu ketahui. Karena itu, jika kamu mengalami salah satu atau kelima gejala di atas, maka segeralah konsultas ke dokter dan selalu jaga pola hidup sehat ya. Semoga bermanfaat ya !

5 Masalah Ginjal Beserta Tandanya Yang Harus Kamu Ketahui 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments