Kesehatan   

5 Penyakit Ini Rentan Dialami Oleh Anak Kost, Waspadai ya


5 Penyakit Ini Rentan Dialami Oleh Anak Kost, Waspadai ya 1

Hidup di kota orang atau sebagai perantauan memang terkadang memiliki berbagai macam rintangan yang harus dilewati sendirian. Salah satu masalah yang paling sering dialami adalah masalah kesehatan. Jika kita memiliki gaya pola hidup serta makan yang kurang sehat, maka akan menyebabkan gangguan masalah kesehatan yaitu sistem metabolisme tubuh yang melemah. Dan hal itu yang akan membuat para anak kost rentan untuk terserang berbagai penyakit. Lalu apa saja penyakit tersebut ? berikut 5 penyakitnya yang harus kamu ketahui.

1. Tipes

5 Penyakit Ini Rentan Dialami Oleh Anak Kost, Waspadai ya 3

Tipes adalah sebuah penyakit yang bersumber dari bakteri yang  masuk ke pencernaan melalui makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi oleh bakteri itu sendiri. Makanan atau minuman yang benar Рbenar tidak bersih saat diolah akan memicu bakteri yang berkembang biak di dalamnya dan bisa menyebabkan beberapa gejala. Seperti dilansir dari laman doktersehat.com, mengatakan bahwa gejala tersebut antara lain kehilangan nafsu makan, lemas, diare, sakit kepala, demam dan nyeri.

2. Diare

5 Penyakit Ini Rentan Dialami Oleh Anak Kost, Waspadai ya 4

Selain tipes, penyakit yang bisa datang karena olahan makanan yang kamu konsumsi tidak bersih dapat memicu penyakit yaitu diare. Bisa juga karena kamu yang hobi dengan makanan pedas, hal ini bisa menyebabkan sakitnya perut bahkan hingga dapat menimbulkan diare. Gejala diare sendiri bisa ditandai dengan seringnya buang air besar dalam sehari dengan feses yang cair. Karena itu kurang – kurangi makanan pedas, atau perhatikan makanan yang kamu makan ya.

Baca juga  7 Herbal Alami yang Berkhasiat dalam Mengatasi Hipertensi

3. Maag

5 Penyakit Ini Rentan Dialami Oleh Anak Kost, Waspadai ya 5

Kebiasaan buruk seperti makan dengan waktu yang salah dan tidak teratur juga merupakan faktor penyebab datangnya penyakit seperti maag. Biasanya mereka akan melewati waktu sarapan pagi  atau makan siang demi menghemat pengeluaran atau karena sedang malas untuk pergi keluar. Hal ini jika terus dilakukan maka kondisi kesehatan juga akan terganggu dan semakin memburuk. Yang dimana asam lambungmu akan naik secara cepat dan terganggu. Gejala Рgejala yang akan dialami seperti nyeri di ulu hati, mual dan muntah. Karena itu, jangan sampai melewatkan waktu untuk makan dan kebiasaan buruk lainnya seperti tidak sering begadang.

4. Insomnia

5 Penyakit Ini Rentan Dialami Oleh Anak Kost, Waspadai ya 6

Penyakit yang satu ini memang sudah bukan hal yang asing lagi bagi para anak kost karena merupakan penyakit bulanan yang harus datang mengantui mereka. Tugas kuliah yang begitu banyak serta deadline yang harus segera diselesaikan terpaksa harus membuat mereka untuk merelakan jam tidur di malam hari. Selain itu, ada juga beberapa anak kost yang sulit untuk tidur dimalam hari dan terpaksa melakukan aktivitas mereka yang terbalik.

Baca juga  5 Jenis Penyakit Yang Mudah Menular Kepada Manusia

Di siang hari mereka akan tidur dan di malam hari mereka akan melakukan aktivitas. Seperti dilansir dari laman halodoc.com, mengatakan bahwa insomnia juga dapat memicu penyakit lainnya seperti diabetes, kanker, gangguan kesuburan, dan penyakit jantung. Karena itu, biarkan tubuhmu untuk memiliki waktu istirahat yang cukup agar organ – organ di dalam tubuh dapat berfungsi dan melakukan tugasnya di malam hari saat kamu tidur.

5. Anemia

5 Penyakit Ini Rentan Dialami Oleh Anak Kost, Waspadai ya 7

Kebiasaan yang sering dilakukan anak kost adalah hanya memikirkan perut kenyang terutama pada saat tanggal tua. Hal ini juga merupakan kebiasaan yang tidak boleh dipertahankan dan segera dihilangkan. Memang tidak ada salahnya jika kamu harus memikirkan bagaimana perutmu bisa kenyang dengan memakan makanan yang murah dan memiliki porsi yang banyak, namun kamu juga harus memperhatikan setiap nutrisi dan gizi yang ada pada makanan yang kamu konsumsi.

Baca juga  5 Aplikasi Olahraga Terbaik, Mudah dan Bisa Kamu Lakukan Dirumah

Karena tubuh harus membutuhkan energi, cairan serta vitamin yang membantu menjaga metabolisme tubuh. Salah satunya adalah dipenuhi dengan nutrisi dan gizi dari apa yang kamu konsumsi. Jika tubuhmu merasa gejala seperti pucat, letih, lelah, lesu, dan pusing, itu merupakan tanda kamu sedang terkena penyakit anemia. Hal itu karena kurangnya zat besi dalam tubuhmu. Karena itu, mulai dari sekarang selalu jaga dan perhatikan pola hidup serta makan yang sehat ya.

Itulah ke – 5 penyakit yang rentan atau mudah banget terjangkit oleh para anak kost. Hidup mandiri bukan hanya sekedar bagaimana kamu bisa hidup dan bertahan sendiri tanpa orang tua, tetapi kamu juga harus bisa dan tahu bagaimana cara untuk mengurus dirimu sendiri. Semoga bermanfaat ya !

5 Penyakit Ini Rentan Dialami Oleh Anak Kost, Waspadai ya 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments