Kesehatan   

5 Penyakit Rambut Rontok Yang Ditandai Dengan Gejala Berikut Ini, Jangan Sepelekan ya


5 Penyakit Rambut Rontok Yang Ditandai Dengan Gejala Berikut Ini, Jangan Sepelekan ya 1

Pada umumnya gejala rambut rontok sering terjadi dan hampir semua mengalaminya baik itu pria maupun wanita. Rambut rontok bisa terjadi juga saat kita menyisir, keramas atau mencatok rambut dan itu merupakan hal yang wajar. Tetapi seperti di lansir dari laman American Academy of Dermatology, mengatakan bahwa penyebab rambut rontok bisa karena beberapa faktor. Mulai dari mewarnai rambut, terlalu sering mengikatnya, atau kekurangan vitamin. Namun terlepas dari beberapa faktor tersebut, kerontokan rambut juga bisa terjadi karena kondisi kesehatanmu yang kurang sehat. Lalu apa saja penyakit serta gejalanya ? Yuk simak 5 penyakit serta gejalanya di bawah ini.

1. Hipotiroidisme

5 Penyakit Rambut Rontok Yang Ditandai Dengan Gejala Berikut Ini, Jangan Sepelekan ya 3

Hipotiroidisme merupakan penyakit yang dimana kondisi tubuhmu akan memproduksi hormon tiroid yang sangat sedikit. Hormon tersebut berfungsi untuk mengatur sistem metabolisme dalam tubuh. Selain itu, hormon tiroid ini menyalurkan oksigen dan energi ke kulit, kuku serta rambut. Saat hormon tersebut memproduksi dirinya dengan jumlah sedikit, maka penyebabnya adalah rambut akan sering rontok. Dan juga gejala lain yang kamu rasakan adalah tubuhmu akan mudah merasa lelah, bertambahnya berat badan secara drastis, serta sulit untuk berkonsentrasi. Dan biasanya, penyakit ini paling cenderung dialami oleh wanita.

Baca juga  Manfaat Asam Folat Bagi Ibu Hamil & Janin

2. Lupus

5 Penyakit Rambut Rontok Yang Ditandai Dengan Gejala Berikut Ini, Jangan Sepelekan ya 4

Lupus merupakan penyakit autoimun yang dimana kondisi sistem kekebalan tubuhmu akan menyerang sel – sel sehat yang berada dalam tubuhmu yang dikira adalah ancaman bagi mereka. Seperti dilansir dari ABC News, penyakit lupus sudah menyerang 1,5 juta orang di dunia dan lebih cenderung dialami oleh wanita. Selain itu, lupus bisa menyebabkan gejala seperti inflamasi pada kulit, terutama pada area wajah dan kulit kepala. Oleh sebab itu, rambut juga akan sering mengalami rontok.

3. Telogen Effluvium

5 Penyakit Rambut Rontok Yang Ditandai Dengan Gejala Berikut Ini, Jangan Sepelekan ya 5

Telogen Effluvium adalah kondisi dimana kamu mengalami kerontokan rambut yang sifatnya hanya sementara. Kondisi tersebut bisa terjadi sampai tujuh bulan bahkan lebih. Tetapi, setelah tubuhmu sudah bisa menyesuaikan diri dengan penyakit tersebut, gejalanya akan menghilang dengan sendirinya. Seperti dilansir dari Medical News Today, mengatakan bahwa ada beberapa hal yang bisa menyebabkan penyakit itu datang menyerang, seperti sering merasa stres, melakukan diet yang tidak sehat, syok, kehamilan dan lain sebagainya. Untuk penanganannya sendiri tergantung pada gejala telogen effluvium itu sendiri. Tetapi, kamu bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi banyak protein, zat besi, serta lebih amannya, kamu dapat melakukan konsultasi pada dokter spesialis.

Baca juga  5 Makanan dan Minuman Penyebab Batu Ginjal, Tetap Harus Berhati - hati ya

4. Anemia Defisiensi Besi

5 Penyakit Rambut Rontok Yang Ditandai Dengan Gejala Berikut Ini, Jangan Sepelekan ya 6

Anemia defisiensi besi (Iron Deficiency Anemia) merupakan kondisi dimana tubuhmu kekurangan banyak zat besi sehingga jumlah sel darah merah akan ikut menurun. Gejala yang akan dialami seperti tubuh akan mudah merasa lelah, kulit pucat, serta rambut rontok. Terjadinya rambut rontok karena penyakit ini bisa disebabkan karena sel darah merah yang berfungsi mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh menghilang.

Baca juga  5 Penyakit Yang Paling Sering Menyerang Kesehatan Pria, Jangan Diabaikan !

5. Alopecia Areata

5 Penyakit Rambut Rontok Yang Ditandai Dengan Gejala Berikut Ini, Jangan Sepelekan ya 7

Alopecia areata merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan sistem kekebalan tubu bisa menyerang folikel rambut. Seperti dilansir dari Medical News Today, mengatakan bahwa penyakit ini telah menyerang 6,8 juta orang di Amerika Serikat baik itu pria maupun wanita. Saat terserang penyakit ini, maka rambut akan mengalami kerontokan yang membuat area tertentu pada kepala menjadi botak. Hal ini berbeda dengan penyakit telogen effluvium, alopecia areata bisa terjadi secara permanen dan sampai saat ini belum obat untuk menyembuhkannya.

Itulah ke – 5 penyakit rambut rontok yang perlu kamu waspadai. Semua penyakit diatas memang jarang terjadi, tetapi ada baiknya mulai dari sekarang kamu bisa menghindari hal – hal yang bisa memicu penyakit tersebut datang menyerangmu. Semoga bermanfaat ya !

5 Penyakit Rambut Rontok Yang Ditandai Dengan Gejala Berikut Ini, Jangan Sepelekan ya 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments