Kesehatan   

5 Tips Hindari Kulit Kering dan Pecah – pecah Akibat Terlalu Sering Mencuci Tangan


5 Tips Hindari Kulit Kering dan Pecah - pecah Akibat Terlalu Sering Mencuci Tangan 1

Demi menjaga serta menghindari Covid-19 atau virus corona, kita semua dianjurkan untuk tetap selalu mencuci tangan sebelum atau sesudah makan, melakukan segala aktivitas di luar dan memegang sesuatu dari luar. Tetapi, selain dapat menjaga serta menghindari virus tersebut dengan mencuci tangan, ternyata terlalu sering mencuci tangan juga bisa membuat kulit menjadi mudah kering, pecah – pecah bahkan sampai iritasi. Hal ini karena lapisan kulit luar yang terlalu sering terkena air dan bahan kimia sabun membuat kulit mudah rusak dan mudah untuk iritasi serta infeksi. Karena itu, berikut ini ada 5 tips agar menghindari masalah kulit seperti kering dan pecah – pecah. Yuk simak di bawah ini.

1. Jangan Mencuci Tangan Menggunakan Air Panas

5 Tips Hindari Kulit Kering dan Pecah - pecah Akibat Terlalu Sering Mencuci Tangan 3

Seperti dilansir dari laman WebMD, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengatakan bahwa temperatur suhu air tidak akan menghasilkan apa – apa dalam mencuci tangan. Hal ini karena, air panas justru akan membuat kulitmu menjadi lebih mudah kering. Karena itu, sebaiknya cuci tangan menggunakan air biasa saja.

Baca juga  Inilah Faktor-faktor yang Membuat Pasien Berisiko Terkena Luka Dekubitus

2. Gunakan Sabun Yang Lembut Untuk Kulit

5 Tips Hindari Kulit Kering dan Pecah - pecah Akibat Terlalu Sering Mencuci Tangan 4

Untuk memilih sabun yang memiliki bahan yang lembut untuk kulit, kamu bisa mencarinya dengan mengandung formula seperti gentle, moisturizing, nourishing, hydrating dan lain sebagainya. Produk dengan formula tersebut biasanya juga tidak memiliki kandungan aroma wangi yang cukup kuat serta bahan kimia lainnya yang dapat merusak kulit, terutama jenis kulit sensitif dan kering.

3. Gunakan Lotion atau Krim Tangan

5 Tips Hindari Kulit Kering dan Pecah - pecah Akibat Terlalu Sering Mencuci Tangan 5

Agar kulitmu tidak menjadi kering akibat terlalu sering mencuci tangan, kamu juga bisa gunakan lotion atau krim khusus tangan untuk menjaga kelembapan kulit akibat seringnya terkena air dan bahan kimia dari sabun. Dan sebaiknya gunakan lotion atau krim tangan selalu setelah habis mencuci tangan agar kulit tidak mudah menjadi -kering, pecah – pecah bahkan iritasi.

Baca juga  Manfaat Tanaman Herbal & Penyakit Kuning

4. Jangan Menggaruk atau Mengelupas Kulit

5 Tips Hindari Kulit Kering dan Pecah - pecah Akibat Terlalu Sering Mencuci Tangan 6

Mungkin ada beberapa kondisi dimana, tanganmu akan terasa gatal atau kulit yang hampir mengelupas. Sebaiknya jangan menggaruk atau kebiasaan untuk mengelupas kulit karena akan mempengaruhi elastisitas kulit serta kulit akan mudah kering dan pecah – pecah. Karena itu, gunakan saja krim tangan atau lotion untuk melembapkan kulit.

Baca juga  5 Tips Menjaga Kesehatan Selama WFH, Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit

5. Minum Selalu Air Putih dan Konsumsi Buah – buahan

5 Tips Hindari Kulit Kering dan Pecah - pecah Akibat Terlalu Sering Mencuci Tangan 7

Selain mencuci tangan untuk menghindar dan menjaga tubuh tetap bersih, minum air putih dan mengkonsumsi buah – buahan juga bisa membantu kamu dalam melembapkan kulit dari dalam. Vitamin dari buah – buahan mampu untuk memberikan energi serta daya tahan tubuh yang baik untuk melakukan aktivitasmu dengan penuh stamina.

Itulah ke – 5 tips hindari kulit kering dan pecah – pecah akibat terlalu sering mencuci tangan. Karena itu, tetap selalu cuci tangan dan jaga kesehatan yah karena dua hal tersebut sangat penting dan wajib kamu lakukan untuk menjaga tubuhmu agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Semoga bermanfaat ya !

5 Tips Hindari Kulit Kering dan Pecah - pecah Akibat Terlalu Sering Mencuci Tangan 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments