5 Tips Merawat Kesehatan Mental Selama #DiRumahAja

3 menit


52
52 upvote
5 Tips Merawat Kesehatan Mental Selama #DiRumahAja 1

Dengan hadirnya virus corona atau covid-19 ini membuat semua orang menjadi panik dan takut untuk melakukan aktivitas di luar rumah. Terlebih lagi kasus yang semakin hari semakin bertambah akibat penularan yang tak kunjung berhenti sehingga membuat kita terpaksa harus terisolasi di dalam rumah. Hal ini terkadang membuat kita menjadi jenuh, bosan, mudah merasa stres dan juga cemas sehingga akan berakibat buruk untuk kesehatan mental. Karena itu, berikut ini ada 5 tips untuk menjaga kesehatan mental kita selama dirumah. Apa saja ? Yuk simak di bawah ini.

1. Selalu Menjaga Komunikasi

5 Tips Merawat Kesehatan Mental Selama #DiRumahAja 3

Sudah seperti dianjurkan adalah kita memang harus melakukan physical dan sosial distancing demi mengurangi serta menghindari penularan virus yang terjadi. Tetapi hal itu bukan berarti bahwa semua aktivitas yang selama ini kita lakukan juga dibatasi. Karena itu, dengan memanfaatkan teknologi yang ada, sudah seharusnya kita harus selalu menjaga komunikasi dengan keluarga maupun sahabat. Dengan begitu, kita tidak akan mudah merasa jenuh dan bosan serta kesehatan mental kita tetap terjaga.

Baca juga  Punya Banyak Buku? Ini 4 Tips Merawat Bukumu Biar Awet!

2. Selalu Berolahraga

5 Tips Merawat Kesehatan Mental Selama #DiRumahAja 4

Dengan melakukan aktivitas fisik atau sering berolahraga di rumah tentunya akan membantu kamu terhindar dari rasa stres, jenuh dan mudah bosan yang jika terus dibiarkan akan bisa berdampak buruk untuk kesehatan mentalmu. Karena itu, dengan berolahraga secara rutin di rumah akan mengurangi rasa cemas serta memperbaiki mood kamu yang sedang tidak baik. Lakukan olahraga di rumah tidak perlu membutuhkan waktu yang cukup banyak, hanya 30 menit dengan olahraga yang ringan saja sudah membua tubuh kamu sehat dan bugar.

3. Memiliki Waktu Istirahat Yang Cukup

5 Tips Merawat Kesehatan Mental Selama #DiRumahAja 5

Memiliiki waktu istirahat yang cukup memang sangat dianjukan saat kondisi seperti ini. Karena jika tidak, hal itu akan mempengaruhi kondisi kesehatan mentalmu yang bisa mengganggu aktivitas kamu seharian. Karena itu, tidurlah dengan waktu 7 sampai 8 jam sehari untuk mendapatkan stamina yang fit serta waktu untuk tubuh kamu meregenerasi energi yang telah hilang selama seharian.

Baca juga  7 Situs Yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Merasa Jenuh dan Bosan Ketika #DiRumahAja

4. Tidak Asal Memilih Informasi

5 Tips Merawat Kesehatan Mental Selama #DiRumahAja 6

Dengan adanya virus yang telah menyebar di seluruh dunia, membuat dunia media informasi menjadi heboh dan bermacam – macam berita yang harus dipilih dengan bijak. Karena itu, kamu juga harus selalu update mengenai segala informasi yang ada agar kedepannya tidak salah dalam mengambil tindakan. Namun, terkadang ada juga beberapa berita informasi yang membuat kita semakin cemas dan takut, untuk itu tidak ada salahnya jika jangan terlalu panik dan memaksa untuk selalu mengupdate informasi yang ada. Istirahatlah sejenak dan selalu perhatikan sumber – sumber terpercaya yang membagikan berbagai macam informasi yang ada.

5. Selalu Mengkonsumsi Makanan Yang Bergizi

5 Tips Merawat Kesehatan Mental Selama #DiRumahAja 7

5 Tips Merawat Kesehatan Mental Selama #DiRumahAja 8

Selain melakukan aktivitas fisik, makanan juga merupakan salah satu yang harus kamu perhatikan. Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan asupan nutrisi yang terpenuhi selalu akan membuat sistem kekebalan tubuhmu menjadi kuat dan membuat moodmu semakin membaik. Makanan yang penuh gizi seperti mengandung banyak protein, lemak sehat, karbohidrat, vitamin, serat dan mineral yang secara rutin harus kamu konsumsi setiap harinya. Hal ini juga akan membuat pikiranmu menjadi lebih rileks dan tenang tanpa adanya rasa khawatir serta takut dengan apa yang terjadi saat ini.

Baca juga  Waspadai 10 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

Itulah ke – 5 tips merawat kesehatan mental selama #DiRumahAja. Rasa takut dan cemas memang wajar saja terjadi selama adanya virus ini. Tetapi, kamu juga harus untuk selalu berpikir positif dan bersyukur agar rasa cemas dan takut bisa berkurang serta ubahlah pola gaya hidupmu yang lebih sehat agar kesehatan mental dan tubuhmu selalu terjaga serta terhindar dari berbagai macam penyakit. Semoga bermanfaat ya !


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

52
52 upvote
Rendy Ng

Legend