Kesehatan    , Parenting   

5 Tips Merawat Kulit Bayi Yang Sensitif


5 Tips Merawat Kulit Bayi Yang Sensitif 1

Bayi memiliki struktur kulit yang sangat tipis, dengan pH 6-7, sedangkan orang dewasa memiliki pH kulit 4,5-6. Oleh karena itulah, kulit bayi sangat  sensitif terhadap suatu produk ataupun terhadap sesuatu.

Bayi dengan kulit sensitif sangat rentan terhadap iritasi, seperti ruam popok, bintik merah dan gatal-gatal. Penyebab kulit bayi sensitif juga bermacam-macam, misalnya pemakaian popok, pemakaian sabun, debu dan udara, dll.

Bayi yang memiliki kulit sensitif, tentu harus mendapatkan perhatian lebih. Nah, berikut ini 5 tips merawat kulit sensitif pada bayi, yang kami rangkum dari berbagai sumber.

 

1. Pilihlah produk yang tepat

5 Tips Merawat Kulit Bayi Yang Sensitif 3

Perhatikan kandungan produk yang digunakan untuk bayi Anda. Hindari produk yang mengandung wewangian atau fregance. Karena menurut penelitian produk yang mengandung wewangian menjadi penyebab teratas reaksi kulit sensitif.

Hindari pula sabun antibakteri yang mengandung bahan kimia berbahaya triclosan. Pilihlah sabun mandi yang diformulasikan khusus untuk bayi. Gunakan pula detergen yang lembut untuk mencuci pakaian bayi Anda.

 

Baca juga  Tidak Perlu Repot dan Mahal, Begini Cara Melakukan Baby Spa di Rumah

2. Jaga kelembapan kulit

5 Tips Merawat Kulit Bayi Yang Sensitif 4

Menjaga kelembapan kulit, adalah salah satu tips yang bisa dilakukan untuk merawat kulit bayi sensitif. Agar kulit bayi Anda terjaga kelembapannya, selalu oleskan baby lotion usai mandi. Pilihkan lotion yang tidak berbau dan tidak mengandung alkohol.

 

3. Hindari terkena sinar matahari berlebihan

5 Tips Merawat Kulit Bayi Yang Sensitif 5

Sinar matahari pagi, memang penting untuk bayi. Kandungan vitamin D yang terpancar sinar matahari, bermanfaat untuk tulang bayi. Namun, terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara berlebih juga bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Waktu terbaik untuk menjemur bayi adalah pukul 7 hingga 9 pagi. Dengan durasi kurang lebih 10 hingga 15 menit.

 

Baca juga  5 Kado Yang Cocok Untuk Anak Berusia 1 Tahun

4. Jangan terlalu lama mengganti popok

5 Tips Merawat Kulit Bayi Yang Sensitif 6

Untuk menghindari ruam popok dan bintik merah, hindari terlalu lama mengganti popok. Gantilah popok 6 sampai 12 kali sehari, tergantung usia bayi. Gunakan kain dari katun yang lembut dan air hangat untuk membersihkan, serta jangan lupa untuk mengeringkannya. Biarkan sesaat bayi anda tidak menggunakan popok, saat Anda mengeringkannya. Hal ini bisa mengurangi terjadinya ruam popok.

 

Baca juga  Pecandu Rokok Susah Lepas Dari Rokok ? Coba dengan Cara ini

5. Pilihlah pakaian yang tepat

5 Tips Merawat Kulit Bayi Yang Sensitif 7

Pilihkan pakaian yang terbuat dari bahan yang tepat. Kain linen atau katun bisa menjadi pilihan baju bayi, bagi bayi yang memiliki kulit sensitif. Karena bahan tersebut bisa membuat kulit bayi Anda bernapas. Hindari menggunakan pakaian berlapis atau ketat. Karena hal tersebut membuat bayi Anda tidak nyaman, juga saat bayi Anda tidur.

Bayi yang memiliki kulit sensitif, kenyamanan menjadi prioritas para orangtua. Jika muncul gejala ruam dan eksim yang cukup parah, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

5 Tips Merawat Kulit Bayi Yang Sensitif 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Asih Kurniaty

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments