Kesehatan   

7 Manfaat Penting Mengonsumsi Spirulina, Sang Penangkal Racun


7 Manfaat Penting Mengonsumsi Spirulina, Sang Penangkal Racun 1

Spirulina adalah ganggang hijau-bitu tua yang telah disebut-sebut sebagai salah satu “makanan super” paling kuat dan protektif yang pernah ada. Ini sering digunakan sebagai suplemen untuk diet banyak orang karena manfaat kesehatan yang diteliti dan beragam. Berikut adalah penjelasannya:

1. Mendukung penurunan berat badan

description

Dari kapasitasnya, Spirulina memiliki kandungan protein yang tinggi. Spirulina terutama dibentuk oleh protein yang disebut C-Phycocyanin, yaitu protein yang cenderung berkumpul bersama dan diberi nama sesuai dengan yang ditemukan di ganggang hijau-biru tua. Spirulina memiliki sekitar 50-70% protein, yang berarti bahwa itu adalah sumber protein yang sangat baik.

Kandungan protein yang tinggi pada Spirulina mendorong penurunan berat badan, perkembangan jaringan otot, dan pemulihan jaringan yang rusak setelah berolahraga. Hal ini membuat suplemen Spirulina sebagai pilihan sangat baik bagi mereka yang berusaha untuk menjaga berat badannya.

2. Mengatasi peradangan

description

Fitokimia dan protein yang terkandung dalam Spirulina mungkin juga bermanfaat untuk peradangan. Studi pendahuluan telah menunjukkan bahwa beberapa populasi (terutama pria) dapat mencapai perubahan positif dengan mengonsumsi jumlah tambahan Spirulina. Perubahan peradangan dapat sangat efektif dalam pemeliharaan kesehatan dan mengurangi proses fisiologis negatif (khususnya seperti radang usus atau sendi). Ini berkontribusi pada kesehatan secara keseluruhan.

Baca juga  Bagaimana Jepang Berhasil Tangani Pandemi Corona Secara Mengejutkan

3. Mendukung kesehatan jantung

description

Di antara mereka yang kelebihan berat badan, obesitas atau berjuang dengan efek sindrom metabolik, suplementasi Spirulina telah dicatat memiliki efek signifikan pada kadar trigliserida darah dan kolesterol. Perubahan ini terkait dengan penurunan risiko kesehatan darah yang buruk, peningkatan kesehatan jantung dan efek perlindungan pada penyakit kardiovaskular, penyebab nomor 1 kematian di banyak negara berkembang secara ekonomi.

4. Mendukung kesehatan hati

description

Kesehatan hati sangat penting. Hati bertanggung jawab untuk pengembangan berbagai nutrisi penting dan bahan kimia yang menjaga fungsi tubuh serta memfasilitasi kesehatan maupun metabolisme secara keseluruhan. Alkohol, pola makan yang buruk, merokok, penyalahgunaan steroid, obat-obatan yang diresepkan, dan berbagai faktor lingkungan lainnya dapat menempatkan hati kita pada risiko yang parah. Hal ini, pada gilirannya dapat memiliki implikasi yang sangat parah bagi kesehatan tubuh.

Spirulina telah terbukti secara istimewa meningkatkan kesehatan hati, terutama dalam kondisi di mana individu menderita “hati berlemak”, suatu kondisi di mana lemak disimpan ke dalam jaringan hati. Kondisi ini berdampak negatif terhadap kinerja dan kesehatan hati. Suplementasi Spirulina sangat efektif dalam sejumlah studi kasus yang terkait dengan kondisi ini dan, sementara kita masih menunggu penelitian yang lebih besar untuk memverifikasi efek spesifiknya, efek positif lainnya dan kurangnya efek samping membuat Spirulina menjadi sangat menjanjikan.

Baca juga  Apakah Masker Itu Penting dan Wajib Untuk Dipakai ? Inilah Imbauan Dari WHO dan Pemerintah

Selain itu, beberapa penelitian lain yang disebutkan sejauh ini telah menunjukkan bukti awal bahwa Spirulina memiliki manfaat umum untuk aktivitas enzim hati pada kesehatan individu, serta mereka yang berjuang dengan penyakit hati berlemak.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

description

Menambahkan Spirulina ke dalam makanan, telah dicatat dapat meningkatkan aktivitas dan efektivitas beberapa sel penting dalam sistem kekebalan tubuh. Studi menunjukkan bahwa Natural Killer Cells (sel-sel yang menemukan dan menghancurkan tumor sel, terkait dengan tahap awal kanker) secara nyata ditingkatkan melalui suplementasi Spirulina. Selain itu, ada beberapa penelitian awal yang menunjukkan bahwa pertahanan terhadap infeksi virus dapat dibantu melalui suplementasi Spirulina. Fungsi kekebalan adalah manfaat luar biasa lainnya dari makanan yang begitu mudah ditemukan ini.

6. Mengontrol alergi

description

Selain dari peningkatan kekebalan yang diberikan untuk infeksi mikroba dan tumor sel, Spirulina dikaitkan dengan peningkatan gejala yang dialami oleh mereka yang rentan terhadap reaksi alergi terhadap berbagai rangsangan. Studi ini berfokus pada respons alergi melalui hidung dan sinus, tetapi ini adalah gejala yang sangat umum di berbagai alergi umum serta dapat memiliki manfaat potensial yang besar, terutama dengan studi lebih lanjut.

Baca juga  Udah Tahu 4 Fakta Soal Payudara Nggak?

7. Detoksifikasi tubuh

description

Salah satu efek paling menarik dan tidak dapat diprediksi terkait dengan konsumsi Spirulina adalah bahwa ia benar-benar mendetoksifikasi. Sementara ada banyak suplemen di pasaran yang mengklaim melakukan detoksifikasi, ada sangat sedikit yang benar-benar melakukannya. Spirulina dan bahan aktif C-Phycocyanin telah terbukti mengurangi efek dari berbagai racun yang sebenarnya, sementara juga meningkatkan fungsi kekebalan maupun kesehatan organ. Mengkonsumsi C-Phycocyanin dalam bentuk Spirulina sebenarnya telah terbukti mengurangi efek keracunan arsenik.

Sementara banyak makanan telah diberi label “makanan super”, kita dapat percaya bahwa Spirulina telah benar-benar mendapatkan gelar ini. Sebagai bahan makanan yang bermanfaat bagi kita, ini adalah suplemen yang luar biasa demi kesehatan dan perlindungan tubuh baik internal maupun eksternal, serta sangat mudah ditambahkan ke dalam makanan. Spirulina dapat dibeli dengan harga murah dalam bentuk tablet atau sebagai bubuk untuk dicampur menjadi cairan. Dengan demikian, kita percaya ini adalah salah satu suplemen makanan terbaik.

7 Manfaat Penting Mengonsumsi Spirulina, Sang Penangkal Racun 3


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments