7 Manfaat Positif Yang Bisa Diperoleh Hanya dengan Berjalan Kaki

3 menit


66
66 upvote
7 Manfaat Positif Yang Bisa Diperoleh Hanya dengan Berjalan Kaki 1

Jalan kaki, meski olahraga yang satu ini sangat mudah untuk dilakukan. Namun, terkadang orang masih malas untuk melakukannya. Olahraga jalan kaki bisa dilakukan setiap hari. Luangkan waktu sekitar 20 hingga 30 menit untuk jalan kaki. Meski hanya sebentar, hal tersebut sudah dapat memberikan manfaat bagi tubuhmu. Lalu, apa saja manfaat yang diperoleh dari jalan kaki setiap hari? Simak 7 manfaat jalan kaki berikut ini.

1. Menyehatkan Jantung

7 Manfaat Positif Yang Bisa Diperoleh Hanya dengan Berjalan Kaki 3

Sudah cukup banyak penelitian yang menunjukan bahwa jalan kaki sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Salah satu penelitian di tahun 2013, dimana para peneliti California mengumpulkan 33,060 pelari dan 15,045 pejalan kaki untuk melakukan penelitian. Hasilnya enam bulan kemudian peneliti menemukan bahwa, baik pelari ataupun hanya berjalan kaki, sama-sama memiliki manfaat dalam mengurangi resiko serangan jantung, stroke, kolesterol dan juga diabetes.

Baca juga  Cara Mengatasi Asam Lambung Naik saat Puasa

2. Meningkatkan Fungsi Otak

7 Manfaat Positif Yang Bisa Diperoleh Hanya dengan Berjalan Kaki 4

Sebuah penelitian mengungkapkan tekanan yang diterima kaki saat berjalan kaki ataupun berlari dapat meningkatkan suplai darah ke otak. Hal ini sangat bermanfaat mengingat darah adalah media pengantar bahan makanan dan juga oksigen keseluruh tubuh termasuk otak. Peningkatan suplai darah ke otak, juga akan meningkatkan makanan dan oksegen yang diterimanya, sehingga otak bisa berfungsi optimal. Tak heran, jika orang bisa mendapatkan ide sambil berjalan kaki, karena otak saat berjalan kaki dapat berfungsi optimal.

3. Mengurangi Berat Badan

7 Manfaat Positif Yang Bisa Diperoleh Hanya dengan Berjalan Kaki 5

Memiliki badan gemuk, tapi malas olahraga. Jalan kaki bisa menjadi solusi bagi kamu untuk olahraga ringat yang dapat menurunkan berat badan. Namun, perlu diperhatikan, jalan kaki untuk menurunkan berat badan, tergantung dari cepat atau lambat jalan kaki, seberapa jauh berjalan kaki, dan diet yang sedang di jalani. Semakin cepat dan semakin jalan kaki akan semakin baik bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Tapi, ingat jangan sampai kalori yang masuk ketubuh mu lebih besar dari kalori yang telah di bakar. Perhatikan diet yang seimbang.

Baca juga  Waspadai Tanda - tanda Anak Kalian Stunting

4. Melancarkan Pencernaan

7 Manfaat Positif Yang Bisa Diperoleh Hanya dengan Berjalan Kaki 6

Jika kebiasaan banyak orang setelah makan adalah duduk. Baik duduk sambil menonton, membaca, atau bermain HP. Cobalah ganti kebiasaan tersebut dengan berjalan santai 10 hingga 15 menit. Hal ini lebih baik dari pada duduk atau pun meringkuk di kasur setelah makan. Sebuah penelitian di Jerman pada tahun 2008, menunjukan bahwa berjalan santai setelah makan dapat mempercepat pergerakan makanan dalam tubuh kita. Sehingga makanan dapat dengan cepat dicerna dari biasanya.

5. Mengurangi Nyeri Pinggang

7 Manfaat Positif Yang Bisa Diperoleh Hanya dengan Berjalan Kaki 7
Office Syndrome: Lumbago

Cara paling sederhana yang dianjurkan dokter untuk mengobti nyeri sendi adalah dengan berjalan kaki. Dalam sebuah penelitian menyebutkan pengobatan nyeri peinggang memggunakan klinik dan juga jalan kaki memiliki hasil yang sama efektifnya.

Baca juga  5 Cara Sederhana Bikin Tubuh Bugar

6. Meningkatkan Kreatifitas

7 Manfaat Positif Yang Bisa Diperoleh Hanya dengan Berjalan Kaki 8

Mengapa orang senang mondar-mandir saat sedang mencari ide kreativitas. Ide tersebut juga sering muncul saat mondar-mandir dibandingkan saat duduk? Alasannya karena dengan mondar-mandir berjalan kaki dapat meningkatkan kreativitas sebanyak 60 persen. Luar biasa bukan? Hanya dengan berjalan kaki kita bisa menjadi orang yang kreatif.

7. Meningkatkan Mood

7 Manfaat Positif Yang Bisa Diperoleh Hanya dengan Berjalan Kaki 9

Lagi bete? Ingin hiburan yang murah meriah? Jalan kaki bisa menjadi jawabannya. Berjalan kaki lah 20 hingga 30 menit. Hal ini dapat meningkatkan cairan endorphin yang ada dalam tubuh. Cairan endorphin adalah cairan yang bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit dan meningkatkan rasa senang dan bahagia.

Sudah tidak diragukan lagi, manfaat jalan kaki bagi kesehatan tubuh. Mulailah membiasakan olahraga ringan ini, untuk kesehatan tubuhmu. Selamat mencoba.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

66
66 upvote
Asih Kurniaty

Legend