Kesehatan   

8 Efek Samping dari Pemakaian Kapur Barus Bagi Kesehatan Tubuh


8 Efek Samping dari Pemakaian Kapur Barus Bagi Kesehatan Tubuh 1

Kapur barus adalah produk alami fantastis yang banyak digunakan orang untuk beberapa tujuan khusus. Ini lebih suka digunakan sebagai obat untuk menghilangkan batuk kering dan pilek. Kapur barus juga digunakan untuk melindungi tubuh terhadap infeksi virus flu kompleks seperti flu babi dan flu burung.

Tetapi, apakah kita sadar akan efek samping yang ditimbulkan oleh penggunaan kapur barus secara teratur pada tubuh? Jika tidak, berikut adalah beberapa efek samping serius dari kapur barus yang akan membuat kita membatasi dalam penggunaannya.

1. Menjadikan bibir kering dan ruam kulit

description

Kapur barus bertanggung jawab dalam membuat bibir menjadi kering sehingga membuat kulitnya mengelupas ketika digunakan secara teratur sebagai obat untuk peradangan. Jika kita menjadi korban bibir kering karena penggunaan kapur barus yang berlebihan, maka disarankan untuk mencari bantuan medis sehingga dapat menyingkirkan reaksi alergi dengan nyaman.

Penggunaan kapur barus secara teratur juga menyebabkan ruam kulit dan kemerahan di berbagai bagian tubuh. Ruam ini menimbulkan sensasi menyakitkan pada kulit sehingga menjadi sulit dihilangkan tanpa pengobatan yang tepat.

Baca juga  6 Tips Agar Bulu Mata Tebal & Lentik Secara Alami

2. Menyebabkan eksim

description

Eksim adalah efek samping kulit yang kompleks dari penggunaan kapur barus yang berhubungan dengan pembengkakan karena faktor kekeringan pada jaringan kulit. Gejala umum eksim diantaranya pembengkakan mata, kulit mengelupas dan iritasi yang menyakitkan. Kita tidak dapat bergantung sepenuhnya pada bahan alami untuk menyingkirkan eksim. Jika kita masih menggunakan kapur barus lalu menimbulkan kulit yang terkelupas dan rusak, maka segera hentikan untuk mengurangi ketidaknyamanan maupun peradangan kulit lagi.

3. Menimbulkan kerusakan hati

description

Kapur barus sangat beracun di alam dan bahkan asupannya dalam jumlah kecil dapat menyebabkan banyak efek samping pada kesehatan hati penggunanya. Faktanya, dosisnya yang kecil juga dapat menyebabkan kematian mendadak pada anak-anak. Karena itu, sangat penting untuk menjauhkan kapur barus dari jangkauan anak kecil karena dapat merusak hati mereka dengan efek hepatotoksisitasnya.

Selain itu, asupan kapur barus juga menghasilkan efek buruk pada fungsi hati yang dapat menimbulkan komplikasi seperti penyakit kuning. Jika kita mengkonsumsinya sebagai obat herbal penyembuh untuk setiap komplikasi kesehatan, maka harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menjaga hati dari kondisi yang merusak.

Baca juga  Penyebab Stroke dan Pencegahannya

4. Menyebabkan kerusakan otak

description

Konsumsi kapur barus dalam bentuk apa pun secara langsung mempengaruhi sel-sel saraf otak sehingga mempengaruhi fungsi otak. Selain itu, juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan kimiawi akut di otak sehingga menimbulkan pendarahan otak jika diagnosis tidak diambil pada tahap awal.

5. Menyebabkan masalah pernapasan

description

Asupan kapur barus juga sangat berbahaya bagi saluran pernapasan dan dapat menyebabkan gangguan pernapasan parah. Kapur barus harus digunakan jauh dari jangkauan anak-anak yang sudah menderita asma atau bronkitis karena dapat menyebabkan gangguan pernapasan dan dada yang tiba-tiba pada kesehatan anak-anak.

6. Berbahaya bagi ibu menyusui

description

Kapur barus sangat berbahaya bagi wanita yang menjalani tahap kehamilan dan ibu menyusui karena secara langsung mempengaruhi janin dari wanita tersebut. Faktanya, penyerapan kapur barus melalui celah-celah kulit dan plasenta secara langsung dapat menyebabkan kematian mendadak pada bayi setelah menyusui. Penyerapannya oleh plasenta wanita juga menyebabkan kerusakan fisik dan neurologis pada janin wanita hamil maupun ibu menyusui.

7. Menyebabkan gagal jantung

description

Kapur barus juga sangat berbahaya bagi orang yang menderita penyakit Parkinson. Sifat racun kapur barus menghasilkan dampak negatif pada sistem pernapasan dan meningkatkan toksisitas sehingga merusak jaringan kardiovaskular. Sifat beracun kapur barus juga melarang efek obat yang digunakan dalam diagnosis penyakit Parkinson yang dapat menyebabkan gagal jantung yang parah.

Baca juga  5 Tips Samarkan Kantong Mata, Mudah & Alami! Wajib Dicoba Guys

8. Mempengaruhi kesehatan kulit kepala

description

Minyak kapur barus dianggap sebagai obat yang efektif untuk semua jenis masalah rambut, tetapi faktanya penggunaan minyak kapur barus pada kulit kepala yang terkelupas, rusak, dan gatal juga menghasilkan efek beracun pada saraf otak. Minyak kapur barus dapat dengan mudah diserap oleh retakan yang berada di kulit kepala yang dapat menyebabkan rasa gatal dan sensasi sakit pada kulit kepala serta sel-sel otak. Oleh karena itu, kita harus berkonsultasi dengan ahli rambut terlebih dahulu sebelum mengoleskan minyak kapur barus pada kulit kepala untuk memastikan apakah kulit kepala kita pecah-pecah atau tidak.

Meski kapur barus memiliki banyak fungsi bagi kesehatan, kita juga perlu untuk memperhatikan efek sampingnya jika digunakan secara berlebihan.

8 Efek Samping dari Pemakaian Kapur Barus Bagi Kesehatan Tubuh 3


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments