Kesehatan   

8 Manfaat dari Seledri, Tanaman Mungil Kaya Nutrisi

1 menit


8 Manfaat dari Seledri, Tanaman Mungil Kaya Nutrisi 1

Kita semua tentunya sudah mengetahui bahwa seledri merupakan salah satu bahan untuk membuat sayur sop. Aromanya yang khas, membuat sayur sop kita terkesan lebih segar. Tahukah anda jika seledri memiliki manfaat yang luar biasa?

Tanaman dengan nama Latin Apium graveolens L. ini adalah tanaman yang berasal dari Eropa. Namun, tanaman ini juga sudah dikenal juga di Indonesia dan sangat sayang jika kita lewatkan kehadirannya dalam konsumsi harian kita karena khasiatnya yang sangat banyak.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan 3-n-butylphthalide yang dimiliki oleh seledri mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol merupakan salah satu penyebab penyakit stroke yang bisa menyebabkan kelumpuhan. Jadi jika anda sudah memeriksakan diri dan ternyata kadar kolesterol anda tinggi, ada baiknya segera saja  mengonsumsi jus seledri.

Baca juga  5 Hewan Ekstrem yang Digunakan Sebagai Obat Tradisional

Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Masih dengan kandungan 3-n-butylphthalide yang dimiliki oleh seledri, bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sebenarnya masyarakat awam sudah banyak yang mempercayai jika seledri bisa menurunkan tekanan darah, sehingga banyak yang sudah mengonsumsi tanaman ini.

Membantu Menekan Kadar Gula dalam Darah

Kandungan etil asetat pada seledri mampu membantu tubuh untuk menekan kadar gula dalam darah. Bagi penderita diabetes melitus, bisa lebih sering mengonsumsi tanaman ini.

Baca juga  Manfaat Daging Kodok bagi Kesehatan

Mengatasi Nyeri Sendi

Seledri juga mengandung zat anti inflamasi berupa minyak atsiri. Khasiat dari anti inflamasi ini adalah untuk mengatasi nyeri sendi, gejala rematik, radang sendi dan asam urat.

Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Dikarenakan khasiatnya yang baik untuk menurunkan asam urat, maka seledri pun memiliki kemampuan untuk memproduksi urine sehingga memperlancar proses pembuangan sisa zat-zat yang tidak diperlukan dalam tubuh melalui urine. Oleh sebab itu, tanaman ini juga baik untuk saluran kemih kita.

Menurunkan Resiko Kanker

Tanaman mungil ini memiliki antioksidan yang berasal dari vitamin C, flavonois, dan beta karoten yang tinggi sehingga bisa membantu tubuh untuk menekan resiko penyakit kanker di dalam tubuh.

Baca juga  Manfaat Asam Folat Bagi Ibu Hamil & Janin

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang tinggi pada seledri mampu membantu untuk menjaga kesehatan mata kita. Seperti kita ketahui bahwa vitamin A merupakan salah satu zat yang paling penting dalam menjaga mata kita.

Menjaga Kesehatan Rambut 

Nah, untuk manfaat yang ini seledri bukan untuk dikonsumsi, tetapi digunakan dari luar dengan cara dihaluskan kemudian diambil air perasannya dan dipakai sebagai masker pada rambut kita. Pemakaian seledri ini bermanfaat untuk menyuburkan rambut, mencegah kerontokan, mencegah ketombe dan menjadikan rambut semakin berkilau.

Itulah beberapa manfaat dari tanaman seledri yang perlu kita ketahui sehingga kita tidak akan ragu lagi untuk mengonsumsinya setiap hari.

8 Manfaat dari Seledri, Tanaman Mungil Kaya Nutrisi 3

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

hikaanggarani

Emperor