Apa Penyebab Vertigo dan Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Mengalaminya?

4 menit


74
74 upvote
Apa Penyebab Vertigo dan Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Mengalaminya? 1

Pernahkah Anda merasa seperti sedang berputar-putar saat berjalan di jalan atau duduk di kantor? Anda mungkin memiliki anggapan sedang terjadi gempa. Padahal itu bisa saja mungkin Anda mengalami vertigo.

Memahami Penyakit Vertigo

Vertigo adalah jenis pusing khusus yang ditandai oleh timbul nya sensasi tiba-tiba bahwa Anda berputar atau lingkungan di sekitar Anda yang berputar. Perasaan itu bisa datang dan pergi atau bisa berlangsung selama berjam-jam atau berhari-hari. Seiring dengan pusing, penderita nya juga mungkin akan mengalami mual atau muntah, nyeri pada kepala, penglihatan ganda, atau detak jantung yang dirasakan berdetak lebih kencang daripada normal.

ilustrasi penyakit vertigo
ilustrasi penyakit vertigo

Pusing berputar ini adalah salah satu alasan utama mengapa penderita nya datang ke instalasi gawat darurat. Hal ini sangat mengganggu aktivitas dan kualitas hidup penderita. Bahkan tidak jarang menimbulkan kecemasan dan kekhawatiran. Namun, tidak mutlak semua yang datang mengalami ini dikarenakan penyakit vertigo ini. Untuk itu mari kenali penyebab dan cara penanganan dini dari penyakit vertigo ini.

 

Apa Penyebab Vertigo ?

Tentu saja kita bertanya apa sebenarnya yang menyebabkan timbulnya penyakit vertigo ini? Penyebab vertigo yang paling umum adalah infeksi telinga bagian dalam atau penyakit telinga lainnya seperti vertigo posisi paroksismal jinak (benign paroxysmal positional vertigo/ BPPV), neuritis vestibular, dan penyakit Meniere.

1. BPPV

Vertigo posisional paroksismal jinak (BPPV) adalah salah satu penyebab vertigo yang paling umum. Ini akan menimbulkan sensasi mendadak bahwa Anda atau bagian dalam kepala Anda seperti sedang berputar.

Vertigo posisi paroksismal jinak menyebabkan episode singkat pusing berputar yang bderderajat ringan hingga berat. Vertigo posisi paroksismal jinak biasanya dicetuskan oleh adanya perubahan spesifik pada posisi kepala Anda. Hal ini mungkin terjadi ketika Anda sedang mengangkat kepala ke atas atau ke bawah. Atau pada saat berbaring lalu membolak-balikkan badan atau hendak duduk di tempat tidur.

Baca juga  5 Manfaat Penting Mengonsumsi Asinan Kubis, Camilan Khas Jerman
masalah telinga bagian dalam pada vertigo
masalah telinga bagian dalam pada vertigo

Meskipun vertigo posisi paroksismal yang jinak menimbulkan masalah yang menyusahkan, akan tetapi jarang yang bersifat serius. Namun, Anda harus hati-hati karena dapat menyebabkan kecelakaan akibat ketidakseimbangan tadi.

BPPV dapat terjadi ketika kalsium menumpuk di saluran telinga bagian dalam, menyebabkan pusing singkat yang berlangsung selama 20 detik hingga satu menit. Biasanya disebabkan oleh trauma pada kepala atau dengan menggerakkan kepala pada posisi-posisi tertentu.

 

2. Neuritis Vestibular

Neuritis vestibular adalah suatu keadaan yang dapat menyebabkan munculnya gejala vertigo dan pusing. Hal ini diakibatkan oleh adanya proses peradangan pada saraf-saraf vestibular Anda. Saraf vestibular adalah sebuah saraf di telinga yang berfungsi mengirimkan informasi ke otak Anda tentang keseimbangan. Nah, ketika sedang meradang, informasi ini tidak dikomunikasikan dengan benar sehingga membuat Anda merasa bingung.

Neuritis vestibular biasanya membaik setelah beberapa hari. Namun, gejala nya dapat memakan waktu sekitar tiga minggu untuk mereda. Anda mungkin juga mengalami pusing dan vertigo berulang selama beberapa bulan setelahnya.

Apa Penyebab Vertigo dan Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Mengalaminya? 3

Pada beberapa kasus, penyakit vestibular ini tidak hanya memunculkan gejala pusing berputar. Masalah dan gangguan pada fungsi pendengaran dapat terkena. Namun, penderita nya biasanya dapat sembuh total. Penyakit ini jarang menyebabkan kekambuhan kembali.

 

3. Penyakit Meniere

Penyakit Meniere adalah kondisi telinga bagian dalam yang dapat mencetuskan timbulnya vertigo. Selain itu, gejala lain yang bisa timbul adalah bunyi dering (bising) pada telinga Anda. Bunyi bising ini sering di kenal dengan istilah tinnitus. Tanda dan gejala lainnya seperti timbulnya gangguan pendengaran yang bersifat hilang timbul dan perasaan penuh atau terdapat tekanan di telinga Anda. Pada umumnya, hanya satu bagian sisi telinga yang terkena pengaruhnya. Hati-hati, gangguan pendengaran dapat menjadi permanen.

Baca juga  5 Bahan Alami yang Berkhasiat untuk Mengatasi Diabetes

Nama penyakit ini diambil dari nama seorang dokter dari Prancis yaitu Prosper Meniere. Pada tahun 1860an, beliaulah yang memberikan saran bahwa gejala penyakit ini berasal dari telinga bagian dalam dan bukan dari otak, seperti yang diyakini oleh orang banyak.

Penyakit Meniere disebabkan oleh adanya penumpukan cairan dan tekanan di telinga bagian dalam. Hal ini bisa mengakibatkan menyebabkan pusing bersamaan dengan bunyi bising di telinga dan gangguan pendengaran seperti yang telah dijelaskan di atas.

 

4. Penyebab Umum

Nah, selain ketiga penyebab di atas gejala vertigo juga bisa muncul lantaran keadaan dan kondisi yang bersifat kurang umum. Penyebab vertigo yang kurang umum tersebut adalah cedera pada kepala atau otak dan penyakit migrain.

 

Bagaimana Mengobati Vertigo ?

Berdasarkan kode ICD 10 vertigo, bahwa penyakit vertigo bisa menjadi hal yang terjadi hanya sekali dalam seumur hidup. Penyakit bisa datang dan pergi dengan begitu cepat. Nah, hal yang seperti ini tentunya tidak akan mendatangkan kekhawatiran dan kecemasan pada penderita nya.

latihan manuver pada vertigo
latihan manuver pada vertigo

Namun, jika seseorang memang mengalami pusing dan gangguan pendengaran yang terjadi berulang-ulang, maka ini harus menjadi perhatian penting. Anda direkomendasikan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan. Dokter akan membantu Anda memastikan diagnosis penyakit dan memberikan saran dan masukan untuk perawatan yang tepat.

Mengapa disarankan untuk langsung ke dokter? Oleh karena pusing yang berulang-ulang dapat menjadi tanda dan gejala dari masalah otak yang serius. Beberapa diantaranya seperti penyakit stroke, adanya pendarahan di bagian otak, atau penyakit multiple sclerosis.

Vertigo yang disebabkan oleh BPPV biasanya dapat diobati dengan metode terapi fisik. Pasien akan mempelajari serangkaian latihan yang dikenal sebagai prosedur reposisi canalith (gerakan manuver lambat). Ini adalah latihan yang berguna untuk mengatur posisi kepala Anda untuk menggeser partikel di telinga bagian dalam.

Baca juga  Membedah Manfaat Pisang untuk Turunkan Berat Badan & Kesehatan

Jika seseorang memiliki penyakit Meniere, maka biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan diet rendah sodium (natrium). Selain itu, dokter akan memberikan resep yang berisi obat-obatan yang bersifat diuretik. Obat jenis ini berfungsi untuk membantu mengurangi tekanan cairan yang ada di telinga bagian dalam.

Beberapa penderita vertigo juga dapat diobati dengan bantuan obat-obatan yang termasuk dalam golongan penghambat saluran kalsium, penghambat beta, dan antidepresan trisiklik.

Meskipun saat ini penyakit ini bisa membingungkan, tetapi kebanyakan kasus vertigo bukanlah suatu kondisi yang berbahaya dan mengancam nyawa. Untuk orang-orang dengan menderita BPPV, bahaya akan timbul bila penderita nya sedang dalam situasi atau lokasi yang tidak aman. Contoh, mereka yang bekerja sebagai supir, pilot, tukang bangunan, atau profesi lainnya yang bisa mengancam nyawa penderita bila terjadi kekambuhan.

 

Kesimpulan

Nah, itu tadi pembahasan tentang apa itu penyakit vertigo, penyebab nya, dan apa yang harus dilakukan bila menderita penyakit ini. Secara umum penyakit ini adalah suatu penyakit yang tidak mengancam nyawa, akan tetapi dapat sangat menganggu aktivitas dan kualitas hidup penderita. Pada umumnya penderita hanya mengalami gejala satu kali dalam seumur hidup.

Namun, tidak menutup kemungkinan gejala terjadi berulang-ulang. Dalam hal ini, penderita disarankan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter untuk ditegakkan diagnosis pasti dan pilihan metode perawatan nya. Semoga artikel ini bermanfaat.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

74
74 upvote
mrzuhdy

Emperor

Dokter medis yang aktif memberikan pelayanan kesehatan di salah satu puskesmas di Provinsi Sumatera Utara. Saat ini juga aktif berbagi informasi dan pengetahuan kesehatan di situs DrZuhdy.com