Kesehatan   

Bagian bagian Mata Manusia


bagian bagian mata

Mata adalah salah satu bagian organ dari tubuh kita, mata menjadi alat yang bisa digunakan untuk melihat indahnya dunia. Mata menjadi suatu jendela yang bisa melihat warna-warni dunia, dapat digunakan untuk memahami apa yang terjadi dengan mudah. Akan tetapi, mata bukan hanya terdiri satu bagian yang bisa digunakan untuk melihat saja akan tetapi terdiri dari berbagai bagian. Apa saja bagian bagian mata itu? Berikut penjelasannya di bawah ini:

Iris

Bagian bagian Mata Manusia 1

Iris adalah salah satu dari bagian bagian mata yang memberikan warna pada mata Anda. Iris juga sangat berhubungan dengan melanin pada tubuh yang menjadi zat warna dalam tubuh. Masyarakat Indonesia yang memiliki warna kulit coklat lebih mengarah pada warna hitam. Sedangkan bagi penduduk benua Eropa dan sekitarnya yang memiliki kulit putih, iris umumnya berwarna biru.

Bukan hanya menentukan warna mata saja, iris juga memiliki tugas untuk mengatur cahaya yang masuk dari luar dan juga mengatur ukuran pupil mata sehingga penglihatan kita menjadi lebih baik. Mata manusia memang dirancang secara sempurna dan setiap bagiannya memiliki tugas tersendiri yang saling berkaitan.

 

Baca juga  5 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kecantikan Tubuh & Tips Pemakaiannya

Pupil

Bagian bagian Mata Manusia 2

Selanjutnya adalah pupil. Pupil adalah bagian mata yang memiliki fungsi untuk mengatur cahaya yang masuk. Ukuran pupil akan membesar atau mengecil sesuai dengan cahaya yang tersedia. Jika cahaya terlalu banyak maka pupil pun akan mengecil, sebaliknya jika cahaya sedikit maka pupil akan mengecil. Nah, yang mengatur besar dan kecilnya pupil ini adalah iris.

 

Kornea

Bagian bagian Mata Manusia 3

Selanjutnya ada kornea. Kornea adalah salah satu bagian mata yang merupakan suatu selaput transparan yang mana menjadi suatu jalan untuk cahaya bisa masuk pada mata. Kornea sendiri merupakan bagian yang bentuknya seperti kubah. Kornea menjadi tempat pertama cahaya memijakkan kaki di mata dan menjadi jendela utama atau sebagai pintu masuk cahaya untuk masuk ke dalam mata. Kornea menjadi salah satu titik fokus cahaya sehingga penglihatan kita menjadi lebih jelas dan tentunya menjadi lebih maksimal penglihatannya.

 

Sklera

Jika Anda melihat pada bagian mata, di sana ada yang berwarna hitam dan ada juga bagian yang berwarna putih. Jika yang berwarna hitam tadi adalah iris maka untuk bagian yang berwarna putih besar itu namanya sklera. Sklera sendiri merupakan salah satu bagian yang digunakan untuk bertempatnya syarat-syaraf, otot,  dan juga pembuluh darah pada mata.

Sklera inilah yang menjadi alat untuk bisa menggerakkan penglihatan ke kanan, kiri, atas, atau bawah. Sklera umunya berwarna putih akan tetapi pada keadaan kesehatan tertentu bisa juga menyebabkan warna yang lain misalnya pada penderita penyakit hepatitis maka sklera akan menjadi berwarna kuning. Ya sklera bisa menjadi suatu tolok ukur kesehatan manusia juga.

 

Baca juga  Hancurkan Batu Ginjal dengan Daun Sirsak, Begini Caranya

Lensa

Jika tadi kita sudah membahas mengenai kornea yang menjadi bagian utama dan pertama sebagai tempat berpijaknya cahaya dan juga untuk memfokuskan cahaya, maka lensa ini adalah sebagai pendukungnya. Lensa sebagai lapisan kedua dari kornea yang fungsinya memfokuskan cahaya ke retina sehingga Anda menjadi bisa melihat seperti yang saat ini sedang Anda lakukan.

Lensa ini terletak pada bagian setelah iris dan pupil. Lensa sendiri adalah salah satu lapisan mata yang mana memiliki keunikan tersendiri. Ia akan menebal saat melihat objek yang dekat dan akan menipis ketika Anda melihat suatu objek yang jauh. Dengan lensa ini lah kualitas penglihatan menjadi lebih jelas.

 

Baca juga  Manfaat Asam Folat Bagi Ibu Hamil & Janin

Retina

Dari tadi kita membahas bagian mata yang menerima dan juga memfokuskan cahaya sedangkan di mana ia dipantulkan tidak. Nah, retina ini lah yang menjadi layar dari cahaya tersebut sehingga bayangan objek akan terlihat. Retina ini bisa diibaratkan sebagai layar proyektor yang menerima pantulan cahaya dan objek.

Itulah beberapa bagian bagian mata yang paling penting dan paling wajib Anda tahu. Bagian mata lainnya sebenarnya masih banyak akan tetapi untuk yang paling terkenal, paling jelas fungsinya, dan paling sering dipelajari adalah keenam tersebut. Makan makanan yang sehat agar mata kita selalu sehat, semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kita semuanya.

Bagian bagian Mata Manusia 4

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan