Cara Mengatasi Asam Lambung Naik saat Puasa

Dengan mengetahui cara mengatasi asam lambung naik saat puasa, Anda dapat menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan menyenangkan.2 menit


45
45 upvote
Cara Mengatasi Asam Lambung Naik saat Puasa 1

Bagi penderita GERD, sangat perlu untuk mengetahui cara mengatasi asam lambung naik saat puasa. Asam lambung terjadi jika produksinya meningkat di dalam lambung. Jika Anda mengalami asam lambung yang sering terjadi bahkan 2 kali dalam satu minggu, kemungkinan Anda terserang refluks.

Berbagai gejala dapat Anda rasakan dan akan mengganggu ibadah Anda saat berpuasa. Mengingat bahwa puasa adalah salah satu ibadah wajib bagi umat muslim, maka akan sangat disayangkan jika Anda harus membatalkan dengan minum obat karena tidak kuat menahan sakit asam lambung.

Degan mengetahui kebiasaan serta macam-macam jenis minuman yang dapat mengobati asam lambung, di harapkan ibadah puasa Anda dapat berjalan dengan lancar dan lebih menyenangkan tanpa gangguan rasa sakit. Dengan begitu, Anda dapat meminimalkan kemungkinan membatalkan puasa karena asam lambung.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik saat Puasa dengan Kebiasaan Sehat

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk dapat mengatasi asam lambung yang naik ketika sedang berpuasa. Terutama adalah mengenai pengaturan pola makan. Sebisa mungkin hindarilah jenis makanan yang dapat menjadi pemicu atau merangsang produksi asam lambung.

Baca juga  Bagaimana Jepang Berhasil Tangani Pandemi Corona Secara Mengejutkan

Ketika berbuka maupun sahur, usahakan untuk tidak memakan makanan yang mengandung gas tinggi. Makanan tersebut contohnya yang di buat dengan bumbu kacang. Selain itu, Anda juga perlu menghindari konsumsi minuman dengan kandungan kafein di dalamnya dan juga bersifat asam serta soda.

Jenis minuman seperti itu bisa dijadikan cara mengatasi asam lambung naik saat puasa karena membuat tubuh terangsang untuk memproduksi asam lambung yang banyak. Anda tentunya akan terganggu saat menjalankan ibadah puasa dan merasa sakit saat siang hari. Selanjutnya Anda bisa melakukan jenis diet karbohidrat rendah.

Jika seseorang tadinya terbiasa mengonsumsi karbohidrat yang tinggi setelah itu mulai beralih ke konsumsi karbohidrat rendah, maka asam lambung akan mengalami penurunan. Ini adalah salah satu metode yang cukup baik untuk diterapkan. Hal penting lainnya yaitu dengan tidak berbaring ketika sehabis buka atau sahur.

Cara mengatasi asam lambung naik saat puasa selanjutnya adalah dengan tidak Tidur setelah makan karena dapat membuat asam lambung naik dengan cepat ke kerongkongan sehingga terjadilah refluks. Selain itu, Asupan yang terlalu banyak akan mengakibatkan asam lambung meningkat. Selain itu, Kebiasaan merokok juga menaikkan asam lambung.

Baca juga  Panduan Hohohihek Pas Corona ! Wajib Baca !

Merokok dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, di antaranya adalah asam lambung. Apalagi jika Anda tengah berpuasa. Mulailah menghindari kebiasaan merokok kemudian menghentikannya agar Anda dapat meminimalkan risiko terserang berbagai penyakit yang mengancam kesehatan tubuh Anda.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik saat Puasa dengan Minuman Khusus

Untuk mengobati Asam lambung yang naik, Anda dapat mencoba beberapa jenis minuman tertentu. Yang pertama adalah air mineral. Air mineral memang selalu memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh di antaranya adalah untuk mengobati asam lambung yang naik.

Minumlah air mineral saat sahur untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh Anda saat puasa di siang hari. Manfaat air mineral selain menyembuhkan asam lambung, dapat melancarkan pencernaan serta membuat kerja usus menjadi lancar melalui PH nya yang netral.

Minuman selanjutnya yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi asam lambung naik saat puasa adalah jahe hangat. Jahe adalah tanaman yang mempunyai sifat anti inflamasi alami. Hal itu membuat jahe bisa mengobati rasa mulas dan juga masalah lain yang terjadi dalam pencernaan.

Baca juga  5 Manfaat Daun Ubi bagi Kesehatan Tubuh

Minumlah air rebusan jahe yang masih hangat, maka asam lambung Anda akan segera sembuh. Teh herbal dan juga susu rendah lemak juga dapat menjadi obat asam lambung Anda. Jika Anda mengalami rasa mual dan juga gas pada perut, dapat juga diobati dengan teh hangat.

Akan tetapi jangan meminum produk teh herbal yang di dalamnya mengandung peppermint dan juga spearmint. Minumlah teh herbal yang tidak ada kandungan kafein seperti licorice, elm licin, dan chamomile. Penderita asam lambung juga sangat disarankan untuk meminum susu nabati dan susu rendah lemak.

Susu berkhasiat menurunkan asam di dalam lambung. Susu yang kandungan lemaknya rendah adalah susu kedelai, Anda dapat mencoba meminumnya untuk mengatasi asam lambung Anda. Susu almond juga bisa Anda coba. Disarankan untuk meminum susu sapi karena lemaknya yang tinggi dan sulit untuk dicerna.

Selanjutnya, cobalah meminum air kelapa yang merupakan larutan elektrolit dan mengandung pottasium yang sangat berguna untuk mengobati asam lambung. Masih banyak lagi variasi minuman lainnya yang digunakan sebagai cara mengatasi asam lambung naik saat puasa.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

45
45 upvote
mrzuhdy

Emperor

Dokter medis yang aktif memberikan pelayanan kesehatan di salah satu puskesmas di Provinsi Sumatera Utara. Saat ini juga aktif berbagi informasi dan pengetahuan kesehatan di situs DrZuhdy.com