Cara Mengetahui Ciri-ciri Penyakit Batu Ginjal

Kenali ciri-ciri dari penyakit batu ginjal, agar dapat dicegah dan ditangani sedari dini.2 menit


48
48 upvote
Cara Mengetahui Ciri-ciri Penyakit Batu Ginjal 1

Pahami ciri-ciri penyakit batu ginjalagar dapat melakukan pencegahan dan pengobatan sedari dini. Karena pencegahan sedari dini akan dapat menghindarkan risiko buruk dari penyakit batu ginjal yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan ginjal jika tidak secepatnya ditangani lewat pengobatan dan perawatan yang tepat serta aman.

Sebab, jika ginjal sudah tidak berfungsi dengan normal, maka penyakit yang lain pun akan mengikuti, seperti diabetes, hipertensi, anemia, infeksi saluran kemih, kista, penyakit jantung dan pembuluh darah jantung, serta penyakit-penyakit berbahaya lainnya.

Risiko yang muncul akibat ginjal yang tidak berfungsi dengan normal, disebabkan karena ginjal memiliki peran yang sangat penting di dalam membangun keseimbangan dari fungsi organ-organ  tubuh.

Beberapa fungsi dari ginjal diantaranya adalah: menyaring sisa-sisa metabolisme tubuh serta cairan yang berlebihan dari darah, menghasilkan enzim renin yang membantu mengatur tekanan darah, mengatur kadar senyawa kimia pada tubuh agar jantung dan otot-otot dapat berfungsi dengan normal, menjaga keseimbangan mineral dan kadar darah dalam tubuh, serta memproduksi senyawa aktif untuk menjaga kesehatan tulang.

Baca juga  5 Bahan Alami yang Efektif untuk Mengatasi Kista Ganglion

Cara Mengetahui Ciri-ciri Penyakit Batu Ginjal 3

Mengenal Penyakit Batu Ginjal

Untuk mengetahui ciri-ciri penyakit batu ginjal, ada baiknya jika terlebih dahulu memahami apa yang dimaksud dengan penyakit batu ginjal.

Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa penyakit batu ginjal adalah penyakit yang disebabkan oleh penumpukan benda-benda organik dan mineral pada bagian ginjal, yang menyebabkan terjadinya pengendapan garam kalsium pada kantong kemih, saluran ginjal dan rongga ginjal. Endapan garan kalsium itulah yang kemudian membentuk semacam kristal yang biasa disebut dengan batu ginjal.

Memahami ciri-ciri penyakit batu ginjal perlu dilakukan karena penyakit ini ada yang terbentuk tanpa didahului dengan adanya gejala. Sehingga tanpa sadar penderita sudah melewati tahap awal menuju tahap lanjut, bahkan sudah dalam keadaan akut, sehingga berdampak buruk pada organ-organ tubuh yang lain.

Baca juga  Waspadalah, Minuman Bersoda Bisa Jadi Biang Berbagai Penyakit

Jika sudah dalam kondisi demikian, bukan hanya ginjal saja yang diserang penyakit tapi juga bagian tubuh yang lain, sehingga penderita mengalami komplikasi berbagai macam penyakit.

Cara Mengetahui Ciri-ciri Penyakit Batu Ginjal

Cara Mengetahui Ciri-ciri Penyakit Batu Ginjal 4

Adapun  ciri-ciri penderita penyakit batu ginjal diantaranya adalah:

  • Warna urine yang abnormal yakni berwarna kemerahan agak pekat atau kecoklat-coklatan sebagaimana warna teh.
  • Pada saat buang air kecil, saluran kencing terasa sangat nyeri, dan rasa nyeri tersebut terjadi terus menerus disaat sedang kencing.
  • Rasa nyeri tidak hanya terjadi pada saat buang air kecil, tapi juga dirasakan pada bagian punggung di bawah panggul atau kolik renalis yang merupakan tempat ginjal.
  • Rasa nyeri juga dirasakan pada tulang pinggang, tulang rusuk, dan terus menjalar ke perut, daerah di sekitar kemaluan, serta paha sebelah dalam.
  • Ciri-ciri terkena batu ginjal yang lainnya adalah penderita sering merasa mual dan muntah disertai dengan demam yang membuat suhu badan naik, namun penderita menggigil.
Baca juga  Buah - Buahan Ini Terbukti Ampuh untuk Mengusir Kolesterol

Jika ciri-ciri penyakit batu ginjal sebagaimana tersebut di atas mulai dirasakan, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menerapkan gaya hidup sehat dengan senantiasa memperhatikan asupan makanan, baik porsinya maupun nilai gizi yang terdapat pada makanan tersebut guna meminimalisir pembentukan batu ginjal.

Lakukan diet rendah kalsium, dan minum air putih minimal 8 – 10 gelas sehari. Tapi jika penyakit ini sudah masuk pada tahap lanjut dan akut, maka langkah satu-satunya adalah lewat penanganan medis. (*)


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

48
48 upvote
aguskurniawan

Legend