Kesehatan   

Cara Menggunakan Daun Sirih untuk Program Diet & Manfaatnya


Cara Menggunakan Daun Sirih untuk Program Diet & Manfaatnya 1

Manfaat daun sirih sebagai obat herbal maupun untuk perawatan kecantikan sudah dikenal oleh nenek moyang kita sejak dahulu kala. Salah satunya adalah cara diet dengan memanfaatkan daun sirih.

Dengan menggunakan daun sirih sebagai sarana diet, bukan hanya lemak-lemak saja yang akan luruh, tapi juga toksin atau racun-racun yang terdapat di dalam tubuh akan terbuang bersama urine dan feses. Sehingga selain untuk melangsingkan tubuh, daun sirih juga bermanfaat untuk menyehatkan badan.

Menariknya, diet dengan menggunakan daun sirih memiliki manfaat ganda. Manfaat pertama tentu saja untuk membakar lemak-lemak yang membuat tubuh kelebihan berat badan, sedang manfaat kedua adalah menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Baca juga  Manfaat Daun Melati Untuk Kesehatan Tubuh, Tidak Hanya Untuk Jadi Bahan Teh

Cara Menggunakan Daun Sirih untuk Program Diet & Manfaatnya 3

Hal tersebut disebabkan karena daun sirih mengandung sejumlah senyawa yang memiliki efek farmakologi, seperti flavonoid, minyak atsiri, alkoloid, terpenena, kavicol, eugenol, fenil propada, pcymene, cineole, kavibetol, tanin, karvakrol, hidroksokavicol, dan saponin.

Cara Melakukan Diet dengan Menggunakan Daun Sirih

Cara menurunkan berat badan dengan memanfaatkan daun sirih, tentunya dengan menggunakan daun sirih sebagai ramuan untuk diminum. Adapun 3 cara yang dapat dilakukan untuk membuat ramuan tersebut, adalah sebagai berikut:

1. Rebus 40 lembar daun sirih bersama 11 gelas air, 1 sendok teh adas manis, dan 1 sendok makan garam di atas api kecil hingga mendidih. Diamkan air rebusan tersebut hingga dingin lalu saring untuk diambil airnya.

Baca juga  Manfaat Daun Sirih Untuk Gigi

Cara Menggunakan Daun Sirih untuk Program Diet & Manfaatnya 4

Minumlah ramuan tersebut 3 kali sehari, dan sisanya simpan ditempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari secara langsung. Namun jangan simpan sisa ramuan yang belum diminum ke dalam almari es, karena dampaknya justru akan membuat badan menjadi gemuk dan perut menjadi buncit.

3. Siapkan satu genggam daun sirih dan 5 ruas kunyit serta cincang kedua bahan tersebut. Masukkan ke dalam air sebanyak 2 gelas, tambahkan 2 sendok teh biji jintan hitam dan rebus di atas api kecil hingga mendidih. Setelah didinginkan dan disaring, tambahkan 3 sendok madu untuk setiap gelas ramuan, dan minum secara rutin satu gelas sehari selama 1 bulan.

Baca juga  6 Panduan Diet Sebelum Menikah, Cocok Bagi Calon Pengantin

3. Cara diet menurunkan berat badan dengan pemanfaatan daun sirih yang ketiga adalah dengan menggunakan 20 lembar daun sirih dan 4 ruas rimpang temu kunci serta air mineral satu gelas.

Jadikan satu bahan-bahan tersebut lalu tumbuk sampai lumat atau dapat juga diblender hingga halus. Peras ramuan tersebut dan tempatkan ke dalam gelas. Minum ramuan pada pagi dan malam hari sebanyak setengah gelas untuk setiap kali minum.

Demikian 3 cara untuk membuat ramuan diet dengan memanfaatkan daun sirih yang bisa memberikan manfaat ganda. (*)

Cara Menggunakan Daun Sirih untuk Program Diet & Manfaatnya 5


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments