Kesehatan   

5 Cara Menghilangkan Karang Gigi tanpa Perawatan Dokter


cara menghilangkan karang gigi

Cara menghilangkan karang gigi – Karang gigi atau yang biasa disebut kalkulus gigi merupakan salah satu masalah kesehatan pada mulut yang sering kita jumpai di masyarakat. Tidak hanya mengganggu penampilan tapi karang gigi juga dapat memicu timbulnya berbagai penyakit serius seperti radang gusi.

Biasanya, dokter akan membersihkan gigi anda dengan menggunakan berbagai peralatan khusus. Tentu saja, biaya yang dikenakan untuk perawatan tersebut juga tidak murah. Bagi anda yang tidak ingin menggunakan perawatan dokter, ada cara menghilangkan karang gigi secara alami yang bisa anda praktekan sendiri di rumah.

Baking Soda

5 Cara Menghilangkan Karang Gigi tanpa Perawatan Dokter 1

Baking soda dipercaya cukup ampuh menghilangkan plak dan noda menguning pada gigi. Bahan ini mampu mengembalikan warna putih gigi dengan cepat secara alami. Anda hanya perlu membuat pasta gigi anda sendiri yang terbuat dari campuran baking soda dan garam. Tambahkan sejumput garam pada 1 sendok makan baking soda yang sudah disiapkan dalam mangkok dan aduk rata. Setelah itu, celupkan sikat gigi anda pada larutan baking soda ini. Gunakan untuk menyikat gigi seperti biasa selama kurang lebih 2 menit. Kemudian, jangan lupa berkumur sampai bersih. Lakukan secara rutin agar anda bisa mendapatkan hasil yang optimal.

 

Baca juga  Pengen Kurus?! Tidur Aja!

Mengunyah Daun Sirih

5 Cara Menghilangkan Karang Gigi tanpa Perawatan Dokter 2

Mengunyah daun sirih selama beberapa menit setiap harinya dapat membantu anda menghilangkan plak yang menempel pada gigi. Ini adalah cara alami yang sudah dilakukan oleh nenek moyang kita sejak zaman dahulu, sebelum ada pasta gigi tentunya. Dengan daun sirih, plak-plak dapat dihilangkan secara alami dan membuat gigi terlihat jauh lebih putih. Tidak hanya itu, rutin mengunyah daun sirih juga akan membuat gigi lebih kuat dan tidak mudah tanggal. Sementara itu, senyawa antibakteri yang terdapat pada daun sirih dapat membunuh bakteri penyebab berbagai masalah kesehatan pada mulut, gigi, dan gusi. 

 

Baca juga  5 Hewan yang Memiliki Gigi Paling Menakutkan

Biji Wijen

5 Cara Menghilangkan Karang Gigi tanpa Perawatan Dokter 3

Jika anda ingin cara menghilangkan karang gigi tanpa harus pergi ke dokter, anda dapat menggunakan biji wijen. Seperti halnya daun sirih, mengunyah biji wijen secara teratur juga terbukti ampuh menghilangkan karang yang menempel pada gigi. Anda hanya perlu menyiapkan segenggam biji wijen untuk dikunyah setiap harinya selama beberapa menit, kemudian ludahkan. Jangan lupa berkumur untuk menghilangkan sisa-sisa biji wijen pada mulut anda. Sebagai alternatif, anda juga dapat memasukkan segenggam biji wijen ke dalam mulut dan kemudian menggosoknya pada gigi dengan menggunakan sikat gigi. Biji wijen pada mulut anda akan berfungsi sebagai scrub alami yang akan membersihkan gigi dari plak. 

 

Jus Lemon

5 Cara Menghilangkan Karang Gigi tanpa Perawatan Dokter 4

Jus lemon tidak hanya minuman yang menyegarkan dan menyehatkan bagi tubuh. Asam yang terkandung pada jus lemon mampu menghancurkan karang gigi dan membuatnya lebih putih. Caranya, anda hanya perlu mencelupkan sikat gigi ke dalam jus lemon. Kemudian, gosoklah gigi anda menggunakan sikat yang telah dilumuri jus lemon selama kurang lebih 1 menit. Namun, pastikan anda tidak menggosok gigi terlalu lama dengan larutan tersebut. Hal itu karena penggunaan asam yang berlebihan pada jus lemon dapat menyebabkan gigi mudah keropos.

 

Baca juga  Fakta Tentang Kopi Bagi Tubuh, Kalian Wajib Tau

Cuka Putih

5 Cara Menghilangkan Karang Gigi tanpa Perawatan Dokter 5

Cara menghilangkan karang gigi secara alami yang terakhir adalah dengan menggunakan cuka putih. Larutan yang terbuat dari campuran 2 sendok teh cuka putih, 1 sendok teh garam, dan setengah gelas air hangat dipercaya dapat menghancurkan plak gigi secara efektif. Selain itu, cuka putih juga efektif mencegah terbentuknya karang baru pada gigi.

Itulah 5 metode untuk menghilangkan karang gigi dengan bahan alami yang dapat anda coba sendiri dirumah tanpa perlu kedokter & merogoh kantong dengan biaya mahal. Namun bila karang gigi anda sudah parah, mau tidak mau anda membutuhkan bantuan dokter.

5 Cara Menghilangkan Karang Gigi tanpa Perawatan Dokter 6


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Bombom

   

Saya adalah seekor beruang yang memiliki hobi menulis konten agar spesies saya lebih dihargai di planet bumi yang kejam ini.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments