Kesehatan   

Daftar Makanan Peninggi Badan Paling Aman Dikonsumsi Setiap Hari


Daftar Makanan Peninggi Badan Paling Aman Dikonsumsi Setiap Hari 1

Berbicara tentang makanan peninggi badan yang ada dibenak kita pasti kalsium dan susu. Semua orang pasti percaya bahwa dalam susu terkandung nutrisi pertumbuhan yang dinamakan kalsium. Itulah sebabnya sejak kecil kita dianjurkan rutin minum susu agar cepat besar cepat tinggi.

Tetapi apakah setiap orang suka minum susu? Tentu saja tidak. Bahkan ada sebagian orang yang justru alergi terhadap susu. Baik susu sapi maupun susu kedelai.

Daftar Makanan Peninggi Badan

Perlu diketahui bahwa selain kalsium ada beberapa nutrisi lain yang juga dapat membantu memaksimalkan masa pertumbuhan dan dapat menambah tinggi badan. Sebut saja yang paling umum kita dengar yaitu vitamin D, Vitamin A, vitamin B, vitamin C, protein, mineral dan zat besi.

Untuk mendapatkan nutrisi-nutrisi tersebut tidaklah sulit, karena bisa kita dapatkan dari menu makanan kita sehari-hari. Berikut ini adalah makanan terbaik untuk meningkatkan tinggi badan.

Susu

Susu

Susu dan produk turunannya seperti yogurt dan keju mengandung banyak kalsium yang sangat diperlukan dalam pembentukan dan pertumbuhan tulang dan gigi. Susu merupakan sumber bahan makanan peninggi badan yang sangat popular di masyarakat.

Produk-produk susu dan turunannya sudah banyak tersedia di toko-toko makanan terdekat ataupun di supermarket sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya.

 

Telur

Telur sering dijadikan sebagai menu diet para atlet dan binaragawan. Telur mengandung nutrisi protein, kalsium dan vitamin yang dapat membantu pertumbuhan tinggi badan. Cara terbaik mengkonsumsi telur adalah dengan direbus agar nutrisi didalamnya tetap terjaga.

 

Ikan

Tak kalah populernya dengan susu, ikan juga merupakan makanan terbaik untuk meninggikan badan yang murah dan mudah didapat. Ikan mengandung protein, fosfor dan mineral tinggi yang berguna dalam membantu proses pertumbuhan.

Baca juga  6 Tips Atasi Insomnia, Tak Perlu Obat tidur

Anak kecil bahkan ibu hamil sangat dianjurkan mengkonsumsi ikan untuk kesehatan tulang, gigi, jaringan kulit dan otot.

 

Brokoli Brokoli

Brokoli merupakan sumber vitamin B yang mudah kita jumpai, bahkan bisa kita beli di tukang sayur keliling. Kandungan Riboflavin didalamnya dipercaya membantu pertumbuhan tulang, gigi, rambut dan kulit.

 

Bayam

Sebagai salah satu sumber makanan bernutrisi terbaik untuk tubuh, bayam sangat mudah dijumpai, tak jarang dibudidayakan secara mandiri oleh masyarakat. Pertumbuhannya cepat hanya butuh waktu 3-4 bulan dari proses penanaman bayam sudah bisa dipanen.

Bayam merupakan sumber serat, kalsium, vitamin dan zat besi yang berguna dalam membantu proses pertumbuhan secara vertikal.

 

Kacang-kacangan

Biasa digunakan sebagai cemilan sehat dan masuk dalam daftar menu diet, kacang-kacangan ternyata merupakan makanan peninggi badan.

Kandungan nutrisi didalamnya seperti protein, vitamin, serat, asam folat serta karbohidrat yang mampu merangsang produksi hormon pertumbuhan (HGH). Sehingga tubuh bertambah tinggi beberapa inch.

 

Lobak

Jenis sayuran yang masih satu keluarga dengan kol atau kobis-kobisan ini mengandung nutrisi dan vitamin yang cukup banyak. Diantaranya kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, seng, vitamin B, vitamin C dan vitamin K. Nutrisi-nutrisi tersebut berperan aktif dalam pertumbuhan dan kesehatan tubuh.

 

Buah-buahan

Buah-buahan

Berbicara buah-buahan sangat identik dengan vitamin C. Vitamin C atau asam askorbat sangat dianjurkan dikonsumsi anak-anak sejak balita. Vitamin C merupakan zat pembangun yang berguna bagi kesehatan tulang, gigi, dan kekebalan tubuh yang pada akhirnya menunjang pertumbuhan secara keseluruhan.

Salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin C adalah jeruk. Adapun buah lain seperti melon, plum, pisang, kiwi, jambu, stroberi, alpukat juga mengandung vitamin C dan dapat dijumpai dengan mudah.

 

Bok choy

Bok choy atau kubis Cina merupakan sayuran yang efektif untuk menambah tinggi badan, karena kaya akan kandungan mineral, serat, vitamin dan karbohidrat.  Dengan mengonsumsi kubis Cina  secara rutin, hormon pertumbuhan akan terangsang sehingga dapat mempercepat pertumbuhan tinggi badan.

Baca juga  7 Tanda Tanda Hamil Yang Penting Anda Ketahui

 

Rhubarb

Rhubarb

Rhubarb adalah tumbuhan semacam talas atau pohon keladi yang kerap dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit diabetes. Tumbuhan ini dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah atau dimasak terlebih dahulu.

Untuk memacu pertumbuhan tinggi badan, Rhubarb disarankan untuk dikonsumsi secara rutin 3-4 kali dalam seminggu guna merangsang sekresi hormon pertumbuhan dalam tubuh.

 

Produk olahan susu

Tidak hanya susu, berbagai produk olahan susu seperti yoghurt dan keju juga memberi dampak yang maksimal untuk memacu pertumbuhan tinggi badan. Hal tersebut disebabkan karena produk olahan susu kaya akan protein dan kalsium serta vitamin A, B, D, dan E.

 

Pati dan biji-bijian

Manfaat pati dan biji-bijian untuk memacu pertumbuhan tinggi badan disebabkan karena mengandung karbohidrat untuk memenuhi kalori yang dibutuhkan oleh tubuh serta mengandung zat besi, magnesium, selenium serat dan vitamin B yang baik untuk pertumbuhan.

 

Oatmeal

Oatmeal

Oatmeal yang merupakan sumber protein nabati,  dapat membantu mengurangi lemak serta meningkatkan massa otot sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari jika ingin menambah tinggi badan.

 

Kedelai

Tinggi badan seseorang dapat dipacu dengan rajin mengkonsumsi kedelai yang mengandung protein, folat, fiber dan vitamin yang bermanfaat dalam meningkatkan massa dan kepadatan tulang. Menurut pakar nutrisi, dengan mengkonsumsi kedelai setiap hari minimal 50 gram, maka kesehatan tulang akan senantiasa terjaga.

 

Okra

Sayuran yang bernama Okra ini dipercaya dapat meningkatkan tinggi badan secara bertahap jika dikonsumsi secara rutin. Khasiatnya yang ampuh untuk memacu pertumbuhan tinggi badan tersebut disebabkan karena sasyuran ini mengandung protein, karbohidrat, kalsium, serat dan berbagai macam vitamin serta mineral.

Baca juga  5 Makanan Yang Wajib Dihindari dan Tidak Dikonsumsi Saat Perut Kosong

 

Kecambah

Kecambah

Mengkonsumsi kecambah juga tidak boleh dilewatkan jika ingin memacu pertumbuhan tinggi badan, karena kandungan kalsium dan protein yang terdapat pada kecambah selain dapat meningkatkan kesuburan juga membantu proses pertumbuhan badan.

Hanya saja, jika ingin memperoleh hasil yang maksimal, kecambah harus dikonsumsi dalam keadaan mentah atau dimasak setengah matang agar nutrisi yang terkandung tidak hilang.

 

Perlunya Gizi Seimbang di Masa Pertumbuhan

Prinsipnya adalah mengkonsumi makanan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai kebutuhan dengan tetap memperhatikan keanekaragaman atau variasi makanan, aktifitas fisik, kebersihan dan berat badan ideal.

Jangan hanya terfokus pada satu jenis makanan saja dan dikonsumsi terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Hal ini tentunya berdampak negatif bagi pertumbuhan, perkembangan dan kesehatan tubuh.

Penting untuk selalu mengkonsumi air putih sesuai kebutuhan tubuh setiap harinya. Konsumsi minyak atau makanan berlemak dalam jumlah yang sedikit. Lakukan aktifitas fisik terutama di pagi hari.

makanan peninggi badan

Berjemur di pagi hari bermanfaat juga untuk menambah asupan vitamin D ke dalam tubuh. Sinar matahari dipercaya mengandung vitamin D yang dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi, murah dan bisa didapat setiap hari.

 

Fakta tentang Pertumbuhan Tinggi badan

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menambah tinggi badan seperti mengkonsumsi makanan peninggi badan. Akan tetapi kembali lagi kepada bentuk tubuh seseorang termasuk tinggi badan dipengaruhi oleh factor genetic.

Orang tua dengan tinggi badan ideal ataupun di atas rata-rata umumnya akan menghasilkan keturunan dengan tinggi badan yang serupa. Begitu juga sebaliknya.

Perlu diketahui pula bahwa proses penambahan tinggi badan akan berhenti ketika memasuki usia yang tidak lagi remaja. Setiap orang berhak melakukan yang terbaik dalam mendapatkan tinggi badan impian, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan peninggi badan.

Daftar Makanan Peninggi Badan Paling Aman Dikonsumsi Setiap Hari 3

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan