Kesehatan    , Hewan   

Hobi Pelihara Hewan, Ini 7 Manfaat Yang Wajib Kamu Tau


Hobi Pelihara Hewan, Ini 7 Manfaat Yang Wajib Kamu Tau 1

Bagi sebagian orang, memelihara hewan adalah sebuah panggilan alam dan kesenangan tersendiri. Bahkan saking cintanya terhadap hewan peliharaan, mereka sudah menganggap hewan tersebut sebagian dari anggota keluarga.

Entah, apapun hewan peliharaanmu, misalnya anjing, kucing, burung bahkan kelinci ternyata memelihara hewan memiliki manfaat bagi kesehatan kekuarga lho! Penasaran?

Berikut ini ulasan kami terkait 7 manfaat memiliki hewan peliharaan.

 

1. Mengusir stres

Hobi Pelihara Hewan, Ini 7 Manfaat Yang Wajib Kamu Tau 3

Stres mungkin hampir dialami setiap orang. Stres akan mengakibatkan tubuh memproduksi hormon kortisol secara berlebih. Selain itu stres juga bisa menyebabkan tekanan darah, jika dibiarkan. Daya imun tubuh juga bisa menurun akibat stres, sehingga tubuh akan dengan mudah terserang penyakit.

Memelihara hewan piaraan bisa menjadi alternatif untuk mengusir stres. Dengan memelihara hewan, kamu sama saja dengan melakukan aktifitas yang menyenangkan. Apalagi jika pelihara hewan merupakan hobi kamu. Bermain bersama binatang dapat menurunkan hormon kortisol sembari meningkatkan hormon serotonin, oksitosin, dan dopamin dalam tubuh.

Dua hormon tersebut merupakan hormon yang dapat menciptakan rasa bahagia, senang dan ketenangan ketika kita dilanda stres. Hal yang menarik adalah hormon tersebut akan mengalami kenaikan setelah semakin lama kita bermain bersama binatang.

 

Baca juga  Manfaat Daun Jambu Biji bagi Kesehatan

2. Menyehatkan jantung

Hobi Pelihara Hewan, Ini 7 Manfaat Yang Wajib Kamu Tau 4

Tidak hanya makanan dan minuman yang dapat menyehatkan jantung. Memelihara hewan piaraan di rumah juga dapat menyehatkan jantung kamu. Dari beberapa penelitian menegaskan memelihara hewan piaraan dapat menurunkan trigliserida dan kolesterol yang dapat menjadi pemicu penyakit jantung.

Selain itu, ikatan batin antara majikan dan hewan piaraan juga dapat menurunkan tensi darah akibat stres. Penelitian lainnya menyebutkan seseorang yang mengidap penyakit jantung yang memelihara hewan kesayangan dapat bertahan lebih lama ketimbang yang tidak memilikinya.

 

3. Mencegah alergi

Hobi Pelihara Hewan, Ini 7 Manfaat Yang Wajib Kamu Tau 5

Banyak orang mengira, anak yang tinggal satu atap dengan hewan berbulu, seperti anjing ataupun kucing akan rentan terhadap alergi. Oleh karena itu, banyak anjuran untuk tidak memelihara binatang karena ditakutkan terkena alergi.

Namun, menurun seorang dokter anak dari university of Wisconsin-Madison, Amerika Serikat menyimpulkan dari berbagai penelitian bahwa anak-anak yang memiliki hewan peliharaan berbulu dirumah ternyata berisiko lebih rendah terhadap alergi dan asma. Keberadaan hewan piaraan justru dapat membantu menguatkan sistem imun anak, karena mereka sudah terbiasa terpapar alergen.

 

Baca juga  Konsumsi Makanan & Minuman Ini Kebanyakan Maka Kamu Akan Lemes

4. Mengurangi rasa sakit

Hobi Pelihara Hewan, Ini 7 Manfaat Yang Wajib Kamu Tau 6

Selain menjadikan rasa bahagia, hewan piaraan juga bisa menjadi alternatif mempercepat pemulihan pasca operasi. Hal tersebut, dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Anthrozoos, yang menyatakan orang yang sedang menjalani masa pemulihan pasca operasi, menghabiskan waktu selama 15 dengan bermain bersama hewan piaraan lebih sedikit meminum obat anti nyeri. Sementara orang yang tidak didampingi hewan piaraan pasca operasi lebih banyak meminum obat pereda nyeri.

 

5. Membantu mengobati kanker

Hobi Pelihara Hewan, Ini 7 Manfaat Yang Wajib Kamu Tau 7

Peranan hewan peliharaan sebagai pendamping pasien, nampaknya sudah tidak diragukan lagi. Selain dapat membantu pemulihan pasca operasi, hewan piaraan juga dapat membantu mengobati kanker.

Cara kerja proses meringankan penyakit kanker dengan hewan piaraan sama dengan melepaskan stress. Hewan piaraan akan membantu pikiran pasien lebih tenang, dengan bermain bersama binatang piaraan.  

 

Baca juga  5 Anjing Terpanjang di Dunia, Mau Pelihara?

6. Mengusir kesepian

Hobi Pelihara Hewan, Ini 7 Manfaat Yang Wajib Kamu Tau 8

Kesepian bisa dirasakan siapa saja. Jika dibiarkan rasa sepi dapat berkembang menjadi depresi, penyakit jantung, hingga alzheimer bahkan demensia dimasa depan. Jika kamu merasakan kesepian, tak ada salahnya jika kamu mengadopsi binatang berbulu yang lucu untuk menemani keseharian kamu, menghilangkan rasa sepi. Cara ini, cukup efektif untuk menghilangkan rasa kesendirian.

 

7. Mengoptimalkan kerja otak

Hobi Pelihara Hewan, Ini 7 Manfaat Yang Wajib Kamu Tau 9

Belajar dan bekerja mungkin selama ini yang dipercayai sebagai kegiatan untuk mengasah otak. Namun percaya atau tidak, memiliki hewan peliharaan juga dapat membantu mengasah otak, terutama menajamkan kognitif otak. Fungsi kognitif termasuk kemampuan untuk berpikir, mengingat, memperhatikan, memecahkan masalah, membuat keputusan, hingga berbahasa.

Nah, itu 7 manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memeliharan hewan piaraanl bagaimana? Menarik bukan?

 

Hobi Pelihara Hewan, Ini 7 Manfaat Yang Wajib Kamu Tau 10

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Asih Kurniaty