Peduli dengan Kesehatan & Kecantikan? Simak Beberapa Manfaat Cuka Apel Berikut Ini

2 menit


84
84 upvote
manfaat cuka apel

Bila sebelumnya cuka apel seringkali digunakan di dapur sebagai penambah citarasa makanan, siapa sangka bila manfaat cuka apel sebenarnya lebih dari itu. Cuka apel juga memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan dan kecantikan, lho. Bagi Anda yang belum tahu, berikut ini adalah beberapa ulasannya :

 

Dapat menyeimbangkan pH kulit wajah

Cuka apel yang bersifat asam ini ternyata memiliki efek bagus untuk kulit wajah Anda, lho. Salah satu manfaat cuka apel untuk kesehatan dan kecantikan adalah membantu menyeimbangkan pH kulit wajah Anda. Anda tentu sering merasa pada waktu tertentu kulit wajah Anda terlalu berminyak dan di waktu yang lain terasa sangat kering hingga timbul dry patch. Salah satu penyebab terjadinya hal ini adlaah pH kulit yang tidak seimbang.

Nah, sebagai pilihan solusinya, Anda dapat memilih untuk menggunakan cuka apel ini sebagai salah satu cara merawat dan menyeimbangkan pH kulit wajah Anda sehingga tidak timbul masalah – masalah kulit lainnya. 

Baca juga  Manfaat Buah Naga Untuk Perawatan Kecantikan

 

Membantu menghilangkan racun (toksin) dari kulit

Manfaat cuka apel bagi kesehatan dan kecantikan lainnya adalah membantu menghilangkan toksik atau racun dari kulit. Tidak dapat dipungkiri, saat beraktivitas sehari – hari, Anda tak akan bisa lepas dari polusi dan radikal bebas yang dapat berpengaruh pula pada kesehatan kulit Anda. paparan polusi dan radikal bebas ini dapat menyebabkan kulit tampak kusam hingga timbul jerawat. Sebagai salah satu solusi, Anda dapat menggunakan cuka apel untuk membersihkan dan merawat kulit Anda.

Dalam cuka apel, terdapat kandungan beta karoten yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan kulit akibat paparan racun (toksin) dan mencegah timbulnya kerusakan kulit. Cuka apel dapat Anda aplikasikan sebagai toner wajah dengan mencampurnya dengan air dalam perbandingan 2 :1, atau menjadikannya sebagai masker wajah rutin dengan menambahkannya dengan madu.

 

Baca juga  Buah - Buahan Ini Terbukti Ampuh untuk Mengusir Kolesterol

Berperan untuk mengecilkan pori – pori wajah

Pori – pori wajah yang besar juga menjadi salah satu masalah kulit wajah yang sering terjadi pada banyak orang. Salah satu solusi untuk mengecilkan pori – pori wajah adalah dengan menggunakan produk kecantikan dengan kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA). Bila Anda takut menggunakan skincare dengan banyak kandungan bahan kimia, Anda dapat memilih menggunakan cuka apel yang memiliki kandungan AHA alami. Selain mendorong pembentukan sel kulit baru, kandungan AHA ini juga mampu membantu Anda memperbaiki tekstur kulit dengan mengecilkan pori secara bertahap. 

 

Membantu mengatasi  beragam masalah kulit wajah 

Manfaat cuka apel lainnya untuk kesehatan dan kecantikan adalah membantu mengatasi berbagai masalah kulit wajah Anda, mulai dari jerawat hingga bintik – bintik hitam (flek) yang dapat berangsur timbul akibat penuaan. Jerawat membandel dapat Anda atasi dengan menggunakan cuka apel, karena di dalamnya terdapat kandungan asam malat sebagai anti jamur dan anti bakteri alami. Anda dapat mengaplikasikan cuka apel ini sebagai toner wajah untuk menghindarkan tercampurnya minyak, kotoran, dan bakteri yang menjadi penyebab utama timbulnya jerawat. 

Cuka apel (apple cider vinegar) ini juga memiliki kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang tentunya juga sering Anda temukan dalam produk kecantikan dan kosmetik untuk membuat wajah tampak cantik mempesona. Kandungan AHA dalam cuka apel ini dapat membantu mengikis kulit mati, flek hitam hingga bekas jerawat, dan mendorong terbentuknya sel kulit baru yang lebih sehat, sehingga tampilan kulit wajah Anda akan semakin sempurna. 

Baca juga  Selain Memperlancar Air Susu, Manfaat Daun Katuk bagi Kesehatan juga Melimpah

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

84
84 upvote
Isti Wulandary

Novice