Mau Corona Beres! Lakuin 2 Kunci Utama Hadapi Corona Ini!

Lakuin ini bro!!!


Kayaknya sekarang ini berita buruk tentang corona terus aja muncul. Ogut sendiri bingung, kenapa yang muncul kebanyakan berita buruk terus sih? Apa nggak ada berita baik gitu soal corona yang bisa bikin hati jadi lebih tenang? Ogut sempet marah sama media karena isinya berita buruk semua. Tapi nggak bisa juga marah sama media, kan mereka cuma memberitakan apa adanya saja. Bukan yang memilih berita dan mengada-ada. Kalau ternyata masih berita buruk semua isinya ya mungkin karena emang kondisinya lagi buruk banget dan belum sampek puncaknya.

Tapi di luar itu, ogut pengen banget nyampein ini ke semua orang di Indonesia. Ogut tuh punya solusi biar corona ini cepet beres. Kuncinya pun dikit, cuma 2. Nggak 4, 5 atau 11, atau berapapun. Dua aja kuncinya. Nih, ogut kasih!

Pemerintahan yang Cepat dan Terbuka

Ini adalah kunci pertama corona cepet beres. Kuncinya mau nggak mau harus ada di tangan pemerintahan. Coba bayangin kalau sedari dulu, awal corona muncul dan mulai merebak di China, negara kita langsung memberlakukan lockdown, kita pasti bisa mengendalikan Corona.

Ogut paham, pasti pada bilang “akan berdampak ke ekonomi”. Okay, tapi pemerintah kan punya tim. Bukan yang kosong melompong isinya nggak ada orang pinter. Orang pinter semua di pemerintahan itu. Kenapa nggak dilakukan lockdown at least 3 hari, dan selama 3 hari itu pemerintah membuat aturan yang lebih jelas dalam menghadapi corona ini. Dari pada kayak sekarang, kondisi makin amburadul. Tapi ya udahlah ya, itu udah lewat. Sekarang yang bisa dilakukan pemerintah ya menggalakkan segalak-galaknya segala upaya untuk menghentikan corona. Ini virus bukan main-main. Efeknya bukan cuma mati, tapi kehancuran ekonomi.

Baca juga  5 Jenis Kanker Yang Sering Menyerang Anak - Anak, Para Orang Tua Harus Waspada ya !

Selain harus tanggap dan cepat, pemerintah juga harus terbuka. Sampaikan ke publik kondisi yang sebenarnya. Takut dianggap nggak becus? Bukannya dari dulu pemerintah, dari zaman pemerintahan ada, akan selalu ada yang menganggap nggak becus? Jadi kenapa takut bos!? Yang penting terbuka. Seperti apa yang dilakukan oleh Korsel. Kalau terbuka, publik jadi tahu kondisi dan pasti jadi lebih waspada.

Masyarakatnya Jangan Ngeyel!

Kunci kedua yang sangat penting menurut ogut adalah masyarakatnya. Jangan melulu nyalahin pemerintahan woy! Kalau elu disuruh diem di rumah aja nggak mau. Dikasih libur malah ngajak sekeluarga liburan. Gila lu pada ya!? Itu kita disuruh libur biar di rumah aja dan menghentikan penyebaran corona. Elu nyalahin pemerintahan terus tapi elunya bebal dibilangin. Alasannya nggak takut mati lah, corona ciptaan tuhan lah, malah sampek ada yang mempolitisasi. Ngehek ya lu pada! Bener apa kata Bintang Emon. Kalau elu matinya nguap, nggak masalah. Nggak ngrepotin. Elu matinya nggak gitu bos!

Baca juga  Panduan Hohohihek Pas Corona ! Wajib Baca !

Di rumah aja. Apa sih susahnya!? Terutama buat yang bisa. Kalau yang emang harus kerja di luar rumah, ya berlakukan physical distancing. Jaga kesehatan baik-baik. Dan kalau bisa jauhi keramaian. Ini malah ada yang bego sebego-begonya. Bikin acara nikahan di tengah corona dan orang-orangnya pada dateng. Lha kan bego ini. Pejabat pemerintah lagi yang melakukan. Di Blora sana. Gemes sendiri ogut. Kan udah dihimbau. Nurut lah. Pejabat pemerintahan juga nih. Nurut bos! Gedeg bat gua!

Terus kalau corona nggak beres-beres elu nyalahin pemerintahan. Lu gila kali ya! Mengatasi corona ini memerlukan kerjasama antara pemerintahan dan masyarakat. Nih virus ngehek satu ini harus dilawan bersama. Nggak cuma pemerintahan aja yang bergerak. Elu juga! Rebahan aja di rumah. Bosen? Bodo amat sama kebosenan lu. Lu mau mati apa mau bosen?! Kalau mau mati, jangan ngrepotin orang. Pergi ke gunung, bikin kuburanlu sendiri, lu kubur dirilu sendiri.

Kasian itu bos petugas medis. Mereka banting tulang, bertaruh nyawa. 60 orang lebih tertular corona, padahal niatnya bantuin dan nyembuhin malah mereka yang ketularan dan bahkan ada lebih dari 3 orang yang meninggal. Kemanusiaan kalian dimana sih???

Baca juga  Bagaimana Jepang Berhasil Tangani Pandemi Corona Secara Mengejutkan

Juga buat yang pada menimbun APD atau alat Perlindungan Diri, terkutuk kalian bos! Di kondisi bencana macam ini, dalam sudut pandang apapun. Mau milih sudut pandang yang mana? Agama? Agama yang mana? Atau Kemanusiaan? Nggak ada yang membenarkan perilaku kalian bos! Sebutin agama mana yang bilang “mengambil keuntungan kala bencana” itu diperbolehkan. Coba! Ada nggak! Gedeg bat gua!

Udah, itu curhatan ogut. Dishare boleh kagak juga nggak masalah. Cuma ogut rasa itu kunci yang bisa mengakhiri corona ngehek ini. Pemerintah dan masyarakatnya adalah kunci mengakhiri wabah ini. Jangan nyalahin pemerintah mulu. Masyarakat nurut lah sama himbauan pemerintah. Buat  pemerintahannya juga, jangan tertutup, terbuka! Kalian bersama rakyat kok. Yakin ogut! Terbuka aja! Apa sih… mempertahankan posisi politis? Kalau corona (amit-amit, jangan sampek) ngabisin semua rakyat Indonesia ini, siapa yang bakal kalian pimpin? Yang bakal kalian kasih janji-janji manis? Siapa? Nggak ada kan?

Ayolah, bahu membahu melewati kondisi ini! Indonesia Bisa!


PukulTiga

Novice

Penulis yang kadang ngehek. Namanya juga manusia. Ogut yang penting woles dan memberi informasi yang bermanfaat.