Membedah Manfaat Pisang untuk Turunkan Berat Badan & Kesehatan

4 menit


64
64 upvote
Membedah Manfaat Pisang untuk Turunkan Berat Badan & Kesehatan 1

Bukan tanpa alasan jika pisang menjadi buah yang paling banyak digunakan sebagai pencuci mulut. Rasanya yang manis, aromanya yang harum, dan teksturnya yang halus, membuat pisang memiliki daya tarik sendiri.

Lebih dari itu, pisang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, turunkan berat badan dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Alasan itulah yang menjadikan pisang menempati posisi utama diantara berbagai macam buah yang menjadi pendamping saat bersantap.

Nutrisi yang Terkandung pada Buah Pisang

Kandungan Nutrisi Pisang

Besarnya manfaat pisang tidak lepas dari nutrisi yang dikandungnya. Secara umum pisang dengan berbagai macam jenisnya memiliki kandungan gizi yang melimpah. Kandungan karbohidratnya yang tinggi membuat pisang dapat menggantikan nasi dengan nilai kalori berkisar antara 85 – 100 kalori.

Selain itu pada sebuah pisang berukuran 118 gram terdapat 25,8 mg karbohidrat, 1,2 gr protein, 8 mg kalsium, 0,7 gr serat dan 0,2 gr lemak. Tidak hanya itu, pisang juga merupakan antioksidan yang tinggi dan kaya akan kandungan gizi penting karena mengandung 9% potassium, 33% Vitamin B6, 11% Vitamin C, 8% magnesium, 10% tembaga dan 14% mangan.

Jadi tidak salah jika ibu hamil serta bayi yang masih menyusui disarankan untuk menjadikan pisang sebagai tambahan asupan. Begitu juga dengan orang-orang lanjut usia. Artinya, pisang merupakan sumber gizi yang baik bagi siapa saja tanpa memandang batasan usia, karena tidak  mengandung efek samping yang negatif bagi kesehatan tubuh.

 

Manfaat Pisang untuk Turunkan Berat Badan

Pisang turunkan berat badan 1

Pisang sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, karena memiliki sejumlah nutrisi yang efektif untuk membantu program diet. Dijadikannya pisang sebagai menu program diet telah menepis anggapan yang mengatakan hanya buah rendah kalori seperti apel saja  yang dapat membantu program diet.

Baca juga  7 Buah & Sayuran yang Kaya Oksigen, Bagus untuk Tubuhmu!

Pasalnya, kandungan karbohidrat pada pisang dua kali lebih banyak dibandingkan apel serta mengandung Vitamin A lima kali lipat lebih banyak dari apel. Lewat kedua nutrisi itu saja, perut tidak akan mudah lapar meski seharian tidak makan, dan kebutuhan akan kalori juga dapat terpenuhi.

Meskipun kalori yang terdapat pada pisang lebih besar dibanding apel, namun pisang lebih kaya akan vitamin, sehingga memiliki kemampuan yang lebih dalam membakar lemak. Bahkan, untuk mereka yang enggan berolahraga, cukup dengan rutin mengkonsumsi buah pisang, program diet dipastikan akan berhasil.

Membedah Manfaat Pisang untuk Turunkan Berat Badan & Kesehatan 3

Karena meski tidak mengkonsumsi air banyak untuk mengurangi asupan makanan sebagaimana dilakukan oleh mereka yang berolahraga, namun kandungan kalium yang terdapat pada pisang dapat menyeimbangkan kebutuhan cairan di dalam tubuh.

Manfaat pisang untuk menurunkan berat badan, juga disebabkan karena kandungan seratnya yang tinggi. Kandungan serat yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan serta usus tersebut masih ditunjang oleh keberadaan pati resisten yang juga dimiliki pisang.

Lewat serat dan pati resisten itulah kebutuhan makanan bagi bakteri baik senantiasa tercukupi, dan hal tersebut dapat membantu melancarkan proses pembuangan sisa makanan. Dengan lancarnya proses pembuangan menjadikan lemak tidak ada yang mengendap di dalam tubuh.

Kelebihan lain yang dimiliki pisang adalah rendahnya kadar kalori dan lemak, sehingga manfaat pisang bagi penyandang obesitas sudah dapat diketahui hanya dari kedua unsur ini. Maksud dari rendah kalori bukan berarti kalori yang dimilikinya paling rendah diantara buah-buahan yang lain, tapi sebaliknya.

Baca juga  6 Manfaat Mengonsumsi Anggur Merah, Buah Super Kaya Nutrisi

Pisang justru memiliki kalori yang lebih tinggi dibanding buah yang lain, namun tetap dalam batas aman untuk mendukung program diet karena nilai kalori yang dimilikinya tidak mencapai 100, tepatnya 92 kalori.

Membedah Manfaat Pisang untuk Turunkan Berat Badan & Kesehatan 4

Meski dengan nilai kalori yang lebih tinggi dibandingkan buah lain, namun pisang memiliki kelebihan dari sisi kadar lemak yang sangat rendah, yakni hanya 0,5 gram lemak dalam satu buah pisang berukuran sedang.

Disamping itu vitamin yang dimilikinya juga lebih kompleks, karena mengandung Vitamin A, B, dan C, serta sejumlah senyawa yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan, seperti asam folat, magnesium kalium, dan kadar serat yang tinggi. Itu sebabnya manfaat pisang untuk diet layak dipertimbangan dengan menjadikan buah ini sebagai bagian dari menu pokok yang dikonsumsi setiap hari.

 

Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Pengobatan

Pisang untuk kesehatan

Menjadikan pisang sebagai menu diet hanya salah satu dari sekian banyak manfaat yang bisa diperoleh dari buah yang tidak mengenal musim ini. Karena sejatinya pisang juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan mengobati berbagai jenis penyakit.

Beberapa manfaat dari buah pisang untuk kesehatan dan pengobatan diantaranya adalah:

1. Membantu Pencernaan

Tingginya kandungan serat yang terdapat pada buah pisang membuatnya dapat mengurangi risiko sembelit, begitu juga dengan Vitamin C yang dimilikinya, dapat menahan inflamasi yang terjadi pada usus besar.

Bahkan, pisang secara khusus juga dapat dipakai untuk mencegah risiko penyakit usus dan organ pencernaan lainnya dari penyakit berbahaya dengan cara mengkonsumsi pisang bersama dengan segelas susu.

2. Lancarkan Peredaran Darah

Manfaat pisang untuk kesehatan yang lainnya adalah melancarkan peredaran darah lewat kalium yang dimilikinya. Sebab fungsi dari kalium adalah untuk mengatur tekanan darah,  sehingga dengan lancarnya peredaran darah akan membuat risiko penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis penyakit yang disebabkan karena kurang lancarnya peredaran darah dapat ditekan sekecil mungkin.

Baca juga  7 Manfaat Mengonsumsi Sup Miso, Bisa Menangkal Stres Lho!

3. Mengatasi Diabetes

Pisang untuk kesehatan

Bagi para penderita diabetes sangat disarankan untuk mengkonsumsi pisang secara rutin, karena pisang akan membantu diet tinggi serat yang dilakukan para penderita kencing manis lewat tingginya kandungan serat yang dimiliki, yakni 3 gram serat pada satu buah pisang. Disamping itu, pisang juga mengandung glukosa darah yang dapat meningkatkan insulin serta lipid.

4. Cegah Osteoporosis

Berdasarkan hasil penelitian salah satu penyebab rapuhnya tulang adalah kurangnya kadar mangan dalam tubuh seseorang. Sehingga untuk mengurangi risiko osteoporosis, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mencukupi kebutuhan mangan dalam tubuh. Untuk itu pisang dapat diandalkan karena buah ini mengandung mangan sekitar 14%.

5. Turunkan Risiko Kematian Akibat Serangan Jantung dan Komplikasi Kehamilan

Tingginya kandungan mangan pada pisang juga dapat membantu metabolisme karbohidrat, asam amino dan kolesterol dalam tubuh. Karena itulah mangan yang terdapat pada buah pisang dapat mencegah migrain, kurangi risiko kematian akibat serangan jantung serta risiko terjadinya komplikasi kehamilan.

6. Memelihara Kesehatan Kulit

Tingginya kadar Vitamin C membuat pisang dapat dimanfaatkan sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet dan membantu pembentukan kolagen. Memanfaatkan pisang untuk memelihara kesehatan kulit dapat dilakukan dengan cara dikonsumsi langsung atau dijadikan masker.

Untuk membuat masker dari pisang caranya sangat mudah: tumbuk halus pisang yang sudah matang menjadi adonan pasta. Oleskan pada kulit wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan dan diamkan sekitar 15 menit. Selanjutnya bilas hingga bersih dengan menggunakan air.

Selain beberapa manfaat sebagaimana tersebut di atas, pisang juga bermanfaat untuk mencegah anemia, mengobati asma, liver, diare, stroke, menyeimbangkan gula darah, mencegah asma dan beberapa penyakit lainnya. (*)


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

64
64 upvote
aguskurniawan

Legend