Kesehatan   

5 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan & Kecantikan 


manfaat daun bidara

Manfaat daun bidara – Mungkin sebagian dari Anda belum pernah mengetahui apa itu daun bidara, atau sudah mengetahui namun belum mengerti banyak. Daun bidara sendiri merupakan bagian dari pohon bidara yang  tergolong dalam spesies Ziziphus Mauritiana, merupakan tanaman yang tumbuh baik di daerah kering atau musim kering serta panas, salah satunya di Indonesia.

Pohon ini merupakan penghasil buah dengan ketinggian maksimal kurang lebih 15 m, mempunyai karakteristik cabangnya menyebar, daunnya berbentuk bulat telur, daunnya mengkilap di bagian atasnya, bunganya berukuran kecil dan berwarna kekuningan.

Sedangkan buahnya bernama buah batu. Buah ini seperti daunnya berbentuk bulat telur, ada yang berwarna kuning dan sedikit merah, dagingnya putih.

 

Bagian Pohon Bidara yang Bermanfaat

Bagian-bagian pohon bidara memiliki manfaat yang khas. Sebutlah buahnya yang mengandung energi hampir 6 kkal di tiap 100 gramnya, kaya antioksidan, cukup kaya serat makanan, zat besi, kalsium dan fosfor.

 

Baca juga  5 Manfaat Bawang Putih & Kandungan yang Harus anda Ketahui

Manfaatnya Daun Bidara yang Terkenal

Bagian lain yang juga terkenal akan manfaatnya adalah daunnya. Manfaatnya daun bidara yang cukup populer adalah kaya akan antioksidan, bahkan sudah banyak yang menggunakan ekstraknya sebagai obat alternatif berbahan herbal berbentuk kapsul dan lainnya, dan marak dijual di pasaran. 

Mari kita singkap apa manfaatnya daun bidara yang ternyata cukup banyak, mulai dari kesehatan hingga kecantikan.

 

5 Manfaat Daun Bidara dari Segi Kesehatan :

  1. Dipercaya untuk kesehatan jantung.

Dengan cara merebus beberapa helai daun bidara di dalam air hingga suhu sedang, kemudian diminum, adalah salah satu manfaatnya daun bidara. Namun, untuk satu hal ini, Anda lebih baik tetap berkonsultasi pada dokter.

  1. Penurun kolesterol

Lagi-lagi melalui rebusan beberapa helai daun bidara, dapat menurunkan kadar kolesterol Anda lewat seratnya.

  1. Melangsingkan tubuh
Baca juga  Terapi Pijat untuk Mengobati Sakit Gigi

Air rebusan daun bidara (atau Anda bisa mengolahnya menjadi makanan) diyakini dapat memunculkan rasa kenyang yang cukup lama, mengikat lemak dan membersihkan alat pencernaan melalui kegiatan buang air besar. Ini manfaatnya daun bidara yang menarik untuk para wanita ataupun siapapun yang mulai cemas dengan bobot tubuhnya

  1. Menurunkan kadar gula dalam darah
  2. Anti Inflamasi dan relatif cepat meregenerasi kulit

Jika bagian tubuh Anda terluka, beberapa daun bidara yang ditumbuk hingga keluar sarinya kemudian ditempelkan di atas luka, dipercaya luka akan cepat mengering dan keadaan kulit kembali membaik.

 

5 Manfaat Daun Bidara Dari Segi Kecantikan

  1. Sebagai masker wajah

Pusing dengan jerawat membandel Anda? Manfaatnya daun bidara bisa mengatasinya. Tumbuk beberapa helai sampai keluar sarinya, kemudian tempelkan seperti halnya masker, di tempat timbulnya jerawat.

  1. Anti penuaan
Baca juga  Selain Memperlancar Air Susu, Manfaat Daun Katuk bagi Kesehatan juga Melimpah

Kabar baik untuk para wanita yang peduli penampilan. Rebus daun bidara, dinginkan sejenak, kemudian cucilah wajah dengan rebusan tersebut secara teratur. Kulit yang lebih muda bisa Anda dapatkan.

  1. Tabir surya alami

Masih dengan teknik mencuci wajah dengan rebusan air daun bidara, ternyata dapat menghalangi wajah Anda dari efek buruk sinar matahari. Jangan lupa untuk tetap mengoleskan tabir surya Anda tiap dua jam sekali untuk manfaat maksimal.

  1. Menghilangkan bau tak sedap di tubuh

Kaya akan kandungan antibakteri, sangat ampuh untuk melawan bau tak sedap di tubuh Anda. Para wanita, manfaatnya daun bidara yang direbus juga dapat menghilangkan permasalaahan di organ intim Anda.

  1. Penyubur rambut

Cegah kebotakan dini dengan mengguyurkan air rebusan daun bidara setelah Anda mencuci rambut, kemudian pijat perlahan kepala Anda, kemudian keringkan rambut seperti biasa.

5 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan & Kecantikan  1


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Isti Wulandary

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments