Kesehatan   

Mengenal Gejala Gagal Ginjal


gagal ginjal

Setelah mengetahui penyebab batu ginjal, untuk meminimalisir risiko dan semakin terhindar dari segala macam penyakit ginjal, mengenal sejak dini gejala gagal ginjal perlu dilakukan, meski secara umum penurunan fungsi ginjal baru dapat terdeteksi melalui pemeriksaan darah dan urine secara rutin.

Mencegah berbagai macam penyakit yang menyerang ginjal merupakan suatu keharusan, karena ginjal merupakan organ penting yang kerjanya menyaring darah dari sisa-sisa metabolisme. Ketidakmampuan ginjal dalam menjalankan fungsinya akan dapat berpengaruh pada organ tubuh yang lain, sehingga penderita penyakit ginjal besar kemungkinan juga terserang penyakit lain yang juga tidak kalah berbahaya. Serangan berbagai macam penyakit dalam rentang waktu yang bersamaan itulah yang selama ini dikenal dengan komplikasi.

Indikasi Terjadinya Gagal Ginjal

Gejala sakit gagal ginjal ditunjukkan dengan berbagai macam perubahan pada kondisi tubuh seseorang, yang terkadang berbeda antara satu dengan yang lain. Seberapa parah penyakit ginjal yang diderita dan seperti apa kondisi fisik seseorang, ikut menentukan gejala-gejala yang menyertainya.

Baca juga  Pola Makan & Kebahagiaan Hidup

Perbedaan dari gejala yang ditunjukkan itulah yang membuat banyak orang tidak menyadari kalau dirinya sedang mengalami gejala gagal ginjal, dan merasa bahwa kondisi ginjalnya dalam keadaan normal. Ironisnya, penyakit ginjal tersebut baru diketahui ketika berada pada stadium akhir.

Mengenal Gejala Gagal Ginjal 1

Sulitnya mendeteksi gejala gagal ginjal sedari awal, disebabkan karena tubuh pada umumnya dapat menoleransi menurunnya fungsi ginjal. Bahkan jika ada salah satu ginjal yang rusak dan hanya satu ginjal yang berfungsi, tubuh masih dapat beraktifitas dengan normal.

Kondisi inilah yang membuat penderita gagal ginjal kronis (Chronic Kidney Disease) kerapkali tidak merasakan gejala apapun sampai penyakit tersebut dalam kondisi yang butuh penanganan serius.

Namun, secara umum gejala gagal ginjal awal biasanya ditandai dengan seringnya buang air kecil, terutama pada malam hari. Ketika buang air kecil, juga terasa sakit dan nyeri dan terkadang disertai dengan keluarnya darah.

Penderita akan mudah sekali merasa lelah, berat badan menurun, nafsu makan berkurang, munculnya gatal-gatal pada kulit, kerap mengalami kram dan otot kejang, serta sesak napas.

Baca juga  5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kesehatan Ginjal

Penderita juga sering merasa mual disertai muntah, munculnya rasa sakit pada bagian pinggang disertai demam tinggi, dan karena adanyapenumpukan cairan, membuat terjadi pembengkakan pada bagian mata dan kaki.

Jika kondisi tersebut di atas dialami, langkah yang tepat untuk mengantisipasi adalah dengan melakukan pemeriksaan secara teratur melalui tes darah dan urine guna memantau fungsi ginjal. Tujuannya selain untuk mengetahui sejauh mana fungsi ginjal dan sudah sampai tahap mana stadium penyakit yang diderita, juga untuk mencegah agar penyakit tidak berkembang.

Jenis-jenis Penyakit Gagal Ginjal

Mengenal Gejala Gagal Ginjal 2

Perlu pula diketahui bahwa penyakit gagal ginjal sendiri secara umum terbagi atas 2 macam, yakni gagal ginjal akut atau Acute Renal Failure (ARF) dan gagal ginjal kronik atau Chronic Renal Failure (CRF).

Gagal ginjal akut adalah kondisi dimana ginjal secara mendadak tidak mampu lagi menyaring sisa-sisa metabolisme, sedang gagal ginjal kronik terjadi secara perlahan-lahan.

Baca juga  Ketahui Penyebab Batu Ginjal Agar Terhindar dari Rasa Sakit yang Luar Biasa!

Kedua jenis gagal ginjal tersebut pada umumnya menunjukkan gejala yang sama. Gejala gagal ginjal akut maupun gejala gagal ginjal kronis, selain menunjukkan gejala-gejala sebagaimana yang ditunjukkan pada gejala gagal ginjal awal namun dengan frekuensi dan kondisi yang lebih sering dan lebih parah juga disertai dengan beberapa gejala yang lainnya.

Beberapa gejala terseut diantaranya terjadinya penggumpalan darah yang disebut juga penyakit hematurias, munculnya penyakit anemia atau kekurangan darah, sesak napas yang parah, saat kencing selalu disertai darah dan air kencing berbau tidak sedap.

Selain itu, pembengkakan juga terjadi, hanya saja gejala gagal ginjal pada stadium ini sudah tidak lagi hanya terjadi pembengkakan pada bagian mata dan kaki saja, melainkan pada seluruh bagian tubuh yang juga disebut penyakit edema.

Dalam kondisi seperti ini, pengobatan dan perawatan yang intensif wajib dilakukan jika tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. (*)

Mengenal Gejala Gagal Ginjal 3

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan