Kesehatan   

Metode Pencegahan Penyakit Maag Sederhana & Mudah

4 menit


Metode Pencegahan Penyakit Maag Sederhana & Mudah 1

Jangan khawatir bila Anda sudah sering mengalami gejala sakit maag. Mengubah pola makan dan gaya hidup dapat membantu mengurangi kekambuhan gejala penyakit maag ini. Cegahlah maag dengan menahan diri dari konsumsi makanan yang bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya heartburn (mulas).

3 Metode Mudah Pencegahan Penyakit Maag

Di bawah ini ada 3 metode untuk mencegah kekambuhan penyakit maag menurut pakar asam lambung naik, antara lain:

Metode 1: Membatasi Makanan yang Memicu GERD

1. Menghindari jenis makanan yang pedas & asam

makanan pedas
makanan pedas

Makanan yang terlampau pedas seperti saus pedas bisa memicu heartburn. Makanan yang asam seperti bawang bombay dan produk berbahan tomat, seperti saus pasta, salsa, dan saus tomat, juga dapat merangsang terjadinya mulas. Jika mulas terjadi setelah konsumsi jenis makanan ini maka cobalah untuk menghindarinya sebisa mungkin. Hal ini berarti lambung Anda sangat sensitif terhadap tipe makanan ini.

2. Menjauhi makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng juga bisa sering menyebabkan mulas, terutama makanan berlemak yang diolah secara digoreng semisal daging goreng dan kentang goreng. Jika Anda rentan mengalami mulas setelah makan gorengan, batasilah jumlah dan periode makanan. Buatlah menjadi seminggu sekali, atau cobalah untuk tidak memakannya sama sekali.

Baca juga  Gejala dan Penyebab Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Disarankan untuk mengganti makanan yang digoreng dengan makanan yang dipanggang seperti kentang, ayam, dan ikan panggang. Makanan olahan panggang disinyalir lebih aman bagi lambung.

3. Pilih makanan yang rendah gula

Contoh makanan yang rendah kandungan gulanya antara lain oatmeal, sayuran, telur, daging, dan unggas. Selain itu, pilihlah juga jenis bumbu yang rendah gula. Tukar juga makanan penutup Anda yang memang tinggi kandungan gulanya. Dengan menerapkan pola makanan yang rendah gula ini maka produksi asam lambung bisa ditekan.

4. Tetap terhidrasi dengan air dan teh herbal

Minuman yang mengandung kafein, karbonasi, dan alkohol dapat memperburuk gejala mulas Anda. Jauhilah makanan jenis ini dengan lebih banyak mencoba minuman semisal air putih, teh herbal, dan susu untuk mencegah mulas dan kekambuhan penyakit maag.

 

Metode 2. Menjaga Berat Badan Yang Ideal & Sehat

berat badan ideal
berat badan ideal

1. Terapkan pola dan menu makan sehat setiap hari

Setiap makanan Anda harus memiliki porsi protein, pati, dan buah atau sayuran yang sehat. Aturan praktisnya, Anda harus makan setengah porsi buah dan sayuran segar, seperempat porsi protein, dan seperempat porsi pati untuk setiap kali makan.

Misalnya, makanlah semangkuk oatmeal, 2 butir telur, dan satu apel untuk sarapan pagi. Lalu makanlah sandwich kalkun atau ayam dengan alpukat, tomat, dan selada untuk makan siang. Kemudian pada makan malam, makanlah salmon panggang, brokoli, salad, dan dinner roll.

2. Latihan selama 20 menit setiap hari

Disiplinlah untuk bersepeda, berjalan kaki, atau berlari di taman atau di sekitar lingkungan Anda selama 20 menit setiap hari. Jalan-jalan dengan hewan peliharaan Anda, atau bertemu dengan teman di taman untuk bermain sepak bola juga merupakan cara yang bagus untuk tetap dalam kondisi aktif.

Usahakan tetap aktif dengan melakukan kegiatan rutinitas Anda secara mandiri. Sebagai alternatif, Anda bisa melakukan olahraga selama 30 menit, sebanyak 5 hari dalam waktu satu minggu.

3. Makan dalam porsi kecil

Makan dalam porsi terlampau besar atau berlebihan dapat menyebabkan mulas, terutama jika makanannya memiliki kandungan tinggi lemak. Makan dalam porsi kecil dengan frekuensi lebih sering lebih aman dan cocok untuk kesehatan tubuh Anda. Perubahan porsi dapat dilakukan dengan penyesuaian sedikit demi sedikit setiap hari. Usahakan makan sebanyak 3 kali dalam sehari untuk penyesuaian tubuh Anda.

Baca juga  New Normal Indonesia, Siapkah? Apa Yang Bisa Kita Lakukan?

Makan cemilan sehat seperti buah, kacang tawar, dan yogurt di sela waktu makan dapat menjadi pilihan. Ini dapat dilakukan saat Anda lapar sementara jam makan belum tiba.

Upayakan untuk memasak sendiri menu makanan Anda. Dengan membuat makanan Anda di rumah daripada di luar makan, Anda dapat memiliki kendali lebih besar atas ukuran makanan Anda.

Makanan versi rendah lemak seringkali mengandung lebih banyak gula daripada versi tinggi lemak. Misalnya, Anda sebaiknya mengonsumsi yogurt berlemak penuh dari pada yang rendah lemak.

4. Kurangi asupan kalori jika Anda perlu menurunkan berat badan

Tuliskan makanan yang Anda makan dan jumlah kalorinya selama seminggu. Setelah seminggu, lihat makanan mana yang paling banyak menyumbang asupan kalori Anda tanpa memberikan manfaat gizi apa pun. Coret dan singkirkan jenis makanan ini dari menu diet Anda. Gantikan makanan ini dengan pilihan yang lebih sehat dan tentunya dengan kalori yang lebih sedikit.

 

Metode 3 Mengatasi Gejala Heartburn (Mulas)

1. Tunggu 2 hingga 3 jam sebelum berbaring setelah makan

Ini akan memberi waktu tubuh Anda untuk mencerna makanan. Jika Anda berbaring terlalu cepat, makanan yang tidak tercerna di perut Anda bisa menyebabkan mulas.

tidur setelah makan
tidur setelah makan

2. Angkat kepala Anda saat Anda tidur

Jika gejala mulas Anda terjadi saat Anda tidur, angkatlah kepala Anda. Angkat kepala dengan menggunakan bantal di tempat tidur Anda setinggi 6 sampai 9 inci (15 sampai 23 cm) dari tempat tidur Anda.

3. Kenakan pakaian yang nyaman

Kenakan pakaian yang tidak terlalu ketat. Pakaian yang terlampau ketat akan menekan sfingter esofagus (kerongkongan) bagian bawah dan perut. Tekanan pada perut Anda dapat menyebabkan mulas yang sering menyebabkan kekambuhan penyakit maag.

Baca juga  Apakah Cuka Sari Apel Membantu Meredakan Asam Lambung Naik?

4. Hindari merokok

Mengapa merokok harus dijauhi? Oleh karena merokok melemahkan kemampuan fungsi sfingter esofagus bagian bawah. Hal itu dapat menyebabkan mulas. Jika Anda mengalami mulas setelah merokok, ini adalah tanda bahwa Anda harus berhenti merokok. Bagi Anda merokok sangat sensitif menyebabkan kekambuhan maag.

5. Minum antasida yang dijual bebas

Antasida yang dijual bebas di apotik seperti promag atau mylanta, bekerja dengan menetralkan asam lambung Anda. Obat penghambat reseptor H-2 seperti ranitidine juga membantu mengurangi jumlah asam di perut Anda. Minum obat ini berfungsi untuk mengobati gejala maag ringan hingga sedang.

Gunakan obat-obatan persis seperti petunjuk yang dijelaskan pada label obat. Dalam banyak kasus, Anda mungkin perlu minum obat 30 menit sebelum atau hingga 1 jam setelah Anda makan.

Hindari penggunaan antasida secara berlebihan karena penggunaan berlebihan dapat menyebabkan masalah ginjal dan diare.

6. Belilah proton pump inhibitor (PPI) yang dijual bebas atau dengan resep dokter

PPI adalah obat yang mengurangi produksi asam lambung. PPI termasuk obat-obatan seperti omeprazole dan lansoprazole. Anda dapat membelinya dengan menggunakan resep dokter di apotik atau toko obat berizin.
Bacalah petunjuk pada label obat untuk mengetahui seberapa banyak Anda harus minum.

Biasanya, Anda perlu meminum PPI sekali atau dua kali sehari selama 14 hari. Penggunaan PPI jangka panjang dapat menyebabkan defisiensi magnesium atau peningkatan risiko patah tulang.

7. Buatlah janji dengan dokter Anda

Jika Anda mengalami gejala sakit maag yang sering atau parah atau mengonsumsi obat mulas yang dijual bebas lebih dari dua kali seminggu, hubungi dokter Anda. Dokter Anda akan menilai gejala Anda dan tingkat keparahan gejala maag yang Anda rasakan.

Bergantung pada gejala Anda, dokter mungkin meresepkan penghambat reseptor H-2 atau penghambat pompa proton yang diperlukan.

Nah, itu tadi 3 metode pencegahan penyakit maag yang bisa Anda terapkan di rumah. Sebagian besar metode sangat mudah dilakukan, hanya beberapa yang membutuhkan obat medis. Mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Metode Pencegahan Penyakit Maag Sederhana & Mudah 3

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

mrzuhdy

Emperor   

Dokter medis yang aktif memberikan pelayanan kesehatan di salah satu puskesmas di Provinsi Sumatera Utara. Saat ini juga aktif berbagi informasi dan pengetahuan kesehatan di situs DrZuhdy.com