Penyebab Stroke dan Pencegahannya

Kenali penyebab dan gejala stroke karena jumlah penderita penyakit ini dari tahun ke tahun terus meningkat!2 menit


35
35 upvote
stroke

Stroke adalah salah satu penyakit yang banyak membuat cemas mereka yang sudah berusia lanjut, karena meski penyakit yang satu ini sebenarnya tidak memandang usia, tapi mayoritas penderita stroke adalah mereka yang berusia senja.

Kecemasan terhadap penyakit yang satu ini memang cukup beralasan, karena dari tahun ke tahun, jumlah penderita penyakit stroke di Indonesia semakin bertambah.

Menurut penelitian, di akhir tahun 2012, tercatat sebanyak 500.000 kasus penderita stroke yang mengakibatkan 12.500 orang meninggal, dan sisanya menderita cacat, baik ringan maupun berat. Itu sebabnya pengobatan awal serta pencegahan terhadap stroke menjadi sangat penting.

Baca juga  Hancurkan Batu Ginjal dengan Daun Sirsak, Begini Caranya

Stroke disebabkan oleh terhentinya pasokan darah yang menuju ke otak karena adanya endapan plak atau kolesterol yang melekat pada dinding pembuluh darah. Penyebab itulah yang memicu munculnya penyakit jantung, tekanan darah tinggi, serta stroke.

Penyebab Stroke dan Pencegahannya 1

Jadi stroke adalah penyakit pembuluh darah otak (serebrovaskuler) yang diawali dengan kematian jaringan otak (infark serebral) karena terjadinya penyempitan, penyumbatan, serta pecahnya pembuluh darah yang menuju ke otak, yang mengakibatkan pasokan darah dan oksigen pada otak berkurang. Hal ini dapat menimbulkan reaksi biokimia yang dapat merusak serta mematikan sel-sel saraf otak.

Faktor Penyebab Terjadinya Serangan Stroke

Banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya serangan stroke, beberapa diantaranya adalah gaya hidup dan pola makan yang buruk, seperti mengkonsumsi makanan cepat saji, meminum minumam bersoda dan beralkohol, atau kebiasaan merokok.

Baca juga  12 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Gigi

Obesitas dan kurang olah raga juga dapat menjadi pemicu serangan stroke. Selain itu, seringkali marah tanpa alasan yang jelas karena suasana hati yang tidak nyaman juga menjadi salah satu faktor pemicu serangan stroke.

Penyebab Stroke dan Pencegahannya 2

Selain faktor perilaku, faktor keturunan juga memberi pengaruh besar terhadap seorang penderita stroke. Artinya, jika di dalam keluarga ada yang memiliki riwayat stroke atau migrane, maka anggota keluarga yang lain rentan terkena stroke.

Baca juga  7 Manfaat Kulit Kayu Magnolia, Bisa Obati Kecemasan & Depresi
Penyebab Stroke dan Pencegahannya 3

Disamping itu, stroke juga mudah menyerang mereka yang memiliki beberapa gangguan medis, seperti: arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah), diabetes, gangguan kolesterol, serta hipertensi (penyakit tekanan darah tinggi).

Untuk mengurangi risiko terkena serangan stroke, upaya yang terbaik adalah dengan rutin berolah raga serta menerapkan gaya hidup sehat serta pola makan yang benar, dengan mengurangi asupan garam dan gula, mengurangi makanan yang digoreng, membatasi asupan soda, menghindari makanan atau bumbu yang mengandung banyak natrium seperti makanan kaleng, dan sebisa mungkin mengkonsumsi makanan dengan bahan yang rendah lemak. (*)


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

35
35 upvote
aguskurniawan

Legend