Kesehatan   

Pola Makan & Kebahagiaan Hidup

Ternyata Mereka Berdua Berhubungan Erat!2 menit


Pola Makan & Kebahagiaan Hidup 1

Ternyata ada hubungan yang cukup erat antara pola makan dan hidup yang berbahagia. Dengan mengetahui, memahami dan menjalankan pola makan yang benar maka potensi untuk memiliki tubuh yang sehat semakin besar. Hal ini karena pola makan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.

Masalahnya, seperti apakah pola makan yang benar itu? Apa benar harus mengkonsumsi makanan yang mahal dan ribet senantiasa? Tentu tidak. Berikut adalah beberapa tips praktis sederhana namun berefek besar bagi kebahagiaan Anda yang berkaitan dengan pola maan.

 

Jangan Remehkan Sarapan

Mari memulai semuanya ini dengan satu kebiasaan sederhana yang berimplikasi besar namun sering diremehkan : sarapan.

Untuk Anda kaum pekerja yang sibuk dan sering mengesampingkan sarapan karena berbagai hal, maka Anda harus mengetahui hal berikut : sarapan sangat penting bagi tubuh.

Baca juga  Metode Pencegahan Penyakit Maag Sederhana & Mudah

Lebih-lebih untuk Anda yang memiliki jadwal super padat. Jika Anda sering melewatkannya, maka bertobatlah. Selalu usahan untuk makan pagi sebelum beraktifitas. Sering melewatkan sarapan pagi, tidak cuma berakibat fatal bagi kesehatan, namun juga berpotensi menurunkan tingkat produktifitas dan daya fokus Anda.

Seperti yang ditunjukkan oleh hasil penelitian dari Arif Satria, dekan Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertaian Bogor menunjukkan jika murid sekolah yang terbiasa sarapan rata-rata memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding yang tidak.

 

Hindari Porsi Berlebih

Penelitian dari Mount Sinai School of Medicine perlu Anda cermati. Ternyata makan dengan porsi berlebih dapat mengakibatkan beberapa penyakit serius, semisal diabetes.

Untuk itu mulai sekarang, kontrollah porsi makan Anda. Secinta apapun pada makanan favorit, tetap waspadai berbagai gangguan kesehatan yang bisa muncul karena makan berlebihan.

Baca juga  8 Makanan Khas Dari Pulau Jawa Yang Wajib Dicoba

 

Kolesterol, Gula dan Lemak

Selain mengenai porsi yang berlebihan, hal yang perlu dihindari adalah terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol, gula dan lemak.

Kolesterol, gula dan lemak dapat menyebabkan munculnya banyak sekali gangguan kesehatan dan penyakit, semisal darah tinggi, diabetes dan jantung.

Anda ingin bahagia, panjang umur dan selalu bugar? Maka cobalah kurangi beberapa makanan dengan kandungan kolesterol, gula dan lemak yang tinggi.

 

Minum Air Putih

Padatnya jadwal membuat banyak orang sering lupa minum air putih dalam jumlah yang cukup. Padahal air putih sangat penting bagi tubuh.

Hasil penelitian dari Frontiers in Human Neuroscience mengemukakan bagaimana pentingnya air putih bagi tubuh. Minum air putih yang cukup dapat membuat kekebalan tubuh lebih tinggi, daya ingat lebih baik dan bahkan awet muda.

 

Kunyah makanan dengan benar

Ini juga adalah hal sepele yang sering dilupakan oleh banyak orang, yakni mengunyah makanan minimal 8 – 10 kali sebelum ditelan. Hal ini akan sangat membantu menjaga kinerja organ pencernaan.

Baca juga  5 Makanan Cupang Yang Baik Agar Cepat Besar

 

Perhatikan Gizi Makanan

Pahamilah menu gizi seimbang. Jangan mengkonsumsi makanan yang rendah gizi atau bahkan mengandung bahan pengawet dan pewarna buatan.

Untuk Anda seorang pekerja lebih baik Anda membiasakan diri membawa bekal dari rumah yang tentu saja jauh dari berbagai bahan tambahan kimiawi berbahaya.

Jangan mengkonsumsi makanan yang kotor, basi, ataupun berbau. Selalu periksa kualitas makanan sebelum Anda nikmati. Pastikan juga selalu mencuci tangan sebelum makan.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa mulai Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Biarpun nampak sepele, tetapi semuanya sangat berkontribusi pada kesehatan Anda yang nantinya juga berhubungan dengan kebahagiaan dan bagaimana Anda menjalani kehidupan.

Pola Makan & Kebahagiaan Hidup 3

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Koala Merah

Legend   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.