Punya Masalah Dengan Bau Ketiak? Atasi Dengan 5 Cara Berikut

2 menit


62
62 upvote
bau ketiak

Bau ketiak memang sangat mengganggu. Selain itu juga membuat penampilan gak percaya diri, jika kamu sedang berada di tempat ramai atau sedang bertemu seseorang. Bau ketiak pasti membuat penampilanmu jadi tidak karuan.

Bau tidak sedap pada ketiak dihasilkan oleh kelenjar apokrin. Kelenjar keringat apokrin mengandung lemak yang mudah terurai oleh bakteri. Oleh karena itu, didaerah yang dilapisi oleh kelenjar keringat apokrin, mengeluarkan bau tak sedap.

 

1. Pakai deodorant atau anti perspiran

Punya Masalah Dengan Bau Ketiak? Atasi Dengan 5 Cara Berikut 1

Baca juga  7 Manfaat Kulit Kayu Magnolia, Bisa Obati Kecemasan & Depresi

Menggunakan deodorant adalah hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau tak sedap pada ketiak. Selain aromanya yang bisa menutupi bau ketiak. Deodorant juga akan membuat ketiak menjadi lebih asam, sehingga dapat mencegah reaksi antara keringat dan bakteri.

Selain deodorant kamu juga bisa menggunakan antiperspiran. Produk ini mengandung bahan efektif seperti aluminium klorida atau aluminium zirconium tetrachlorohydrex yang bisa memblokir kelenjar apokrin untuk memproduksi keringat.

 

2. Jaga kebersihan tubuh

Punya Masalah Dengan Bau Ketiak? Atasi Dengan 5 Cara Berikut 2

Menjaga kebersihan tubuh adalah salah satu cara untuk mencegah bau ketiak. Kulit tubuh yang kurang dijaga kebersihannya akan mengakibatkan bakteri menempel dan menumpuk pada sel kulit mati.

Jadi mandilah dua kali sehari dan gosok kulit tubuhmu hingga bersih. Kemudian keringkan tubuhmu untuk mencegah kulit lembap dan bakteri  berkembangbiak.

Baca juga  Membedah Manfaat Pisang untuk Turunkan Berat Badan & Kesehatan

 

3. Pilih pakaian yang tepat

Punya Masalah Dengan Bau Ketiak? Atasi Dengan 5 Cara Berikut 3

Mencegah bau ketiak, tidak hanya fokus pada kebersihan tubuh saja, namun juga kebersihan pakaian yang kamu pakai. Cucilah pakaian dengan bersih dan menggunakan pewangi, kemudian jemurlah di bawah sinar matahari. Hal ini dapat mematikan bakteri yang ada pada baju.

Punya Masalah Dengan Bau Ketiak? Atasi Dengan 5 Cara Berikut 4

Jika kamu mudah berkeringat, pilihlah pakaian dari serat alami seperti katun. Bahan katun akan membuat kulit bernapas sehingga mengurangi resiko berkeringat, dibandingkan dengan kain wol dan polister.

4. Perhatikan menu makan

Punya Masalah Dengan Bau Ketiak? Atasi Dengan 5 Cara Berikut 5

Mengurangi mumculnya bau ketiak, juga bisa terjadi karena kamu tidak memperhatikan menu makan kamu. Pasalnya ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan bau pada ketiakmu. Seperti bawang-bawangan, makanan pedas dan panas serta minuman beralkohol.

 

Baca juga  7 Manfaat Mengonsumsi Daging, Bisa Atasi Insomnia Lho!

5. Hindari obat tertentu

Punya Masalah Dengan Bau Ketiak? Atasi Dengan 5 Cara Berikut 6

Cara terakhir untuk mencegah bau ketiak kamu adalah dengan berkonsultasi pada dokter. Pasalnya jika keringat yang tubuh kamu produksi berlebihan juga akan menyebabkan bau pada ketiakmu, dan akan sangat mengganggu.

Penyebab keringat atau ketiak bau, biasanya juga terjadi karena penggunaan obat tertentu, misalnya beberapa obat hipertensi atau antidepresan.

 


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

62
62 upvote
Asih Kurniaty

Legend