Kesehatan   

Sakit Pada Telapak Kaki Saat Bangun Tidur, Kenali 5 Penyebabnya


Sakit Pada Telapak Kaki Saat Bangun Tidur, Kenali 5 Penyebabnya 1

Rasa sakit pada telapak kaki saat bangun tidur pasti akan menganggu rutinitas pagimu. Tidak banyak yang tahu jika telapak kaki yang sakit saat bangun tidur ternyata memiliki berbagai penyebab yang tidak bisa dianggap remeh. Biasanya rasa sakit tersebut terasa ketika kamu sudah menginjakkan kaki pada lantai.  Jika dibiarkan, tidak menutup kemungkinan rasa sakitnya bisa berlanjut hingga seharian lho.

Namun, jangan terlalu panik, lebih baik pahami beberapa penyebabnya ini agar kamu bisa mencari pengobatan yang sesuai. Simak selengkapnya, ya!

Plantar fasciitis

Sakit Pada Telapak Kaki Saat Bangun Tidur, Kenali 5 Penyebabnya 3

Plantar fasciitis menjadi salah satu penyebab terjadinya sakit pada telapak kaki ketika bangun tidur. Seseorang yang memiliki berat badan berlebih juga memiliki risiko menderita plantar fasciitis. Hal tersebut terjadi karena adanya peradangan pada pita jaringan yang berada di bagian bawah kaki, yang menghubungkan antara tulang tumit ke jari-jari kaki.

Baca juga  Konsumsi Ikan Sangatlah Penting, Ini 5 Alasannya

Biasanya, penderita akan merasa nyeri pada saat melangkah untuk pertama kalinya di pagi hari setelah bangun tidur. Rasa sakit dari plantar fasciitis ini juga terjadi pada saat kamu berada pada posisi berdiri atau duduk dalam kurun waktu lama.

 

Fraktur stres

Sakit Pada Telapak Kaki Saat Bangun Tidur, Kenali 5 Penyebabnya 4

Retak kecil pada tulang kaki atau yang sering disebut fraktur stres akan menjadi penyebab munculnya rasa sakit pada telapak kaki saat bangun tidur. Fraktur sres bisa disebabkan oleh aktivitas yang intens atau juga aktivitas yang berlebih pada bagian kaki. Rasa sakitnya memang tidak spontan, tetapi setelah beberapa hari rasa sakitnya akan menjadi semakin parah. Bahkan akan memungkinkan terjadinya pembengkakan pada kaki.

 

Achilles tendinitis

Sakit Pada Telapak Kaki Saat Bangun Tidur, Kenali 5 Penyebabnya 5

Achilles tendinitis merupakan peradangan yang terjadi pada pita jaringan (tendon achilles) yang menghubungkan antara otot betis ke tulang tumit. Hal tersebut bisa memunculkan rasa nyeri dan menimbulkan kekakuan pada telapak kaki. Lebih terasa nyeri saat pagi karena saat tidur, sirkulasi darah ke bagian tumit dan kaki sangat terbatas. Jika penyebab rasa sakit pada telapak kaki adalah achilles tendinitis ini, maka kamu akan merasanya nyerinya sepanjang hari.

Baca juga  5 Kebiasaan Sederhana Bila Ingin Kesehatan Terjaga & Panjang Umur

 

Hipotiroidisme

Sakit Pada Telapak Kaki Saat Bangun Tidur, Kenali 5 Penyebabnya 6

Salah satu penyebab rasa sakit pada telapak kaki saat bangun tidur adalah hipotiroidisme. Hal tersebut karena hipotiroidisme dapat menyebabkan kelenjar tiroid kehilangan fungsinya untuk memproduksi hormon tiroid yang cukup. Sehingga kurangnya hormon tiroid mengakibatkan pembengkakan dan peradangan pada kaki. Bukan hanya itu, hipotiroidisme ini juga dapat menyebabkan terjadinya tarsal tunnel syndrome, yang mengakibatkan saraf kaki terjepit sehingga muncul rasa nyeri berlebih.

 

Rheumatoid arthritis

Sakit Pada Telapak Kaki Saat Bangun Tidur, Kenali 5 Penyebabnya 7

Rheumatoid arthritis merupakan kondisi yang dapat menyebabkan persendian merasa kaku, bengkak, dan nyeri. Pada umumnya gejala tersebut akan terasa pada pergelangan tangan, tangan, dan kaki. Dan ternyata, para penderita rheumatoid arthritis ini lebih berisiko menderita plantar fasciitis lho! Sehingga dapat menyebabkan telapak kaki menjadi sakit ketika bangun tidur. Apabila kamu menderita rheumatoid arthritis, rasa nyeri akan menyebar ke seluruh tubuh dan bukan hanya pada lokal sendi saja. Biasanya komplikasi juga akan terjadi pada lokal sendi seperti infeksi, pembengkakan, hingga tertekannya saraf. Hal tersebut kemudian  menyebabkan timbulnya carpal tunnel syndrome: terasa mati rasa, sensasi kesemutan, lemah, atau juga nyeri.

Baca juga  Bersihkan Detoksfikasi Hatimu Dengan 5 Minuman Ini

Ketika kamu keseringan mengalami rasa sakit pada telapak kaki saat bangun tidur, lebih baik segera memeriksanya ke dokter, ya! Hal tersebut berguna agar kamu bisa mendatkan pertolongan, sehingga rasa nyerinya tidak akan berkelanjutan dan mengganggu aktivitasmu.

Sakit Pada Telapak Kaki Saat Bangun Tidur, Kenali 5 Penyebabnya 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Keza Felice

   

Content Writer

Penulis novel

Ig: Keza236_queen

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments