Kesehatan   

Organ Penting Dalam Sistem Ekskresi Pada Manusia


sistem ekskresi pada manusia

Pada tubuh manusia, terdapat banyak sistem yang membantu manusia untuk bisa hidup dengan baik. Ada sistem pernapasan, sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sistem getah bening, dan terakhir ada juga sistem ekskresi pada manusia.

Sistem ekskresi dianggap sebagai sistem pembuangan zat – zat hasil metabolisme yang sudah dipakai. Zat tersebut harus dibuang untuk menghindari adanya racun yang terperangkap di dalam tubuh Anda dan menyebabkan penyakit yang lebih serius.

Untuk sistem ekskresi pada manusia sendiri, ada beberapa organ yang digunakan sebagai organ pembuangan zat hasil metabolisme. Nah, kali ini Saya ingin membahas mengenai organ – organ tersebut yang memiliki korelasi pada sistem ekskresi pada manusia. Penasaran? Yuk, simak informasinya berikut ini ya!

Paru – Paru

Organ Penting Dalam Sistem Ekskresi Pada Manusia 1

Paru – paru memang sering dianggap sebagai organ pada sistem pernapasan. Namun, nyatanya, paru – paru ini juga bisa dianggap sebagai organ yang bekerja pada sistem ekskresi pada manusia juga, lho! Hal ini dikarenakan ada peran paru – paru yang mengharuskan organ ini untuk membuang hasil pernapasan yang berupa CO2. Setelah oksigen masuk ke alveolus dan kemudian diedarkan ke dalam pembuluh darah. Nantinya oksigen akan dikirimkan ke tiap – tiap organ lain yang membutuhkan O2 sebagai bahan untuk metabolism. Nah, setelah metabolism ini selesai, aka nada zat sisa yang dikenal dengan karbondioksida atau CO2 yang harus dikeluarkan karena jika tidak malah akan membahayakan manusia itu sendiri.

CO2 kemudian dikeluarkan dengan rute yang sama dengan O2 kemudian dihembuskan ke udara luar agar nantinya bisa diubah lagi menjadi O2 oleh tumbuhan melalui fotosintesis.

Kulit

Organ Penting Dalam Sistem Ekskresi Pada Manusia 2

Selanjutnya, organ yang memiliki korelasi terhadap sistem ekskresi pada manusia adalah kulit. Kulit dianggap sebagai lapisan terluar yang memiliki pori – pori dan bintik – bintik halus jika diamati lebih lanjut. Nah, pori – pori inilah yang memiliki fungsi yang berkaitan dengan sistem pembuangan ini.

Menindaklanjuti soal metabolisme yang sudah dilakukan dan menghasilkan zat sisa, zat sisa yang berupa komponen lain selain O2 dikeluarkan lewat kulit dengan bantuan kelenjar – kelenjar dan saluran yang ada di kulit. Nah, inilah yang nantinya disebut dengan keringat.

Penyebab keringat bau, tentu tak lain dan tak bukan karena keringat merupakan zat sisa yang beracun yang memiliki aroma tidak sedap. Maka dari itu, jangan bingung apabila Anda mengeluarkan keringat banyak karena itu artinya Anda mengeluarkan banyak zat sisa atau racun di dalam tubuh Anda.

Hati

Organ Penting Dalam Sistem Ekskresi Pada Manusia 3

Hati juga bisa dijadikan sebagai organ yang dapat mengeluarkan sisa – sisa dan racun di dalam tubuh. Namun, untuk hati memang zat sisanya tidak bisa dilihat langsung karena akan dikeluarkan langsung nantinya oleh ginjal. Nah hati ini bertugas untuk mengeluarkan empedu, yang mana empedu dihasilkan dari perombakan sel darah merah yang kemudian bagian yang tidak digunakannya lagi dirombak untuk menjadi empedu. Nah, jangka waktu perombakan sel darah merah sendiri setidak – tidaknya adalah setiap 120 hari sekali. Sehingga hati tidak selalu mengeluarkan zat sisa jika dibandingkan dengan jenis organ lain yang notabenenya mengeluarkan zat sisa setiap saat.

 

Baca juga  Di Tengah Corona Ini, Aman Nggak Berkendara ?

Ginjal

Organ Penting Dalam Sistem Ekskresi Pada Manusia 4

Terakhir, adalah ginjal. Sistem ekskresi pada manusia biasanya diidentikkan dengan ginjal yang memang secara jelas dan mudah untuk diingat bahwa ginjal mengeluarkan urin yang notabenenya memang dikenal sebagai zat buangan.

Ginjal akan menyaring darah secara berkala untuk memastikan di dalam tubuh tidak ada zat – zat yang membahayakan tubuh sekaligus juga dengan zat – zat yang sudah tidak digunakan lagi di dalam tubuh. Ginjal nantinya akan melakukan penyaringan hingga berkali – kali sampai akhirnya dapat menghasilkan urin yang kemudian ditampung di dalam kandung kemih.

Kandung kemih sendiri juga memiliki volume maksimum. Sehingga apabila nanti kandung kemih Anda sudah semakin penuh, itulah yang kemudian mendatangkan rasa ingin buang air kecil dan akhirnya Anda pun buang air kecil. Baru kemudian kandung kemih diisi kembali sebagai penampungan urin sampai penuh dan siap untuk dikeluarkan kembali.

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai organ pada sistem ekskresi pada manusia. Semoga bermanfaat untuk Anda dan dapat menjadi referensi untuk Anda ya!

Organ Penting Dalam Sistem Ekskresi Pada Manusia 5
Baca juga  5 Tips Mencegah Sakit Akibat Kehujanan

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan