Kesehatan    , Karir   

Cara Membuat Surat Keterangan Sehat


surat keterangan sehat

Umumnya surat keterangan sehat dibutuhkan untuk berbagai keperluan administrasi, seperti ketika seseorang ingin melamar kerja, syarat melanjutkan pendidikan, atau juga syarat mendaftar CPNS. Untuk memperoleh surat yang dimaksud tersebut, biasanya seseorang akan mengunjungi puskesmas atau juga rumah sakit. Setelah itu pihak rumah sakit akan melakukan serangkaian tes, sebelum belum membuat laporan bahwa seseorang tersebut dinyatakan sehat.

 

Syarat membuat surat keterangan sehat

Seperti namanya surat keterangan sehat, maka surat tersebut diberikan, lantaran orang yang dimaksud sehat. Tentunya surat keterangan sehat tidak sembarangan dikeluarkan, harus orang-orang yang sudah mempunyai izin praktik tentang kondisi kesehatan orang yang dimaksud. Adapun syarat yang harus Anda berikan, untuk membuat surat keterangan sehat adalah :

  • Fotokopi KTP atau kartu Tanda Identitas, atau juga kartu identitas lainnya.
  • Pas foto dengan ukuran 3 x 4, tapi hal ini juga tergantung kebijakan dari pihak puskesmas, rumah sakit yang dimaksud, dokter atau yang lainnya.

Selain itu, Anda juga perlu membayar sejumlah uang, agar proses pembuatan Surat Keterangan Sehat tersebut dapat berjalan dengan lancar.

 

Baca juga  Mengenal Dunia Freelance dan Bekal Menjadi Freelancer

Prosedur ketika membuat surat keterangan sehat

Cara Membuat Surat Keterangan Sehat 1

Setelah Anda mempersiapkan berbagai macam syarat yang diminta untuk membuat surat keterangan sehat, berikutnya Anda tinggal mengikuti cara / prosedur untuk membuat surat keterangan sehat itu sendiri. Misalnya saja di puskesmas, maka yang harus Anda lakukan adalah :

  • Pertama-tama datang ke Puskesmas terdekat. Lebih baik jika Anda datang lebih awal, misalnya pukul 07.30 WIB atau sebelum pukul 12.00 WIB.
  • Pastikan Anda membawa kartu tanda penduduk (KTP) atau kartu identitas lainnya, seperti SIM, dll. Siapkan juga pas foto berwarna ukuran 3×4.
  • Minta nomor antrian pada petugas Puskesmas yang bertugas, untuk mengurus Surat Keterangan Sehat. Berikutnya tunggu petugas memanggil nomor antrian Anda.
  • Ketika sudah dipanggil, berikutnya, serahkan identitas atau dokumen lainnya yang diminta.
  • Tunggu kembali panggilan berikutnya, kali ini tunggu di depan ruang periksa. Anda akan diminta masuk ke ruang praktek dokter, yang ada di Puskesmas tersebut.
  • Di dalam ruang pemeriksaan, pihak dokter akan memberikan beberapa pertanyaan seputar riwayat kesehatan Anda secara umum. Sudah tentu, jawab semua pertanyaan yang diberikan secara jujur.
  • Setelah selesai, biasanya dokter, akan melanjutkan pemeriksaan pada tekanan darah dan pemeriksaan fisik lainnya secara singkat, contohnya tinggi dan berat badan.
  • Apabila Anda memang dalam kondisi sehat, maka dokter akan langsung menuliskannya langsung pada surat keterangan yang dimaksud.
  • Dalam surat tersebut, juga akan ditandatangani oleh pihak dokter yang memeriksa, dan juga diberi stempel dari pihak Puskesmas.
  • Apabila semua prosedur sudah selesai, maka Anda akan mendapatkan Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas. Jangan lupa, bayar biaya administrasi untuk pembuatan Surat Keterangan Sehat, tersebut, biasanya kisarannya antara Rp10.000 – Rp50.000.

Adapun prosedur yang harus Anda lakukan ketika membuat surat keterangan sehat di rumah sakit, tidak jauh berbeda. Yang harus Anda lakukan adalah :

  • Kali ini kunjungi rumah sakit terdekat. Lebih baik jika mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), lantaran biaya yang diminta cenderung lebih murah.
  • Kali ini pergi ke bagian customer service Rumah Sakit,  dan sampaikan maksud kedatangan anda, lantaran untuk membuat surat keterangan sehat. Berikutnya Anda akan diarahkan ke divisi yang mengurus akan surat keterangan tersebut.
  • Seperti biasa daftarkan diri Anda sebagai pasien di rumah sakit tersebut, jika belum pernah kesana sebelumnya. Tapi jika Anda pernah ke rumah sakit tersebut sebelumnya, maka Anda hanya perlu memberikan nama dan tanggal lahir sebagai proses verifikasi.
  • Ketika Anda mengunjungi bagian pembuatan surat keterangan sehat, Anda akan diarahkan ke bagian umum. Kali ini Anda akan mengecek tekanan darah, lalu tinggi badan, dan berat badan. Berikutnya dokter akan bertanya tentang kondisi kesehatan Anda secara umum.
  • Seperti di puskesmas, jika Anda dinyatakan sehat, maka Surat Keterangan Sehat akan segera dibuat, lengkap dengan tanda tangan dari dokter yang memeriksa, dan juga stempel dari rumah sakit.

Yang perlu Anda perhatikan disini, biasanya, Surat Keterangan Sehat ini, hanya berlaku dalam kurun waktu 1 sampai 2 minggu, dari terbitnya surat tersebut.

Cara Membuat Surat Keterangan Sehat 2
Baca juga  5 Cara Sederhana Bikin Tubuh Bugar

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan