Kriminal   

Tips Aman Dari Begal Sepeda Yang Semakin Marak


Tips Aman Dari Begal Sepeda Yang Semakin Marak 1

Sejak pandemi mewabah di negeri tercinta ini, bersepeda jadi satu hobi yang sangat digemari. Hal ini tak lepas juga dari pernyataan para ahli kesehatan yang memberikan anjuran untuk rajin-rajin melatih aktivitas fisik agar tidak mudah sakit dan juga meningkatnya imunitas pada fisik. Salah satunya adalah dengan bersepeda.

Dan dengan sendirinya sepeda menjamur di mana-mana. Dan berlaku pula hukum ekonomi, semakin banyak yang ingin membeli sepeda, semakin mahal pula harga sepeda. Komunitas sepeda pun banyak bermunculan. Hanya saja ada saja sekelompok orang yang juga melihat maraknya pesepeda di jalanan sebagai lahan untuk melakukan kejahatan, yaitu para begal yang menyasar para pesepeda. Bahkan salah satu marinir ada yang menjadi korban kejahatan para begal sepeda ini.
Jika Anda adalah salah satu dari sekian banyak yang menggunakan sepeda, maka ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut agar terhindar dari para pelaku kejahatan yang bisa merugikan Anda.

Baca juga  Awas, 10 Penipuan Ini Pernah Terjadi Kepada Turis di Asia

Hindari Bersepeda Tanpa Tahu Kondisi Rute

Ketika kita akan bersepeda, sebaiknya kita tahu terlebih dahulu bagaimana kondisi jalanan yang akan kita lalui. Hal ini penting karena dengan tahu kondisi sebelum melalui rute tersebut, kita bisa mempersiapkan jika ada hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi. Ketahui terlebih dahulu apakah rute yang akan kita lalui merupakan jalanan yang sepi atau kah ramai. Apakah kondisi jalannya penuh lubang atau kah mulus. Kondisi jalan yang sepi ataupun penuh lubang bisa menjadi kesempatan bagi mereka yang memilih jalan hidup sebagai pelaku kejahatan.

Hindari Bersepeda Pada Malam Hari

Tips Aman Dari Begal Sepeda Yang Semakin Marak 3

Bersepeda pada malam hari akan membuat kita berada pada kondisi yang rentan sebagai target kejahatan. Selain karena modus kejahatan banyak dilakukan pada malam hari, malam hari juga adalah kondisi di mana tubuh kita berada kondisi lelah, bisa karena aktivitas bekerja pada malam hari maupun lainnya. Pada saat kondisi lelah maka konsentrasi tidak berada kondisi maksimal sehingga bisa saja kita terlambat dalam merespon setiap kejadian yang tidak kita inginkan.

Baca juga  5 Aplikasi Bersepeda Terbaik yang Wajib Kamu Install

Hindari Bersepeda Sendirian

Tips Aman Dari Begal Sepeda Yang Semakin Marak 4

Sebisa mungkin hindarilah bersepeda sendirian. Bergabunglah dengan komunitas sepeda yang ada di daerah Anda. Selain bisa bersepeda secara aman karena dilakukan beramai-ramai, Anda juga akan mendapatkan teman lebih banyak karena bergabung dalam komunitas ini. Tetapi jika memang terpaksa harus sendiri karena suatu hal, hindarilah jalan sepi yang bisa membuat Anda menjadi sasaran empuk bagi para pelaku kejahatan.

Hindari Membawa Barang Bawaan Pada Satu Tempat

Membawa semua barang berharga dalam satu tempat, tas pinggang misalnya, memang ini terasa lebih praktis, tetapi hal ini sangat berbahaya bagi Anda yang tengah melakukan aktivitas bersepeda. Karna itu akan memudahkan pelaku kejahatan untuk mengambil sekaligus hanya dalam satu kali tarikan tangan. Selain itu, para pelaku begal biasanya melakukan modus mereka dengan cara menarik sekaligus apa yang menjadi incaran mereka dengan sambil menaiki kendaraan bermotor. Efek dari tarikan bisa saja membuat Anda tidak stabil atau bahkan terjerembab dan itu tentu saja akan membahayakan bagi korban begal sepeda ini. Dan dengan memecah bawaan barang berharga pada beberapa saku bisa menghindarkan Anda dari perhatian pelaku begal sepeda.

Baca juga  5 Film Terbaik Bertema Perampokan

Itulah tadi beberapa tips agar kita bisa bersepeda dengan aman. Walaupun tips di atas tidak menghindarkan kita seratus persen dari tindak kejahatan, tetapi setidaknya bisa meminimalisir dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Tips Aman Dari Begal Sepeda Yang Semakin Marak 5


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

El-Pedia

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments