Lifestyle   

10 Cara Tak Terduga untuk Memperpanjang Umur


10 Cara Tak Terduga untuk Memperpanjang Umur 1

Dua ratus tahun yang lalu, rata-rata kehidupan manusia sungguh pendek dan hanya berlangsung selama 37 tahun. Di negara-negara maju, standar hidup telah meningkat secara dramatis dan angka itu telah meningkat menjadi 79 tahun.

Diperkirakan bahwa hampir setengah juta orang di dunia sekarang berusia 100 tahun atau lebih, dan para ilmuwan masih berpikir mengenai apa batas teoretis hidup manusia. Kemungkinannya adalah keabadian tidak akan menjadi pilihan yang praktis, tetapi ada sejumlah cara tak terduga yang berpotensi membuat manusia panjang umur.

1. Cabai merah pedas

description

Bukan rahasia besar bahwa ada hubungan antara diet dan umur. Sayangnya, makanan sehat yang harus kita makan cenderung bukan yang paling menarik. Setidaknya ada satu pengecualian yang sangat menonjol untuk aturan ini dalam bentuk cabai merah pedas. Dengan ribuan varietas yang tersedia, bahkan pembenci cabai pun tidak dapat mengklaim bahwa itu adalah sayuran yang membosankan.

Meskipun cabai mungkin tidak sesuai selera semua orang, bagi mereka yang suka sedikit bumbu dalam hidupnya ada beberapa berita bagus. Sebuah penelitian terhadap hampir setengah juta orang di Cina menemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan pedas selama 6 atau 7 kali seminggu mengurangi resiko kematian secara keseluruhan sebanyak 14%.

Tampaknya cabai merah pedas mungkin yang paling super dari semuanya. Para ilmuwan percaya itu kemungkinan besar terkait dengan senyawa yang dikenal sebagai capsaicin. Semakin pedas cabai, semakin besar konsentrasi capsaicinnya. Namun, kita sebaiknya juga lebih berhati-hati dan tidak berlebihan dalam mengonsumsinya.

2. Puasa

description

Makan makanan yang tepat adalah bahan penting untuk umur panjang, tetapi seberapa sering kita makan mungkin juga sama pentingnya. Sebuah studi Harvard menunjukkan bahwa puasa dapat memperlambat proses penuaan.

Ketika tubuh kekurangan makanan, ia masuk ke mode bertahan hidup. Hati, ginjal, dan sistem kekebalan tubuh semuanya menyusut, karena mereka bukan prioritas tubuh saat itu. Teorinya adalah bahwa ketika puasa berakhir, tubuh melakukan perbaikan. Ketika hal itu terjadi, ia menggantikan sel yang lebih lama dengan versi yang lebih baru dan lebih efisien. Bahkan ada beberapa saran yang mengatakan bahwa puasa, ketika dikombinasikan dengan kemoterapi, efektif dalam memberantas sel kanker pada tikus, meskipun masih ada beberapa cara untuk menentukan apakah hal yang sama berlaku untuk manusia.

Ketika penelitian menunjukkan mungkin ada manfaat yang signifikan, puasa itu sulit, dan bagi sebagian orang itu bahkan bisa berbahaya. Alternatif kurang ekstrem, yang tampaknya melakukan pekerjaan hampir kurang lebih sama, adalah diet dengan asupan kalori yang sangat rendah pada hari-hari tertentu.

Baca juga  Cara Merawat Laptop Yang Baik & Benar

3. Suntikan darah muda

description

Keajaiban pengobatan modern telah memainkan peran utama dalam memungkinkan orang untuk hidup lebih lama daripada sebelumnya. Sayangnya, kemajuan ini sering dilakukan dengan bereksperimen pada hewan.

Salah satu contoh yang mengerikan adalah parabiosis, di mana dua hewan secara anatomi bergabung sehingga mereka berbagi sistem peredaran darah. Dengan ini berarti para peneliti telah menemukan bahwa darah tikus muda yang sehat memiliki efek peremajaan yang mencengangkan pada hewan yang lebih tua. Fungsi otak membaik, jaringan memperbaiki diri lebih cepat, dan organ-organ di seluruh tubuh menjadi lebih efisien.

Pada tikus, kerusakan akibat usia tua sebagian besar tersapu, dan beberapa ilmuwan percaya transfusi darah mungkin mampu memberikan hasil yang serupa pada manusia. Idenya kontroversial dan sains masih sangat tidak meyakinkan, tetapi cara ini sudah mulai tersedia.

Pada tahun 2017, sebuah perusahaan yang berbasis di California bernama Ambrosia menawarkan orang kesempatan untuk disuntik dengan darah muda, setidaknya selama mereka memiliki banyak uang. Namun, ini masih harus dipastikan apakah akan benar-benar memerangi proses penuaan atau tidak.

4. Jumlah tidur yang tepat

description

Rata-rata orang menghabiskan sekitar sepertiga dari hidupnya untuk tidur, tetapi mengapa mereka perlu melakukannya masih merupakan misteri. Meskipun mekanismenya masih belum sepenuhnya dipahami, kita tahu bahwa tidur sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisik. Ternyata, terlalu banyak tidur mungkin lebih berbahaya daripada terlalu sedikit tidur.

Anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak tidur, dan pensiunan dapat bertahan dengan lebih sedikit tidur. Namun, untuk semua orang, 7 jam tidur setiap malam tampaknya menjadi titik yang baik. Bagi siapa pun yang mencapai target itu, manfaat kesehatannya luar biasa. Profesor Matthew Walker dari University of California melangkah lebih jauh dengan mengklaim bahwa tidur bahkan lebih penting untuk menjaga kesehatan daripada diet atau olahraga.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur selama 6 jam atau kurang memiliki peningkatan resiko kematian sebesar 12%. Mungkin yang lebih mengejutkan adalah bahwa resiko ini naik hingga 30% bagi mereka yang tidur selama 9 jam atau lebih per hari.

5. Menyikat gigi

description

Dokter gigi merekomendasikan bahwa kita harus menghabiskan 2 menit menyikat gigi di pagi hari dan juga di malam hari. Sebagian kecil dari orang-orang yang berusaha untuk menjaga kesehatan mulut dengan sangat baik memiliki resiko lebih rendah terhadap penyakit gigi berlubang dan gusi, tetapi ada sejumlah manfaat kesehatan yang juga lebih mengejutkan.

Baca juga  5 kota Teramah di Dunia Bagi Pengguna Sepeda

Penelitian telah mengaitkan menyikat gigi secara teratur dengan penurunan resiko demensia, diabetes, penyakit paru-paru, dan khususnya penyakit jantung.

Mungkin tampak agak fantastik bahwa kebersihan gigi berdampak pada kesehatan umum, tetapi ada alasan bagus untuk meyakini bahwa itu mungkin benar. Ketika plak dibiarkan menumpuk di sekitar gigi, itu menjadi tempat makan bagi jutaan bakteri. Jika bakteri ini menemukan jalannya ke aliran darah, mereka bebas untuk mencari tumpangan di sekitar tubuh.

6. Hidup di ketinggian

description

Dengan harapan hidup rata-rata hanya 53 tahun, negara Afrika Tengah, Chad memiliki angka kematian terburuk di dunia. Tidak mengherankan bahwa negara yang miskin akan tertinggal jauh di belakang negara yang jauh lebih kaya dan maju. Apa yang mengejutkan adalah bahwa ada variasi luas dalam harapan hidup bahkan di dalam negara terkaya di dunia.

Sebuah studi komprehensif, yang berlangsung lebih dari 3 dekade, memberi peringkat pada setiap negara bagian AS untuk harapan hidup. Ketika penduduk bagian South Dakota rata-rata hanya hidup 66,8 tahun, penduduk Colorado berada di puncaknya dengan beberapa daerah melebihi South Dakota hampir selama 20 tahun.

Colorado relatif kaya, yang tentu saja membantu, tetapi itu sama sekali bukan daerah terkaya, sehingga tampaknya beberapa faktor lain mungkin berperan.

Pada ketinggian 6.800 kaki di atas permukaan laut, Colorado adalah negara bagian tertinggi di Amerika Serikat, dan beberapa penelitian telah mengindikasikan bahwa daerah yang tinggi adalah tempat yang paling sehat. Berkurangnya tingkat oksigen diyakini menghambat pertumbuhan jenis kanker tertentu, dan mendorong jantung untuk memproduksi lebih banyak pembuluh darah, sehingga menurunkan resiko penyakit jantung.

Tetapi jelas ada batasnya, dan ketinggian yang ekstrem dapat menyebabkan gejala penyakit ketinggian yang tidak menyenangkan, seperti pusing, mual, serta bahkan kematian.

7. Belajar bahasa kedua

description

Otak manusia adalah hal yang paling kompleks di alam semesta, setidaknya sejauh yang kita tahu. Terkadang dikatakan bahwa jika itu cukup sederhana untuk dipahami, kita akan terlalu sederhana untuk memahaminya.

Kita tahu bahwa otak mencapai efisiensi puncak pada usia sekitar 22 tahun, lalu menurun, dan bagi kebanyakan orang bahkan menyusut secara fisik, ketika kita memasuki usia tua. Untungnya, ada beberapa cara agar penurunan ini dapat ditunda, dan tindakan belajar bahasa kedua tampaknya menjadi salah satu langkah pencegahan paling efektif yang mungkin dilakukan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa bilingual memiliki tingkat ketahanan yang jauh lebih besar terhadap Alzheimer dan demensia daripada orang yang hanya berbicara satu bahasa.

8. Meminum kopi

description

Kopi adalah minuman paling populer di dunia. Sekitar 2,25 miliar cangkir dikonsumsi setiap hari, dan bahkan ada bukti yang menunjukkan bahwa kopi dapat menambah usia kita.

Baca juga  5 Tips Sebelum Memulai Bisnis

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Badan Internasional untuk Penelitian Kanker menyarankan bahwa peminum kopi reguler menikmati resistensi ekstra terhadap penyakit jantung dan usus. Tiga cangkir kopi sehari tampaknya hanya tentang jumlah optimal, menambahkan sekitar 9 menit untuk hidup kita setiap hari.

Apa persisnya bagian dari kopi yang memberikan manfaat kesehatan ini sama sekali tidak jelas, namun jelas bukan karena kafein. Penelitian menunjukkan bahwa tidak ada bedanya apakah kopi tersebut mengandung kafein, bubuk, instan, atau disaring.

Ini semua adalah kabar baik bagi peminum kopi, terutama karena minuman tersebut sebelumnya dikaitkan dengan masalah kesehatan potensial.

9. Kehidupan sosial yang baik

description

Setiap penelitian umur panjang manusia penuh dengan kesulitan. Manusia hidup dalam kehidupan yang rumit. Berapa lama kehidupan ini dipengaruhi oleh begitu banyak faktor, baik genetik maupun gaya hidup, sehingga sangat sulit untuk memisahkan korelasi dari sebab akibat.

Karena itu, ada satu variabel yang telah diidentifikasi berulang kali sebagai satu-satunya faktor terpenting dalam kehidupan yang panjang dan sehat. Manusia adalah makhluk sosial, dan bukti menunjukkan bahwa orang yang mempertahankan kontak teratur dengan teman maupun kerabat jauh lebih mungkin untuk hidup jauh sampai usia tua daripada individu yang lebih soliter.

Sudah diketahui umum bahwa interaksi sosial penting untuk kesehatan mental. Menyendiri sangat berbahaya bagi manusia sehingga beberapa ahli telah menyerukannya untuk diklasifikasikan sebagai penyiksaan. Kehidupan sosial yang sibuk telah dikaitkan dengan manfaat fisik nyata seperti menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dampaknya sangat besar sehingga sebuah penelitian tahun 2008 mengklaim bahwa ikatan sosial yang kuat dapat bermanfaat seperti melepaskan kebiasaan merokok 15 batang per hari.

10. Memiliki hewan peliharaan

description

Semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa pemilik hewan peliharaan cenderung hidup lebih lama, hidup lebih sehat daripada yang tidak.

Dalam hal tertentu ini tidak terlalu mengejutkan. Pemilik anjing yang bertanggung jawab membawa hewan peliharaannya untuk jalan-jalan biasa akan menuai hasil dari olahraga teratur. Namun, manfaat tampaknya lebih jauh dari ini dan tidak terbatas pada anjing saja. Pemilik kucing cenderung menderita tekanan darah tinggi, dan menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Minnesota Stroke Institute, resiko menderita serangan jantung berkurang hampir sepertiganya.

Bahkan hewan peliharaan yang tidak bisa dengan mudah digambarkan sebagai lucu dan menyenangkan tetap bisa bermanfaat. Ada bukti yang menunjukkan bahwa hanya dengan menonton ikan yang berenang di sekitar akuarium dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung.

10 Cara Tak Terduga untuk Memperpanjang Umur 3


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado