15 Tips untuk Meningkatkan Produktivitasmu

Baca dan rasakan perubahan besar yang akan segera terjadi.


44
44 upvote
15 Tips untuk Meningkatkan Produktivitasmu 1

Produktivitas adalah kunci kesuksesan. Semakin produktif seseorang, maka semua target dan rencananya akan semakin cepat tercapai. Dalam upaya meningkatkan produktivitas tersebut, diperlukan berbagai hal, konsistensi, strategi hingga evaluasi.

Di bawah ini adalah 15 tips yang perlu kamu coba untuk bisa meningkatkan level produktivitasmu berkali-kali lipat.

Tetapkan Visi

15 Tips untuk Meningkatkan Produktivitasmu 3

Ini adalah hal pertama yang harus kamu lakukan, menetapkan visi hidup. Orang sering melewatkan yang satu ini padahal justru disinilah kesuksesan itu berawal.

Dalam tahap menetapkan visi, kamu harus benar-benar paham apa arti kesuksesan. Ini sangat urgent mengingat sebenarnya setiap orang punya definisi suksesnya masing-masing.

Definisikan suksesmu. Tanyakan pada dirimu, ingin seperti apa kamu dalam sepuluh tahun ke depan.

 

Buat Rencana

Orang yang produktif tidak hanya cepat dalam menyelesaikan banyak pekerjaan, tetapi tahu mana hal yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Baca juga  Aman Nggak Sih Potong Rambut Ketika Corona Begini?

Untuk itu susunlah rencana sesuai skala prioritas. Do the first thing firs,  atau lakukan mana yang harus dilakukan terlebih dahulu.

 

Bangun Pagi

Tentu saja orang produktif adalah mereka yang pandai memanfaatkan waktu. Dan ini ada hubungannya dengan jam berapa kamu bangun.

Bangun pagi akan memberimu waktu untuk mempersiapkan diri sekaligus sebagai sebuah kebiasaan yang baik. Cobalah untuk konsisten bangun pagi.

 

Olahraga Rutin

Untuk bisa tetap produktif tubuh perlu dijaga kebugarannya. Olahraga rutin akan sangat berarti. Hal ini akan membuat tubuhmu terjaga dan daya fokus berada dalam kondisi prima.

 

Konsumsi Makanan Bergizi

15 Tips untuk Meningkatkan Produktivitasmu 4

Hindari junk food, makanan berlemak atau yang mengandung sedikit gizi. Atur pola makanmu agar sesuai dengan kebutuhan nutrisi harianmu.

 

Jangan Stress

Selain kebugaran jasmani, kondisi psikologis juga perlu dijaga. Kamu akan sering bertemu macam-macam orang beserta kelebihan dan kekuarangannya. Jangan sampai kondisi hati dan kebahagianmu ditentukan oleh orang lain. Hindari terlalu memikirkan sesuatu secara berlebihan yang mengakibatkan stress.

 

Jangan Suka Menunda

Menunda adalah ciri orang gagal. Kerjakan secepat mungkin. Selesaikan pekerjaan begitu ada kesempatan. Ingat, dunia tidak pernah menunggu orang yang lembek dan malas.

Baca juga  5 Hal yang Tidak Boleh Anda Lakukan di Sesi Wawancara Kerja

 

Hindari Gosip

Gosip merupakan produk dari sekumpulan orang iri yang bertemu dengan orang yang daya kreatifnya terlampau tinggi namun hanya digunakan untuk merencanakan yang jahat bagi orang lain. Hindari gosip. Semua itu adalah kegemaran orang-orang gagal.

 

Jangan Jadi Pecandu Game Online

Sangat disayangkan banyak orang yang memilih tenggelam dalam hirup-pikuk game online, bahkan ketika seharusnya mereka bekerja. Ini merupakan sebuah kesalahan fatal yang akan membuat mereka tidak produktif. Jangan menirunya.

 

Fokus

15 Tips untuk Meningkatkan Produktivitasmu 5

Daya fokus yang baik sangat dibutuhkan agar produktifitasmu efisien. Pelajari cara untuk tetap fokus sehingga kinerjamu bisa terus optimal.

 

Banyak Membaca

Membaca akan membuatmu cerdas dan kreatif. Wawasanmu akan bertambah dan pengetahuanmu akan berkembang. Tentu saja semua ini penting untuk menjagamu tetap maksimal dalam bekerja.

 

Istirahat Secukupnya

Kembali soal kesehatan. Istirahat sangat diperlukan sebagai penyeimbang dari serangkaian jadwalmu yang padat. Pelajari cara untuk mendapatkan waktu istirahat yang efektif agar kebugaranmu tetap terjaga.

Baca juga  Nggak Banyak yang Tahu! Ini Cara Mengatur Keuangan Terbaik!

 

Investasi Skill

Walau mungkin kamu masih dalam kondisi yang sangat baik dan pengetahuan yang kamu miliki sudah lebih dari cukup untuk menunjang kinerjamu, tidak ada salahnya menginvestasikan uangmu untuk ikut pelatihan ataupun berbagai kursus peningkatan skill.

Ingat, saat ini dunia sudah berubah. Kompetisi semakin gila-gilaan. Hanya mereka yang memiliki keterampilan yang mampu bertahan.

 

Hidup Hemat

Berhemat bukan hanya karena tidak memiliki uang, tetapi merupakan sikap bijaksana yang harus kamu tanamkan. Ketika tidak ada uang, maka pikiranmu akan bercabang dan itu akan mengganggu kinerjamu. Alhasil produktifitasmu menurun. Untuk itu, berhematlah.

 

Networking

15 Tips untuk Meningkatkan Produktivitasmu 6

Bukan hanya produktif dan kreatif, kamu juga harus mencoba membangun jaringan dengan orang-orang yang tepat.

Perhatikan teman-teman dan lingkaran persahabatanmu. Pilihlah untuk berada di mereka yang berpikir positif, punya visi yang baik serta dapat membantu terus meningkatkan kualitas hidupmu.

Itulah 15 tips sederhana namun akan berakibat besar bagi peningkatan kualitas hidupmu. Lakukan dengan serius dan sungguh-sungguh untuk hasil yang optimal.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

44
44 upvote
Guritno Adi Siswoko

Legend

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.