Lifestyle   

5 Kebiasaan Buruk Yang Sangat Sering Dilakukan Sebelum dan Sesudah Mandi


5 Kebiasaan Buruk Yang Sangat Sering Dilakukan Sebelum dan Sesudah Mandi 1

Mandi merupakan kegiatan yang pada umumnya dilakukan oleh manusia. Mandi juga bertujuan untuk menghilangkan bau badan, keringat, debu, dan sel – sel kulit mati yang menempel pada tubuh. Selain itu, mandi memiliki banyak manfaat untuk memelihara kesehatan, menjaga kebersihan, serta mempertahankan penampilan agar tetap terlihat segar. Tetapi tahukah kamu bahwa beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan sebelum dan sesudah mandi ternyata tidak baik untuk kesehatan tubuh? Hal ini karena mandi adalah kegiatan yang dianggap sangat sederhana dan bersifat pribadi, faktanya banyak orang yang belum mengetahui mengenai hal – hal yang mungkin bisa membahayakan diri sendiri. Apa saja ? Yuk simak berikut ini.

1. Mandi Usai Berkeringat

5 Kebiasaan Buruk Yang Sangat Sering Dilakukan Sebelum dan Sesudah Mandi 3

Tubuh yang berkeringat setelah berolahraga memang menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri untuk berkembang biak. Hal ini mengakibatkan badan terasa lengket, bau, dan gatal. Kondisi badan setelah berolahraga memang akan menjadi bugar dan segar setelah berolahraga, tetapi tetap diingat bahwa kesehatan tubuh adalah nomor satu. Tunggulah beberapa jam agar keringat di badan hilang lalu di perbolehkan untuk mandi.

Baca juga  Ketika #DiRumahAja dan Jarang Mandi, Inilah Dampak Buruk Yang Akan Terjadi Padamu

2. Jarang Menggosok Telapak Kaki

5 Kebiasaan Buruk Yang Sangat Sering Dilakukan Sebelum dan Sesudah Mandi 4

Biasanya kebanyakan orang akan mengabaikan menggosok telapak kaki saat sedang mandi. Hal ini karena mereka menganggap kaki mereka sudah secara otomatis bersih dan terkena sabut saat mandi. Tetapi perlu diperhatikan bahwa, kaki kita selalu bersentuhan dengan berbagai macam hal setiap harinya termasuk debu, kotoran dan keringat. Karena itu tidak ada salahnya jika saat mandi kita membersihkan sela – sela jari kaki dan menggosok telapak kaki dengan menggunakan spons atau sikat halus agar terhindar dari bakteri yang masih menempel.

Baca juga  5 Alasan Penting Mengapa Sahabat Kuliah Adalah Sahabat Yang Terbaik di Hidupmu

3. Memakai Handuk Terlalu Lama

5 Kebiasaan Buruk Yang Sangat Sering Dilakukan Sebelum dan Sesudah Mandi 5

Menggunakan handuk setelah mandi memang sangat sudah menjadi hal yang umum dilakukan oleh seseorang setelah mandi. Tetapi perlu diperhatikan adalah jangan terlalu lama membungkus badan kamu dengan handuk. Hal ini karena ketika handuk menempel di tubuh terlalu lama, maka kulit akan menjadi lembab dan memicu tumbuhnya bakteri yang ada pada handuk tersebut.

4. Merendam Sabun Batangan

5 Kebiasaan Buruk Yang Sangat Sering Dilakukan Sebelum dan Sesudah Mandi 6

Jika kamu menggunakan sabun batangan untuk mandi, pastikan tempat untuk meletakan sabun batangan tersebut tidak kotor dan berair setelah digunakan. Tempat sabun yang berbentuk bulat atau tidak mempunyai celah dan lubang untuk mengalirkan air akan sangat disukai oleh bakteri dan jamur. Karean itu, sebaiknya gunakan tempat sabun yang bergigi atau berlubang agar sabun cepat kering setelah digunakan.

Baca juga  5 Bahan Infused Water Yang Membuat Tubuh Segar dan Sehat

5. Keramas Setiap Hari

5 Kebiasaan Buruk Yang Sangat Sering Dilakukan Sebelum dan Sesudah Mandi 7

Melakukan keramas setiap hari bukanlah hal yang baik, karena dapat membuat kulit kepala menjadi sangat kering. Selain kering, kulit kepala akan mulai memproduksi lebih banyak minyak yang menyebabkan rambut mudah lepek, gatal, hingga memicu timbulnya ketombe. Karena itu, cucilah rambut kamu maksimal dua hari sekali.

Itulah beberapa Hal atau kebiasaan buruk sebelum dan sesudah mandi yang tidak banyak orang ketahui saat mandi dan setelah mandi. Apakah kamu juga melalukan hal – hal seperti di atas ? Semoga bermanfaat ya !

5 Kebiasaan Buruk Yang Sangat Sering Dilakukan Sebelum dan Sesudah Mandi 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments