Lifestyle   

5 Kebiasaan Yang Membuat Gigi Menjadi Kuning, Dikurangin ya


5 Kebiasaan Yang Membuat Gigi Menjadi Kuning, Dikurangin ya 1

Gigi yang sehat bisa terlihat jelas secara kasat mata, yaitu dengan gusi yang tampak berwarna merah muda, gigi yang kuat, tidak berlubang serta berwarna putih. Tetapi, jika memiliki gigi yang berwarna kuning apakah itu bisa berarti gigi kita tidak sehat ? Tahukah kamu bahwa memiliki gigi yang kuning bisa terjadi karena tanpa sadar kita telah melakukan kebiasaan – kebiasaan yang membuat gigi kita berubah menjadi kuning. Lalu apa saja kebiasaan tersebut ? Yuk simak di bawah ini ada 5 kebiasaan yang tanpa kamu sadari membuat gigimu menjadi kuning.

1. Merokok

5 Kebiasaan Yang Membuat Gigi Menjadi Kuning, Dikurangin ya 3

Selain dapat merusak kesehatan jantung serta paru – paru, merokok juga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya seperti membuat gigi menjadi kuning. Hal ini bisa terjadi karena merokok akan menekan sistem kekebalan tubuh yang dimana saat sistem imun tubuh menjadi lemah maka tubuh sendiri tidak akan bisa melawan bakteri – bakteri yang ada di dalam sehingga mereka akan berkembang biak secara cepat di mulut yang membuat masalah diarea tersebut. Masalah tersebut bisa berupa kerusakan gigi dan gigi menjadi kuning.

Baca juga  5 Bahan Alami yang Efektif untuk Atasi Abses Gigi

2. Sering Mengkonsumsi Tanin

5 Kebiasaan Yang Membuat Gigi Menjadi Kuning, Dikurangin ya 4

Makanan yang tinggi akan kadar tanin juga bisa membuat gigi menjadi kuning. Makanan yang memiliki kadar tanin yang tinggi diantaranya dark chocolate, kacang almond, walnut, anggur, buah delima. Seperti dilansir dari laman Wine Folly, Tanin merupakan polifenol alami yang bisa ditemukan pada tanaman, biji, kulit kayu, daun dan kulit buah. Karena itu, orang – orang yang biasa mengkonsumsi kopi, soda maupun teh biasanya lebih cepat memiliki gigi yang berwarna kuning.

Baca juga  5 Cara Alami Mengatasi Masalah Plak Gigi

3. Tidak Merawat Gigi Dengan Benar

5 Kebiasaan Yang Membuat Gigi Menjadi Kuning, Dikurangin ya 5

Tidak melakukan perawatan gigi serta menjaga kebersihan gigi serta mulut juga merupakan salah satu penyebab gigi bisa menguning. Karena itu, jika ingin memiliki gigi yang sehat serta putih, kita harus wajib menjaga kesehatan gigi serta rajin untuk membersihkannya. Dengan jarang untuk menggosoknya saja akan membuat gigi berubah menjadi kuning karena bakteri serta sisa – sisa makanan yang masih menempel dan dibiarkan lama di gigi untuk berkembang biak.

4. Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Yang Manis

5 Kebiasaan Yang Membuat Gigi Menjadi Kuning, Dikurangin ya 6

Memang sudah seperti yang diketahu bahwa makanan manis adalah salah satu faktor yang bisa membuat gigi menjadi rusak. Hal ini karena makanan yang mengandung banyak gula akan sangat berbahaya bagi gigi karena dapat merusak enamel gigi. Jika enamel gigi menjadi lemah, maka bakteri akan lebih mudah untuk berkembang biak serta membuat gigi lebih cepat kuning dan gelap.

Baca juga  5 Cara Jitu Memulihkan Gigi Berlubang Tanpa Harus ke Dokter

5. Sering Minum Alkohol

5 Kebiasaan Yang Membuat Gigi Menjadi Kuning, Dikurangin ya 7

Tahukah kamu, orang yang sering mengkonsumsi alkohol bisa memiliki tingkat plak gigi yang sangat tinggi dibandingkan orang yang tidak meminumnya. Selain itu, seperti yang dilansir dari laman Health Line, mengatakan bahwa mereka yang mencampurkan alkohol dengan soda, akan membuat gigi lebih mudah untuk berubah warna. Karena itu, jika kamu yang hobi mengkonsumsi alkohol, sebaiknya setelah minum ada baiknya jika kamu mengkumurnya dengan pembersih gigi.

Itulah ke – 5 kebiasaaan yang bisa membuat gigi menjadi kuning. Jika kamu memiliki kelima kebiasaan diatas, sebaiknya mulai dari sekarang kurangi atau perlu untuk segera hilangkan kebiasaan buruk tersebut demi kesehatan gigimu. Semoga bermanfaat ya !

5 Kebiasaan Yang Membuat Gigi Menjadi Kuning, Dikurangin ya 8

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng