5 Kerugian Membalas Dendam, Sebaiknya Kamu Tahu dan Mulailah Memaafkan

3 menit


72
72 upvote
5 Kerugian Membalas Dendam, Sebaiknya Kamu Tahu dan Mulailah Memaafkan 1

Dalam menjalin sebuah hubungan bersama orang – orang di sekitar, tentunya terkadang bahkan sering kita akan mengalami rasa tersakiti oleh perbuatan orang lain kepada kita. Yang sebenarnya hal itu terjadi secara tidak sengaja, namun terkadang ada beberapa orang yang justru sengaja menyakiti kita, karena mungin ada beberapa alasan seperti tidak menyukai kita atau alasan lainnya.

Dan tentunya hal itu akan membuatmu kecewa, sedih dan marah. Semua itu bisa berubah menjadi dendam dan mendorongmu untuk balas dendam. Perasaan seperti ini memang wajar terjadi kepada manusiai, tapi perlu kalian ingat bahwa perasaan inilah yang harus dikendalikan. Karena membalas dendam hanya akan memberikan 5 kerugian berikut ini ! Yuk simak.

1. Memperpanjang Masalah

5 Kerugian Membalas Dendam, Sebaiknya Kamu Tahu dan Mulailah Memaafkan 3

Balas dendam bukanlah jawaban untuk menyelesaikan sebuah masalah. Saat kamu membalas dendam kepada seseorang, mungkin kamu merasa bahwa situasinya sudah impas karena dia telah merasakan rasa sakit yang sama denganmu. Namun, apakah permasalahannya akan selesai sampai disitu saja ? Tentu tidak. Karena, ada kemungkinan orang yang kamu balas dendam akan membalas lagi kepadamu. Karena merasa pembalasanmu lebih buruk dari perlakuan yang pernah dia lakukan terhadapmu atau mungkin sekadar hanya karena kesal dan marah.

Baca juga  4 Hal yang Bisa Kalian Lakuin Pas Social Distance Selain Nonton Netflix

Jika hal ini terus terjadi, yang ada malah akan semakin memperpanjang masalah dan meningkatkan rasa benci diantara kalian berdua, yang dimana awalnya hanya karena masalah sepeleh bisa menjadi masalah yang panjang dan rumit. Karena itu, segera kendalikan dirimu dan tidak melakukan hal yang akan merugikan kedua belah pihak seperti balas dendam.

2. Kamu Akan Merasa Bersalah

5 Kerugian Membalas Dendam, Sebaiknya Kamu Tahu dan Mulailah Memaafkan 4

Mungkin setelah kamu melakukan balas dendam terhadap seseorang, pastinya akan ada rasa puas dan tenang yang kamu rasakan. Namun, disisi lain akan ada perasaan bersalah karena berbuat buruk kepada orang lain. Ditambah lagi perasaan bersalah karena telah membalas dendam, yang dimana perbuatan tersebut merupakan perbuatan yang tidak boleh dilakukan menurut ajaran agama masing – masing. Karena itu, jangan menganggap remeh akan arti balas dendam. Perasaan bersalah akan selalu berat menghantui kamu dalam jangka waktu yang cukup lama. Bahkan ada yang bisa mengalami stres dan depresi karena perasaan tersebut.

Baca juga  Lagi #dirumahaja? Nih! Ada Pilihan Sex Toys Biar Nggak Pusing Karena Nahan

3. Membuang – buang Waktu dan Energi

5 Kerugian Membalas Dendam, Sebaiknya Kamu Tahu dan Mulailah Memaafkan 5

Adanya perasaan balas dendam juga akan membuang banyak waktu dan energi yang kamu miliki. Saat menyimpan dendam, kamu akan sulit fokus pada hal lain dan hanya memikirkan bagaimana caranya kamu akan membalas kepada seseorang. Kamu akan sulit untuk berkonsentrasi mengerjakan semua aktivitasmu dan waktumu juga akan terbuang dengan sia – sia.

4. Secara Tidak Langsung, Kamu Membiarkan Dirimu Diatur Oleh Orang Lain

5 Kerugian Membalas Dendam, Sebaiknya Kamu Tahu dan Mulailah Memaafkan 6

Saat orang lain membuatmu sedih atau marah lalu ada perasaan kalau kamu ingin membalas dendam, sebenarnya hal ini bisa dikatakan bahwa kamu sedang diatur oleh orang tersebut. Bukankah seharusnya kamu yang harus mengendalikan emosimu sendiri, bukan orang lain ? Kamu punya hak dan kuasa atas tubuh serta pikiranmu sendiri, jadi jangan sampai orang lain yang mengendalikan dirimu.

Baca juga  5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan untuk Menghindari Emosi Negatif Selama #DiRumahAja

5. Kesehatanmu Bisa Terganggu

5 Kerugian Membalas Dendam, Sebaiknya Kamu Tahu dan Mulailah Memaafkan 7

Satu hal lagi yang perlu kamu ketahui dan sangat penting adalah tentang kesehatanmu. Menyimpan perasaan dendam bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.  Walaupun setelah membalas dendam, kamu masih akan tetap dihantui oleh perasaan bersalah. Hal tersebut bisa membuat kamu stres dan depresi. Karena itu, sebaiknya bisa dibicarakan dengan kepala dingin dan tidak melakukan hal yang akan merugikan kamu apalagi untuk soal kesehatan.

Itulah 5 kerugian yang akan kamu dapatkan jika kamu membalas dendam kepada seseorang. Jika ada yang membuat kamu sedih, marah atau kecewa, maka carilah solusi masalah yang lebih baik agar kamu tidak merasakan kerugian untuk dirimu sendiri. Semoga bermanfaat ya !


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

72
72 upvote
Rendy Ng

Legend