Lifestyle   

5 Panduan Hidup Tinggal Di Kos, Dijamin Hidupmu Bakal Tidak Sia-sia


5 Panduan Hidup Tinggal Di Kos, Dijamin Hidupmu Bakal Tidak Sia-sia 1

Menjadi anak kos terkadang susah-susah gampang. Selain mengurus semua hal secara mandiri, kamu juga dituntut untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan baru tempatmu tinggal. Tidak hanya dengan sesama penghuni kos, tapi termasuk dengan warga sekitarnya. Dalam hal ini, mau tidak mau, kamu harus belajar mengenal dan memahami seluk-beluk lingkungan tersebut.

Biar gak dibilang individualis dan anti sosial, kamu sebaiknya mempertimbangkan beberapa panduan di bawah ini agar bisa menemukan kenyamanan dan keamanan selama ngekos di tempat tersebut.

1. Hilangkan kebiasaan lama sewaktu di rumah

5 Panduan Hidup Tinggal Di Kos, Dijamin Hidupmu Bakal Tidak Sia-sia 3

Image by MoteOo from Pixabay 

Tinggal bersama orangtua, sudah tentu segala kebutuhan kamu terpenuhi. Mulai dari urusan makan sampai cuci pakaian, semua dilayani. Pengen apa-apa, bisa terpenuhi dengan mudah.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut mustahil bisa kamu nikmati jika sudah hidup ngekos. Mulailah belajar melayani diri sendiri. Jangan berpikir bakal ada yang melayanimu. Hilangkan kebiasaan lamamu yang terkesan manja. Ingat, memutuskan tinggal di kos adalah memutuskan diri menjadi manusia mandiri.

Baca juga  Pekalah, Inilah 5 Alasan Kenapa Orang Lain Tidak Ingin Berbicara Denganmu

 

2. Carilah minimal satu orang di kos tersebut untuk kamu jadikan teman baik

5 Panduan Hidup Tinggal Di Kos, Dijamin Hidupmu Bakal Tidak Sia-sia 4Image by Just killing time from Pixabay 

Orang yang tinggl di kos punya kecenderungan abai terhadap sekitarnya. Kesibukan diri dengan aktivitas masing-masing acapkali dijadikan dalih untuk tidak peduli. Padahal, hidup ngekos merupakan kesempatan terbaik untuk menjalin pertemanan. Untungnya, jika ada masalah sewaktu-waktu, ada yang membantu. Begitupun sebaliknya.

 

3. Sesekali berinteraksilah dengan warga sekitar

5 Panduan Hidup Tinggal Di Kos, Dijamin Hidupmu Bakal Tidak Sia-sia 5Image by truthseeker08 from Pixabay 

Selain berada di bawah tanggung jawab pemilik kos, kamu juga menjadi tanggung jawab lingkungan tersebut. Artinya, semua warga di lingkungan tersebut bertanggung jawab terhadap keamanan dan kenyamananmu. Oleh karena itu, jangan menutup diri. Kamu perlu memperkenalkan diri kepada mereka dengan cara menyapa warga sekitar yang lewat atau berkunjung ke rumah tetangga jika perlu. Bila ada kegiatan warga, cobalah untuk terlibat di dalamnya. Hal ini dimaksudkan agar antara kamu dan warga bisa saling mengenal, syukur-syukur terikat secara emosional nanti.

Baca juga  Warna Cat Rumah Kombinasi Rekomendasi untuk Anda

 

4. Jangan bikin ulah

5 Panduan Hidup Tinggal Di Kos, Dijamin Hidupmu Bakal Tidak Sia-sia 6Image by Лечение Наркомании from Pixabay 

Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Itu pepatah lama yang sangat relevan dengan kehidupanmu di kos. Ingat, kos bukan rumahmu. Meski kamu membayar di tempat itu, tapi ada adab atau norma-norma yang harus kamu hormati. Jangan membuat hal-hal yang memancing perkara. Minum-minuman keras, membawa lawan jenis, atau apapun yang dilarang. Jika kamu punya kebiasaan terhadap hal itu sebelumnya, tinggalkanlah. Itu lebih baik daripada membuat aib untuk diri sendiri.

Baca juga  5 Alasan Mengapa Mereka Yang Lahir di Bulan Maret Adalah Orang Yang Spesial

 

5. Jangan mengeluh

5 Panduan Hidup Tinggal Di Kos, Dijamin Hidupmu Bakal Tidak Sia-sia 7Image by Robin Higgins from Pixabay 

Siapa bilang tinggal di kos itu enak? Butuh kesediaan diri untuk menerima realita tersebut. Dari hal-hal yang tidak enak, kita bisa memetika banyak pelajaran hidup. Tidak ada yang sia-sia dalam hidup, bahkan untuk urusan yang sia-sia sekalipun. Belajarlah menjadi seorang yang realistis, jangan mengeluh, dan nikmati prosesnya. Percayalah, itu tidak akan mengkhianati hasilnya nanti.

 

So, buat kamu anak kos, perbaiki kualitas hidupmu selama menjalani hidup di kos. Beri manfaat bagi dirimu dan orang-orang di sekitarmu. Hanya orang yang takut saja yang tidak berani menghadapi tantangan. Takut dan tidak berani bukannya sama saja, ya?

Selamat menempuh hidup kos!

5 Panduan Hidup Tinggal Di Kos, Dijamin Hidupmu Bakal Tidak Sia-sia 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

bangkota

   

Suka kopi yang sedikit gulanya, suka berteman dengan yang sedikit bicaranya, suka ngobrol dengan yang sedikit basa-basinya. Intinya, pernah patah hati.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments